Travel

Termasuk Berdiri Selama Berjam Jam 12 Aturan Yang Wajib Diikuti Pramugari Selama Penerbangan

Pramugari identik dengan kehidupan yang glamor dan menyenangkan. Namun, ternyata dibalik anggapan orang mengenai kehidupan yang glamor dan menyenangkan, ada banyak kerja keras dan usaha yang harus dilakukan pramugari. Pramugari sering kali tidak bisa menghabiskan waktu menjelajahi tujuan penerbangan mereka, selain tidur di kamar hotel bandara akibat jetlag.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa aturan yang wajib diikuti pramugari selama penerbangan berlangsung. Mengutip laman The Things, Senin (14/10/2019), berikut beberapa aturan yang wajib diikuti pramugari selama penerbangan berlangsung. Aturan pertama yang wajib diikuti pramugari selama penerbangan berlangsung yakni memakai riasan.

Maskapai penerbangan mewajibkan pramugari memakai riasan di wajah selama penerbangan berlangsung. Meski menjadi bagian penting dari pramugari, riasan wajah ini tidak boleh terlalu menor. Seperti penggunaan eyeliner tebal atau warna lipstik yang berbenturan dengan seragam mereka.

Aturan memakai riasan ini memang diberlakukan oleh maskapai penerbangan. Namun, ada maskapai yang tidak memberlakukan aturan pramugari wajib memakai riasan wajah yakni Virgin Airlines. Virgin Airlines menjadi maskapai pertama yang tidak memberlakukan aturan tata rias wajib bagi pramugari mereka.

Maskapai penerbangan memiliki aturan ketat tentang penggunaan aksesoris. Saat bekerja, pramugari hanya diperbolehkan memakai satu pasang anting. Aturan ini bertujuan agar pramugari tampil profesional.

Penggunaan anting anting yang besar justru bisa menjadi bahaya keselamatan saat terjadi keadaan darurat. Selain harus memiliki potongan rambut yang rapi, pramugari pria juga tidak boleh memiliki kumis dan jenggot. Larangan memiliki kumis dan jenggot termasuk dalam aturan tentang penampilan yang harus dimiliki seorang pramugari.

Aturan yang wajib diikuti pramugari selama penerbangan berikutnya yakni harus mampu berenang. Kemampuan berenang seorang pramugari akan diuji selama pelatihan. Alasan seorang pramugari harus mampu berenang tidak lain untuk keselamatan diri sendiri dan membantu penumpang menyelamatkan diri ketika dalam keadaan darurat.

Jika saat ini memiliki tato merupakan hal yang biasa dan dianggap seni. Namun, maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki tato. Terlebih tato di area yang mudah terlihat seperti pada wajah, leher atau lengan dan kaki bagian bawah.

Menerima tip merupakan hal yang dilarang di beberapa maskapai penerbangan. Meski beberapa maskapai penerbangan mengijinkan, tetapi kebanyakan tidak menyukai pramugari yang menerima uang tip. Jika penumpang ingin memberikan penghargaan kepada pramugari, maka cara terbaik adalah dengan memperlakukan pramugari dengan hormat dan mengucapkan terima kasih.

Pramugari wanita juga harus mengikuti aturan maskapai penerbangan terkait gaya rambut. Sebagai besar maskapai penerbangan melarang pramugari memiliki ramput panjang terurai. Inilah mengapa seringkali pramugari tampil dengan gaya rambut digulung.

Saat dalam kondisi darurat, pramugari tidak boleh sembarangan menggunakan kotak P3K. Jika ingin menggunakan kotak P3K dalam kondisi darurat, maka harus menunggu dokter atau tenaga medis terlatih terlebih dahulu. Merokok telah dilarang di pesawat selama bertahun tahun.

Beberapa maskapai penerbangan bahkan melarang pramugari mereka merokok ketika mereka turun. Meski beberapa maskapai hanya mencegah pramugari dari merokok saat masih menggunakan seragam, Qatar Airlines justru melarang pramugari mereka merokok sama sekali. Salah satu alasan mengapa maskapai memiliki batasan berat untuk pramugari mereka adalah seorang pramugari harus sehat secara fisik untuk melakukan pekerjaan mereka.

Selain itu, seorang pramugari harus mampu berdiri berjam jam dalam penerbangan jarak jauh. Riasan wajah bukan satu satunya hal yang diatur oleh maskapai penerbangan. Seorang pramugari juga tidak boleh memiliki jerawat dan harus merawat kulit mereka dengan baik.

Bagi siapa pun yang berjerawat atau memiliki masalah kulit tidak mungkin bisa menjadi seorang pramugari. Sebenarnya seorang pramugari diijinkan untuk mewarnai rambut, selama warna tersebut sama seperti warna asli rambut mereka. Yang dilarang adalah mewarnai rambut dengan warna menyala seperti merah muda, ungu, atau pun hijau.

Berita Terkait

Benteng Belgica

Nurofia Fauziah

Alami Sejumlah Luka di Kepala Penumpang Penyandang Cacat Jatuh Saat Transfer Penerbangan di Bandara

Nurofia Fauziah

Jangan Percaya 4 Mitos Ini Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Nurofia Fauziah

Malaysia akan Terapkan Pajak Selamat Tinggal, Ini Besaran Biayanya

Nurofia Fauziah

Destinasi Instagramable di Magelang Spot Selfie Terbaik hingga Tips Berwisata di Mata Langit

Nurofia Fauziah

25 Fakta Unik China, Negara yang Menjadikan Warna Putih untuk Tanda Berkabung

Nurofia Fauziah

7 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Naik Pesawat Menurut Pramugari

Nurofia Fauziah

Panduan Lengkap Liburan ke Korea Utara dengan Aman

Nurofia Fauziah

Tes Kepribadian Cara Memegang Ponsel Bisa Bantu Ungkap Kepribadian, Kamu Yang Mana?

Nurofia Fauziah

6 Warung Nasi Liwet Enak di Solo yang Cocok Jadi Menu Sarapan

Nurofia Fauziah

Mau Tiket GIIAS Gratis? Nginap di Hotel Santika Premiere ICE – BSD City, Anda Akan Mendapatkannya

Nurofia Fauziah

5 Lokasi Syuting Film Spider Man: Far From Home Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Nurofia Fauziah

Leave a Comment