Bisnis

Terapkan Bagasi Gratis, Penumpang Pelni Naik 28 Persen

Upaya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memberikan bagasi gratis hingga 50 kilogram kepada penumpang berdampak positif bagi kinerja perusahaan. Pengguna kapal Pelni selama dua bulan awal tahun ini naik rata rata sebanyak 28 persen dari 515.208 menjadi 658.094 pelanggan. Secara rinci, jumlah penumpang naik 21 persen dari 343.965 pada Januari 2018 menjadi 414.649 pelanggan di Januari 2019. Sementara pada Februari 2018 2019 naik dari 171.243 menjadi 243.445 pelanggan atau naik 42 persen.

Plh Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahyo Kuncoro mengatakan, peningkatan jumlah pelanggan pada Februari 2019 sebesar 42 persen cukup menggembirakan bagi Pelni. “Kenaikan jumlah pelanggan secara berturut turut dalam 2 bulan rata rata naik 28 persen”, kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (6/3/2018). Yahya memprediksi kenaikan jumlah pelanggan akan terus tumbuh seiring peningkatan pelayanan yang semakin membaik di cabang dan di kapal.

Menurutnya, kemudahan memperoleh tiket yang bisa diakses dengan smartphone, cara pembayaran dengan kartu debit dan kebijakan free bagasi hingga 50 kg untuk setiap penumpang di semua rute, telah memberikan kontribusi dalam meningkatnya pengguna jasa kapal Pelni. Dari data penjualan, kenaikan pelanggan terjadi pada rute Jakarta Belawan, Jakarta Makassar, Surabaya Makassar dan Jakarta Ambon untuk rute jarak jauh. Sedangkan pada rute jarak pendek, terjadi kenaikan pada ruas Makassar Baubau, Makasar Ambon, Batam Belawan dan Ambon Bandaneira.

”Kenaikan terjadi setiap pemberangkatan kapal. Ini menunjukan Pelni masih dibutuhkan dan menjadi alternatif transportasi antar pulau bagi masyarakat Indonesia sebagai negara kepulauan”, tegas Yahya. Untuk melayani penumpang secara reguler dengan jadwal tetap, Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang dengan trayek menjelajah seluruh nusantara terdiri dari tipe 3000 pax 1 unit, tipe 2000 pax 11 unit di mana 2 unit di antaranya dapat mengangkut orang, kendaraan dan kontianer, tipe 1000 pax 9 unit, tipe 500 pax 3 unit dan 2 unit tipe Roro serta 46 kapal perintis, selain itu Pelni juga mengoperasikan kapal Tol Laut, kapal ternak, dan kapal barang komersial ke berbagai rute. “Kapal perintis untuk menghubungkan daerah maju ke daerah terpencil, tertinggal, terdepan dan perbatasan (T3P)," pungkasnya.

Berita Terkait

Jawab Kebutuhan Deteksi Dini Virus Pekerja Harian ‘Drive Thru Rapid Test’

Nurofia Fauziah

Mendag Berharap Pembukaan Mal Berdampak Positif Bagi Perekonomian

Nurofia Fauziah

Bus Apron di Ngurah Rai Diusulkan Berusia Tak Lebih dari 10 Tahun 2 Kali Terbakar

Nurofia Fauziah

Perusahaan Transportasi Ojek Online Aktifkan Fitur Antar Penumpang dari 8 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Konsumen Tinggalkan Belanja Supermarket Beralih menuju Minimarket Menteri Agus

Nurofia Fauziah

Sri Mulyani Butuh Tambahan Utang hingga Rp 45 Triliun Per Pekan Biayai Defisit

Nurofia Fauziah

Tambahan Margin Perdagangan di KuCoin Shae dengan Leverage 10x buat Gairahkan Investor

Nurofia Fauziah

Seperti Ini Persyaratannya Debitur Ultra Mikro Dijanjikan Relaksasi Kredit

Nurofia Fauziah

Lempar Bola menuju Mahfud MD Kementerian BUMN Angkat Tangan Soal Kasus Asabri

Nurofia Fauziah

Hari Ini Harga Emas Antam Terkoreksi menuju Rp 926 Per Gram

Nurofia Fauziah

Dirjen IKMA Kemenperin Tampung Aspirasi Pelaku Industri Mainan

Nurofia Fauziah

Harta Pemilik Grup Djarum Bertambah Rp 107 Triliun Tujuh Pekan Terakhir

Nurofia Fauziah

Leave a Comment