Nasional

Tonton di HP Sedang Berlangsung Live Streaming Sidang Isbat Awal Ramadhan 1441 H

Sedang berlangsunglive streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1441 Hijriah. (Link live streaming Sidang Isbat awal Ramadhan 1441 H ada di tengah berita) Melalui akun Twitter resminya, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengumumkanjadwal pelaksanaan sidang isbat yang dapat diikuti melalui live streaming.

Sidang untuk menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriah ini digelar pada Kamis (23/4/2020) pukul 17.00 WIB. Nantinya, hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada pukul 19.05 WIB. Masyarakat dapat menyaksikan sidang isbat melalui live streaming TVRI Nasional (TV Pool) serta live streaming dari media sosial Kemenag, mulai pukul 17.00 WIB.

"Woro woro Kemenag akan gelar Sidang Isbat (Penetapan) awal Ramadan 1441H sore nanti di Kantor Kemenag. HASIL sidang isbat dijawalkan akan diumumkan Menag Fachrul Razi pukul 19.05 WIB, disiarkan langsung @TVRINasional (TV Pool) & live streaming medsos Kemenag," tulis akun Twitter resmi Kemenag, Kamis pagi.

Berikut link live streaming Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan, melalui media sosial Kemenag: Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Nasaruddin Umar, mengimbau umat Muslim untuk menjalankan rangkaian ibadah Ramadan di rumah, sebagaimana anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI). Nasaruddin mengatakan, adanya wabah corona (Covid 19) yang membuat kondisi menjadi darurat memang tak memungkinkan pelaksanaan salat tarawih di bulan suci ini dapat dilakukan seperti tahun tahun sebelumnya.

Ia juga kembali menekankan, menolak kemudaratan lebih utama daripada mengejar manfaat, misalnya pahala. Dengan mengerjakan rangkaian ibadah Ramadan di rumah dalam kondisi darurat seperti sekarang ini,menurut Nasaruddin, pahala yang didapat tidak akan kalah dari melaksanakan ibadah di masjid. "Saya mengimbau, seperti imbauan MUI, mari kita melakukan amaliah Ramadan di rumah. Insyaallah Allah Maha Tahu apa yang kita lakukan," kata Nasaruddin,dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BNPB, Kamis (23/4/2020) sore.

"Kalau kita lakukan rangkaian ibadah ibadah kita di rumah, insyaallah pahalanya juga tidak kalah, apalagi dalam kondisi darurat seperti ini," sambungnya. Ia menambahkan, Rasulullah mengatakan muka bumi ini adalah masjid. "Maka rumah kita sesungguhnya itu tempat sujud,masjidjuga. Jangan merasa kurang kalau kita tarawihnya tidak di masjid karena ini kondisinya darurat," lanjutnya.

Nasaruddin juga mengatakan, menjaga kesehatan diri dan keluarga menjadi hal yang wajib. Menurutnya, keadaan darurat saat ini memang tidak memungkinkan untuk kita melaksanakan ibadah seperti biasa. "Tahun tahun lalu kita meramaikan masjid untuk beribadah salat tarawih, kali ini ada sesuatu yang sifatnya sangat darurat," kata Nasaruddin.

"Karena itu, kita paham bersama bahwa salat tarawih itu sunnat, salat di masjid itu sunnat, tapi mempertahankan kesehatan diri dan kesehatan keluarga itu wajib," sambungnya. Nasaruddin menuturkan, kemungkinan besar nanti malam umat Muslim akan mulai menjalankan salat tarawih. Akan tetapi, ia menegaskan, keputusan ini baru akan diumumkan setelah sidang isbat.

"Berdasarkan perhitungan ilmu hisab, kemungkinan besar, berdasarkan pengamatan bulan, mungkin umat Islam Indonesia akan kompak nanti malam mulai tarawih, tapi ini keputusannya menunggu sidang isbat," kata Nasaruddin.

Berita Terkait

Mahasiswa hingga IRT Sudah Jadi ‘Agen Qurban’ Andakah Selanjutnya

Nurofia Fauziah

Cek Nama Anda Disini! BIN Rilis Nama-Nama yang Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019

Nurofia Fauziah

Segera Cetak Kartu 20 Juni 2020 Hari Terakhir Pendaftaran Sabtu Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

Nurofia Fauziah

BIN Tidak Lagi di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam Sejak 3 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Ketua PP Bamusi Apresiasi Pemerintah Tolak ISIS Eks WNI Kembali menuju Indonesia

Nurofia Fauziah

Bentuk Tim Evakuasi dari Pertamina hingga Adi Karya BUMN Bergerak Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Nurofia Fauziah

Singgung Wartawan sambil Lihat Sekitarnya Prabowo Subianto Sampaikan Kelemahan Pertahanan Indonesia

Nurofia Fauziah

Seolah-olah yang Disampaikan Menteri soal Mudik Membingungkan Meoldoko

Nurofia Fauziah

Jika Nunggak Pembayaran BPJS Kesehatan Dendanya Juga Bertambah 5 Persen Sudah Iuran per Bulan Naik

Nurofia Fauziah

Kader Hanura Marah Tidak Dapat Jatah Menteri

Nurofia Fauziah

Sahabat Pelangi Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3 Guruku Tersayang 19 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Saksinya Banyak Pramugari Senior Ungkap Sosok Selir yang Diduga Terlibat Skandal Ari Askhara

Nurofia Fauziah

Leave a Comment