Lifestyle

Tips Atasi Bibir Pecah Pecah Saat Puasa Jauhi Rokok Dan Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur Dan Buka

Bibir pecah pecah adalah kondisi umum yang terjadi akibat dehidrasi kulit pada bibir. Kondisi ini menyebabkan terkelupas dan retaknya bibir karena kelenjar minyak tidak bisa lagi menghasilkan uap air. Apalagi, di bulan puasa ini, para umat Muslim dianjurkan untuk menahan lapar dan haus dari matahari terbit hingga tenggelam.

Hal ini semakin mendorong kondisi bibir pecah pecah saat puasa. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kondisi ini dan menjaga kelembaban alami bibirmu. Berikut enam tips yang patut kamu coba untuk atasi bibir pecah pecah saat puasa, dilansir dari Medical Daily :

Pelembab bibir digunakan untuk melembabkan dan mencegah bibir pecah pecah. Namun, bukannya melembabkan, beberapa produk justru mengandung bahan bahan yang mengeringkan bibir. Hindari pelembab bibir yangg mengandung perasa mint dan alkohol.

Perasa tersebut memberikan sensasi dingin. Namun, sebenarnya produk tersebut menghasilkan kulit kering dan membuat bibirmu lebih pecah pecah. Bahan lain yang menyebabkan bibir pecah pecah adalah fenol, kamper, dan pewarna bibir yang beraroma.

Mereka yang memiliki bibir sensitif juga perlu menghindari alergen seperti pewarna bibir, parfum, dan beberapa wewangian. Kamu harus menghindari kontak bibir saat menggunakan produk ini. Aloe Vera adalah tanaman yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan komponen anti inflamasi.

Tumbuhan tersebut menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak. Minyak kelapa dan madu juga memiliki sifat anti inflamasi yang mencegah infeksi dan melembabkan kulit. Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir dan membuatnya kering.

Perokok berisiko lebih tinggi mengalami bibir pecah pecah dan menderita sakit gusi. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa begitu orang berhenti merokok, bibir mereka yang pecah pecah lebih cepat sembuh. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama bibir pecah pecah.

Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh kehilangan cairan dan membuat kulit kering. Air minum mencegah kondisi ini. Dengan banyak minum air saat sahur dan berbuka, sel sel kulit terhidrasi dan mengurangi efek buruk dari penuaan kulit, seperti bibir pecah pecah.

Menjilati bibir lebih sering saat berpuasa akan menyebabkan kulit bibirmu mengering. Air liur akan menguap dengan cepat. Hal ini akan membuat bibirmu kering setelah menjilatnya.

Bibir yang pecah pecah juga menyebabkan kulit mengelupas. Ketika ini terjadi, bibirmu mungkin berdarah saat kamu mengangkat kulit mati. Hal ini akan membuatmu merasakan sakit.

Oleskan eksfoliator yang lembut seperti scrub gula dengan jarimu untuk mengatasinya. Tindak lanjuti dengan menggunakan pelembab juga. Jika bibirmu tidak sembuh setelah memberikan solusi ini, kamu mungkin memiliki permasalahan pada kulit bibir sebelumnya.

Beberapa dari mereka yang memiliki bibir pecah pecah rentan terhadap infeksi bakteri. Kondisi ini dikenal sebagai cheilitis (peradangan bibir) dan memerlukan perawatan medis oleh profesional medis.

Berita Terkait

Gemini Jangan Bohongi Pacarmu! Ramalan Zodiak Cinta buat yang Berpasangan Kamis 12 Desember 2019

Nurofia Fauziah

sedangkan Aquarius Nyaman Bekerja 5 Zodiak yang Tak senang Berlibur Aries Tak Pandai Membaur Kamu

Nurofia Fauziah

Aries Miliki Hubungan Romantis Cancer Waktunya Membuka Diri Ramalan Zodiak Cinta Rabu 10 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Manjakan Gold Dan Platinum Member Tda Luxury Toys Gelar 60s Vintage Private Dinner

Nurofia Fauziah

Cancer Bijaksana Atur Keuangan Sagitarius Waktunya Senang-senang Ramalan Zodiak Sabtu 25 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Pisces Hati Hati Cedera Ramalan Zodiak Kesehatan Virgo Kunjungi Tempat Gym Jumat 27 Desember

Nurofia Fauziah

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Arti & Manfaatnya

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Minggu Ini 23 29 Juni 2019: Libra Dapat Peluang Baru, Virgo Perhatikan Kesehatanmu

Nurofia Fauziah

Cancer Ikuti Instingmu Ramalan Zodiak Kamis Saatnya Taurus Introspeksi 18 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Ini Kata Psikolog Benarkah Anggapan Sering Digendong Ibunya Bakal Jadi Anak Mami Ketika Besar

Nurofia Fauziah

Berikut Niat & Doa Beserta Artinya Panduan & Tata Cara Shalat Tahajud

Nurofia Fauziah

Zodiak Hari Ini: 5 Zodiak yang Menghindari Konflik dengan Pasangan, Kamu dan Pacarmu Termasuk?

Nurofia Fauziah

Leave a Comment