Nasional

Tonton di HP Sedang Berlangsung Live Streaming Sidang Isbat Awal Ramadhan 1441 H

Sedang berlangsunglive streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1441 Hijriah. (Link live streaming Sidang Isbat awal Ramadhan 1441 H ada di tengah berita) Melalui akun Twitter resminya, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengumumkanjadwal pelaksanaan sidang isbat yang dapat diikuti melalui live streaming.

Sidang untuk menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriah ini digelar pada Kamis (23/4/2020) pukul 17.00 WIB. Nantinya, hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada pukul 19.05 WIB. Masyarakat dapat menyaksikan sidang isbat melalui live streaming TVRI Nasional (TV Pool) serta live streaming dari media sosial Kemenag, mulai pukul 17.00 WIB.

"Woro woro Kemenag akan gelar Sidang Isbat (Penetapan) awal Ramadan 1441H sore nanti di Kantor Kemenag. HASIL sidang isbat dijawalkan akan diumumkan Menag Fachrul Razi pukul 19.05 WIB, disiarkan langsung @TVRINasional (TV Pool) & live streaming medsos Kemenag," tulis akun Twitter resmi Kemenag, Kamis pagi.

Berikut link live streaming Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan, melalui media sosial Kemenag: Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Nasaruddin Umar, mengimbau umat Muslim untuk menjalankan rangkaian ibadah Ramadan di rumah, sebagaimana anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI). Nasaruddin mengatakan, adanya wabah corona (Covid 19) yang membuat kondisi menjadi darurat memang tak memungkinkan pelaksanaan salat tarawih di bulan suci ini dapat dilakukan seperti tahun tahun sebelumnya.

Ia juga kembali menekankan, menolak kemudaratan lebih utama daripada mengejar manfaat, misalnya pahala. Dengan mengerjakan rangkaian ibadah Ramadan di rumah dalam kondisi darurat seperti sekarang ini,menurut Nasaruddin, pahala yang didapat tidak akan kalah dari melaksanakan ibadah di masjid. "Saya mengimbau, seperti imbauan MUI, mari kita melakukan amaliah Ramadan di rumah. Insyaallah Allah Maha Tahu apa yang kita lakukan," kata Nasaruddin,dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BNPB, Kamis (23/4/2020) sore.

"Kalau kita lakukan rangkaian ibadah ibadah kita di rumah, insyaallah pahalanya juga tidak kalah, apalagi dalam kondisi darurat seperti ini," sambungnya. Ia menambahkan, Rasulullah mengatakan muka bumi ini adalah masjid. "Maka rumah kita sesungguhnya itu tempat sujud,masjidjuga. Jangan merasa kurang kalau kita tarawihnya tidak di masjid karena ini kondisinya darurat," lanjutnya.

Nasaruddin juga mengatakan, menjaga kesehatan diri dan keluarga menjadi hal yang wajib. Menurutnya, keadaan darurat saat ini memang tidak memungkinkan untuk kita melaksanakan ibadah seperti biasa. "Tahun tahun lalu kita meramaikan masjid untuk beribadah salat tarawih, kali ini ada sesuatu yang sifatnya sangat darurat," kata Nasaruddin.

"Karena itu, kita paham bersama bahwa salat tarawih itu sunnat, salat di masjid itu sunnat, tapi mempertahankan kesehatan diri dan kesehatan keluarga itu wajib," sambungnya. Nasaruddin menuturkan, kemungkinan besar nanti malam umat Muslim akan mulai menjalankan salat tarawih. Akan tetapi, ia menegaskan, keputusan ini baru akan diumumkan setelah sidang isbat.

"Berdasarkan perhitungan ilmu hisab, kemungkinan besar, berdasarkan pengamatan bulan, mungkin umat Islam Indonesia akan kompak nanti malam mulai tarawih, tapi ini keputusannya menunggu sidang isbat," kata Nasaruddin.

Berita Terkait

Jokowi Bagikan Langsung Bansos di Depan Rumah Warga di Johar Baru

Nurofia Fauziah

Judul Judul Media Asing Soroti Pilpres 2019 : Sudah Bahas ‘Kemenangan’ Jokowi

Nurofia Fauziah

Kemendikbud Diminta Perbaiki Manajemen Pendidik Hari Guru

Nurofia Fauziah

Gangguan Bank Mandiri Hari Ini, Nasabah Keluhkan Saldo Hilang hingga Tersisa 0 Rupiah

Nurofia Fauziah

Bodoh Jika Kita Tinggalkan Jokowi Diisukan Jadi Oposisi Nasdem

Nurofia Fauziah

5 Kendaraan Travel Resmi Ditilang Polisi Setelah Ketahuan Bawa Pemudik Nekat Beroperasi

Nurofia Fauziah

Ketua DPR Puji Presiden Jokowi Pakai Baju Adat di Setiap Agenda Kenegaraan

Nurofia Fauziah

Gubernur Sumbar Sambut Cukup Meriah Kedatangan Ratusan Turis China Di Tengah Heboh Virus Corona

Nurofia Fauziah

Jokowi Minta Pembangunan Rumah Terdampak Gempa di Maluku Seperti di NTB

Nurofia Fauziah

Pemerintah & DPR Korbankan Rakyat Demi Pilkada Ujang Komaruddin

Nurofia Fauziah

Gempa Hari Ini BMKG Catat Telah Terjadi Dua Gempa Pada Hari Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Nurofia Fauziah

Ini Kata Anggota Komisi II Soal Larangan LGBT Daftar CPNS di Kejagung

Nurofia Fauziah

Leave a Comment