Metropolitan

Warga Kampung Buaran Ramai-ramai Berjemur di Atas Rel Kereta Cegah Virus Corona

Berjemur di bawah sinar matahari belakangan ini marak dilakukan sejumlah warga. Kabarnya dengan berjemur pada jam tertentu terutama di pagi haridipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona ( Covid 19). Seperti yang dilakukan warga Kampung Buaran, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Sejumlah warga nampak asik bejemur di bawah sinar matahari ketika jam menunjukkan pukul 08.30 WIB. Aaktivitas bejemur warga Kampung Buaran dilakukan di atas rel kereta api. Perkampungan mereka memang berdekatan dengan lintasan moda angkutan massal tersebut.

Lintasan kereta yang biasa menjadi lokasi berjemur merupakan proyek double double track (DDT). Lintasan itu memang belum digunakan sehingga warga merasa aman untuk melakukan sejumlah aktivitas salah satunya berjemur. Warga yang berjumur bukan hanya berasal dari kalangan usaia tua, remaja hingga anak kecil turut melakukan aktivitas berjemur.

Ade Setiwan (43) misalnya, dia belakangan ini rutin melakukan aktivitas berjemur semenjak pandemi corona merebak. Alasan dia berjemur juga didasari adanya informasi bahwa, sinar matahari di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh agar kuat menangkal segala macam virus. "Mengikuti anjuran pemerintah aja berjemur, setiap pagi di sini sekitar 15 sampai 30 menit," kata Ade warga Kampung Buaran Bekasi.

Dia saat dijumpai turut membawa serta anak dan istrinya, aktivitas berjemur ini sengaja dilakukan di atas rel kereta lanataran dekar dari rumah dan memiliki area yang cukup luas. "Mungkin lebih banyak matahari di sini jadi warga banyak ngumpul di sini (rel kereta api)," ungkap Ade. Sementara itu, Nasroh (54), mengatakan, aktivitas berjemur sejatinya sudah sering dia lakukan sebelum pandemi virus corona merebak.

"Kalau saya udah sering berjemur sebelum ada corona juga, setiap pagi di sini (rel kereta) setiap pagi, dari jam 8 sampe jam 10," kata Nasroh. Dia mengakui, semenjak pandemi corona merebak, jumlah warga yang melakukan aktivitas berjemur kian bertambah. "Kalau pas corona jadi lebih banyak yang berjemur, harapan kita pengen sehat aja bebas dari virus, mau tua mau muda ikut berjemur," ungkapnya.

Berita Terkait

Mayat Wanita Ditemukan Terkubur di Taman Kota Tol Jagorawi, Diduga Korban Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Izin Penyelenggaraan DWP 2019 Terancam Dicabut Pemprov DKI

Nurofia Fauziah

Ini Faktanya Staf Khusus Presiden yang Pernah Mengajar di Daerah Terpencil Kisah Ayu Kartika Dewi

Nurofia Fauziah

Jakarta Catat 4 Lonjakan Tertinggi Kasus Covid-19 2 Pekan Terakhir

Nurofia Fauziah

Situasi Terakhir Apotek Senopati yang Diterjang Minibus Dinihari Tadi

Nurofia Fauziah

Guru Bimbel Merudapaksa Muridnya Selama 2 Tahun, Mengaku Pernah Jadi Korban Hingga Bukti Fisik

Nurofia Fauziah

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Satu Rumah Tingkat Dua di Jalan Utan Kayu

Nurofia Fauziah

Warga Sempat Tak Menyadarinya Jokowi Dikawal Kaesang Naik Motor menuju Mall Botani Square Bogor

Nurofia Fauziah

Polisi Sebut Sempat Bikin Status Galau di WA Satpam Ditemukan Bunuh Diri di Gedung OJK

Nurofia Fauziah

Erick Thohir Minta Pimpinan BUMN Tiru Kejujuran Petugas KRL yang Kembalikan Rp 500 Juta

Nurofia Fauziah

Layanan MRT Jakarta Digratiskan Karena Tapping dan Pembelian Tiket Lama

Nurofia Fauziah

Pasar Minggu Akan Buka Kembali Malam Ini Sempat Ditutup

Nurofia Fauziah

Leave a Comment