Otomotif

Tips Memilih Jas Hujan buat Berkendara Saat Musim Hujan

Berkendara saat hujan sangat membutuhkan konsentrasi yang ekstra, selain jarak pandang yang terbatas, genangan air pun juga membuat kendaraan lebih sulit dikendalikan. Kelalaian dalam mengemudi saat hujan bisa berakibat fatal, karena saat hujan banyak kemungkinan kemungkinan yang tak terduga terjadi. Hal tersebut dapa dihindari jika kita memahami tehnik mengemudi yang baik dan benar, dan disertai dengan keadaan kendaraan yang prima.

Sebelum berkendara, ada baiknya apabila kita mengecek terlebih dahulu keadaan kendaraan kita. Bagian bagian motor yang wajib kita cek keadaannya adalah; ban, rem dan lampu motor. Hal itu wajib kita pastikan dalam keadaan baik, karena 3 hal itu adalah 3 bagian penting di kendaraan.

Pastikan tekanan udara pada ban motor cukup, supaya motor dapat berkendara dengan seimbang. Rem dan lampu juga harus berfungsi dengan baik, pastikan lampu motor anda nyala. Pakailah perlengkapan berkendara sebelum anda memulai perjalanan.

Pakailah jaket, helm, sarung tangan, masker dan juga kita wajib menyiapkan jas hujan. Jaket ini berfungsi melindungi tubuh dari panas dan juga mengantisipasi tubuh dari terpaan tiupan angin yang dapat membuat kita sakit. Helm wajib kita kenakan, menurut aturan rambu rambu lalu lintas helm adalah alat pengaman kepala yang wajib digunakan oleh setiap pengendara sepeda bermotor di Indonesia.

Sarung tangan dan masker berfungsi untuk melindungi kulit tangan dan wajah kita saat berkendara. Jas hujan wajib kita bawa kapan saja saat berkendara, ini juga menjadi bagian paling penting di musim hujan. Pilihlah jas hujan yang dilapisi dengan lapisan anti air (coating) dan gunakan ukuran yang sesuai, perhatikan bagian resletingnya, biasanya ada bahan tambahan supaya air hujan tak masuk ke dalam sela sela reseleting.

Jas hujan bukan hanya berfungsi melindungi badan pengendara dari kebasahan. Lebih dari itu, jas hujan juga berfungsi sebagai salah satu perangkat safety berkendara roda dua. Saat musimhujan, pengendara motor harus lebih berhati hati saat menemui genangan.

Dikutip dari T , engendara motor juga sebaiknya waspada dengan trotoar. Saathujan, trotoar kerap terendam air dan tak terlihat oleh mata, tentu saja ini bisa membahayakan pengendara sepeda motor. Selain itu ada baiknya juga kita untuk perhatikan dengan fokus keadaan jalan.

Karena saat hujan biasanya banyak pohon tumbang dan angin badai yang menyebabkan benda benda berjatuhan dan tertiup angin. Selain itu kita juga harus menaati aturan rambu rambu yang berlaku di jalanan. Jangan menyelip kendaraan lain, karena ditakutkan akan mengakkibatkan tabrakan dari arah berlawanan.

Berita Terkait

1.000 Wuling Almaz Tercatat sudah Dipesan Konsumen Kurang dari Sebulan

Nurofia Fauziah

Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Silinder Kabarnya akan Dijual di Atas Rp100 Juta

Nurofia Fauziah

APM Siap Gunakan B30, Ini Permintaan Gaikindo ke Pemerintah

Nurofia Fauziah

Bukti Prinsipal Buka Peluang Suzuki Jimny Diproduksi di Indonesia

Nurofia Fauziah

Makassar Kontes Modifikasi ‘Agyanation Autocontest’ Menggebrak Nipah Mall

Nurofia Fauziah

2 Merek Mobil Tiongkok Ini Sudah Ada di Indonesia dengan Harga 50 Jutaan Saja Jauh Sebelum Wuling

Nurofia Fauziah

Bocor, Tampang Yamaha NMAX Facelift 2020

Nurofia Fauziah

Menggunakan Tol Trans Jawa, Tak Melulu Soal Tarif Tapi Juga Nyawa

Nurofia Fauziah

Deretan Mobil Bekas yang Bisa Ditebus Rp 150 Juta, Termasuk Toyota Fortuner Lho

Nurofia Fauziah

Pengaruh Populasi Kelas Menengah Industri Otomotif Dinilai Masih Tetap Prospektif

Nurofia Fauziah

Rilis Xpander Cross 2019 Harga & Spesifikasi Mobil Bekas Mitsubishi Xpander

Nurofia Fauziah

Warisi DNA Corolla yang Fun & Ramah Lingkungan Toyota Luncurkan All New Corolla Cross

Nurofia Fauziah

Leave a Comment