Kesehatan

Tidur di Lantai Penjara Disebut Picu Sakitnya Ahmad Dhani, Kenali Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat menyebabkan Ahmad Dhani yang saat ini masih mendekam di Rutan Medaeng Sidoarjo Jawa Timur harus diinfus sejak Jumat (22/3/2019). Karena asam urat ini pula, kaki kanan suami Mulan Jameela ini terasa sakit. Sehingga, ia berjalan agak terpincang. Menurut Kuasa Hukumnya, Sahid , Ahmad Dhani sempat minta untuk diantarkan ke rumah sakit. Namun, sebagai penanganan awal, ia diberi obat melalui infus oleh dokter di Rutan Medaeng.

"Diinfus sejak pulang dari sidang di PN Surabaya, terakhir saya lihat hari Sabtu (23/3/2019) kemarin infusnya masih terpasang," tambahnya. Apa yang menyebabkan asam urat kambuh? Kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid mengatakan itu dipicu kerapnya Ahmad Dhani tidur di lantai dan mandi air dingin. Saat ditanya awak media mengapa dirinya berjalan tertatih seperti itu sakit atau bagaimana. Dirinya hanya berujar singkat. "Iya asam urat," ucapnya.

Benarkah asam urat bisa dipicu karena pola hidup Ahmad Dhani yang berubah selama mendekam di penjara? Dikutip dari laman doktersehat.com, penyakit Asam Urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang Asam Urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi Asam Urat secara berlebihan.

Asam Urat adalah penyakit akibat mengonsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi Asam Urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Penderita asam urat akan mengalami kesemutan dan linu, nyeri sendi saat bangun tidur, sendi akan bengkak dan panas saat penyakit tersebut menyerang.

Sama seperti penyakit lainnya, penderita asam urat juga memiliki beberapa pantangan makanan yang harus dihindari untuk mengurangi munculnya penyakit tersebut. Deretan makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat adalah jeroan, makanan laut, daging plus kaldunya yang kental. Selain itu penderita asam urat diajurkan mengatur mengonsumsi telur dan kacang.

Meski penyakit asam urat tak bisa disembuhkan secara total, tapi gejalanya masih bisa dikendalikan. Selain mengandalkan obat obatan dari dokter, ada cara pengobatan asam urat yang bisa kamu coba saat di rumah. Pengobatan di rumah ini dapat membantu mengendalikan gejala asam urat yang muncul.

Kunci dari pengobatan asam urat di rumah adalah dengan mengubah gaya hidup. Tentunya kamu harus mengubahnya ke arah yang lebih baik dan sehat.

Berita Terkait

dari Jeruk hingga Cabai 9 Makanan yang Kaya dengan Vitamin C

Nurofia Fauziah

Januari 2020 Ribuan Pengidap HIV/AIDS Bakal Putus obat ‎Stok Obat ARV Menipis

Nurofia Fauziah

Taukah Anda Coklat dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke 5 Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan

Nurofia Fauziah

Olahraga Penting Bagi Ibu Hamil buat Jaga Imunitas saat Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

dari Tomat Hingga Kacang-Kacangan 5 Makanan Ekonomis Ini Dipercaya Bisa Perpanjang Umur

Nurofia Fauziah

8 Warna Kotoran Telinga Ini Ternyata Menunjukan Kondisi Kesehatan Seseorang, Penting Diperhatikan!

Nurofia Fauziah

Tak Hanya Enak Disayur, Kacang Panjang Simpan Banyak Manfaat, Cegah Diabet Hingga Kanker

Nurofia Fauziah

Plester Mulut Saat Tidur Jadi Kebiasaan Unik Andien dan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya

Nurofia Fauziah

Hingga Pernah Nekat Lakukan Percobaan Bunuh Diri Mengenal Penyakit Mental yang Dialami Ariel Tatum

Nurofia Fauziah

Mendadak Sakit Kepala Tak Melulu Minum Obat Solusinya, Cobalah Nikmati Secangkir Kopi

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasan Spesiali Gizi Diet Keto Bisa Bikin Lemot

Nurofia Fauziah

Menggigil hingga Hilangnya Kesadaran Denyut Nadi Melemah Penyebab & Gejala Hipotermia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment