Lifestyle

TIPS MEMASAK untuk Ibu Pekerja, Sajikan Hidangan Sahur dan Buka Puasa, Hemat Waktu Selama Ramadan

Bagi Ibu rumah tangga, agak sedikit sulit menyiapkan hidangan sahur dan berbuka. Apalagi bagi wanita karir. Waktu yang sedikit sepulang kerja harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memasak beberapa hidangan sekaligus.

Belum lagi rasa lelah karena bekerja dan energi yang terbatas karena berpuasa. Untuk itu, pengaturan waktu jadi kunci utamanya. Anda harus tahu tips masak cepat untuk puasa dan sahur ini.

Dijamin tips masak cepat untuk puasa dan sahur ini akan sangat membantu Anda. Bahkan, tips masak cepat untuk puasa dan sahur ini bisa membuat kita hemat waktu sampai 1 jam, lo. Mari kita lihat langkah langkah yang bisa kita lakukan. Makanan kering sebaiknya selalu ada.

Makanan ini bisa jadi penyelamat suguhan di kala berbuka dan sahur. Buat beberapa macam makanan kering diakhir minggu sehingga bisa disajikan untuk beberapa hari. Makanan kering yang paling praktis adalah, kering keringan seperti kering tempe atau kering kentang.

Dendeng juga pilihan yang tepat. Pilih dendeng yang rasanya netral, tidak terlalu manis dan tidak terlalu asin. Dendeng yang kelewat asin dan manis menimbulkan rasa haus.

Saat menyiapkan makanan berbuka, pilih salah satu lauk yang juga cocok untuk sahur. Buat dengan jumlah lebih hingga kita tinggal menghangatkannya saja di saat sahur. Dengan begitu, kita tinggal memasak satu atau dua macam lauk lagi saat sahur.

Ingat, pisahkan dulu makanan buka yang ditunjukkan untuk sahur. Tujuannya agar makanan tidak dipanaskan berulang ulang dan jadi asin rasanya. Rasa asin ini bisa menimbulkan rasa haus.

Bumbu jadi bisa dibuat atau juga dibeli di pasaran. Jika dibuat sendiri, buat saja di akhir minggu saat tidak bekerja. Jika membeli di pasaran, pilih yang kandungan MSG nya lebih sedikit.

Untuk sahur, ada baiknya beberapa langkah memasak sudah disiapkan dari malam. Misalnya, memotong sayuran. Atau membuat kaldu untuk soto atau sup.

Dengan begitu Anda tidak perlu bangun terlalu awal atau tidak perlu takut kesiangan bangun. Hidangan manis untuk berbuka bisa kita buat sendiri walaupun bekerja. Caranya, siapkan bahan lebih dahulu sejak pagi atau minta seseorang menyiapkannya.

Misalnya untuk membuat kolak, bahan bahan sudah dalam keadaan terpotong. Gula merah sudah dilarutkan. Dengan begitu, waktu pulang kerja kita sudah tinggal merebusnya saja.

Buah sangat penting untuk sahur, lo. Cairan pada buah bisa menjaga tubuh tidak dehidrasi. Gula dalam buah juga bisa jadi asupan energi yang baik.

Siapkan buah sejak semalam. Kupas buah dan masukkan dalam wadah kedap udara. Saat sahur, tinggal hidangkan sebagai buah segar atau bisa di jus untuk minuman segar.

Tentu saja untuk buah buah yang berubah warna begitu terpapar udara, seperti apel, tidak bisa dikupas atau dipotong potong lebih dulu. Kalau kita punya kompor bertungku banyak, masak beberapa sekaligus bukan masalah besar. Kompor yang satu bisa untuk memanaskan nasi, yang lain untuk membuat soto, satunya lagi untuk menumis.

Bagaimana kalau kompor sedikit? Tetap bisa, kok. Kala menanak nasi, kita bisa, sambil merebus sesuatu di dalam air kukusan.

Bisa juga Anda membuat botok sambil mengukus nasi. Caranya, tempatkan aron dalam pinggan. Sisa tempat untuk meletakkan botok, buntil, atau pepes.

Nah 7 tips di atas bisa segera kita praktekan di bulan Ramadhan tahun ini. Jika dilakukan dengan benar, tips pintar ini bisa membantu kita menyiapkan hidangan puasa dalam waktu singkat. Selamat berpuasa. (SP)

Berita Terkait

Zodiak Hari Ini 6 Zodiak Tak Tahu Terima Kasih, Virgo Tak Pernah Menghargai Apapun

Nurofia Fauziah

sedangkan Aquarius Nyaman Bekerja 5 Zodiak yang Tak senang Berlibur Aries Tak Pandai Membaur Kamu

Nurofia Fauziah

Contek Resep Ayam Goreng Mentega Super Enak Ini Saja! Bingung Masak Apa buat Makan Malam

Nurofia Fauziah

Siasat Saat Si Kecil Susah Makan

Nurofia Fauziah

tapi susah buat Orang Dewasa Tes Logika – 15 Pertanyaan Ini Mudah bagi Anak Kecil Kamu Bisa

Nurofia Fauziah

Libra Tahan Emosimu Pisces Berhasil Lunasi Cicilan Ramalan Zodiak Minggu Ini 14-20 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Ada Aturannya Agar Kulit Tak Iritasi Tips Menggunakan Sheet Mask

Nurofia Fauziah

Histeris Saksikan Jasad Kaku dari Balik Jeruji Besi Narapidana Dilarang Melayat Orangtuanya

Nurofia Fauziah

Enggak Bisa Berhenti Ngemil Kalau Sudah Coba Resep Rempeyek Rebon Daun Jeruk Ini!

Nurofia Fauziah

Kompres dengan Teh Celup hingga Es Batu 5 Cara Hilangkan Kantung Mata yang Menghitam

Nurofia Fauziah

Keuangan Virgo Meningkat Scorpio Kurang Semangat Ramalan Zodiak Besok Selasa 14 Januari 2020

Nurofia Fauziah

Gemini Sering Bertengkar Ramalan Zodiak Cinta Senin Pisces Merasa Jauh 22 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Leave a Comment