Pendidikan

Tema 2 Subtema 2 – Selalu Berhemat Energi (Halaman 51-55) Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4

Simak kunci jawaban Kelas 4 Tematik : Tema 2 Subtema 2 Selalu Berhemat Energi, halaman 51, 52, 53, 54,dan 55. Tema 2 dalam buku ini untuk kelas 4 SD/MI mengusung judul mengenai sumber energi. Siswa Sekolah Dasar diajak untuk belajar menganai cara berhemat energi.

Berikut pembahasan mengenai materi buku tematik Tema 2 kelas 4 SD/MI yang mengusung topik mengenai sumber energi. Mengapa kita harus menghemat energi? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi? Banyak hal hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari hari.

Kita bisa menghemat energi, misalnya dengan hemat air, hemat listrik, hemat kertas hingga hemat bahan bakar. Hemat energi artinya kita menggunakan atau memanfaatkan energi sesuai dengan kebutuhan. Sehingga energi dapat dimanfaatkan secara efisien dan tidak ada energi yang terbuang sia sia.

Jika energi yang digunakan atau yang dikeluarkan tidak banyak, maka artinya hal ini membuat bumi kita menjadi ramah lingkungan. Selain itu hemat energi memanglah menjadi kewajiban kita semua sebagai makhluk hidup di bumi. Kita harus menghemat energi karena agar energi tidak cepat habis dan dapat terus ada hingga generasi mendatang.

Cara membuat kipas kertas 1. Pertama siapkan kertas berbentuk persegi segala ukuran (Kertas kado, majalah bekas). 2. Kemudian ambil lem kertas.

3. Lalu lipat kertas pada satu bagian ujung sekitar 2 cm. 4. Setelah itu balikkan kertas dan lipat lagi ke arah yang berbeda. Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian kertas terlipat. 5. Lipat lagi lipatan kertas menjadi dua bagian yang sama besar.

6. Lem di sisi kertas yang saling berhadapan. 7. Kemudian kipas siap untuk digunakan. Bandingkan kipasmu dengan kipas temanmu.

Apakah ada yang berbeda? Carilah bentuk bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.

Beri variasi/tambahan pada produk untuk memperindah tampilan. Tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi. Percobaan Perubahan Energi

1. Pertama ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh di samping. 2. Lalu guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral. 3. Lubangi salah satu ujung kertas.

4. Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50 cm. 5. Kemudian, ikatkan ujung yang lain pada pensil. 6. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api. Jaga jarak supaya tidak terbakar.

Apa yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan di atas api lilin? Jawaban: Kertas akan berputar, ini menyebabkan adanya perubahan jarak kertas spiral menjauh atau mendekat ke api.

Apa yang terjadi? Jawaban: Jika kertas menjauh dari api maka putaran kertas melambat.

Laporan Kegiatan Nama percobaan: Perubahan Energi

Tujuan percobaan: Untuk membuktikan bahwa bahwa energi dapat berubah, energi panas menjadi energi kinetik(gerak) Alat alat yang dibutuhkan:

Beragam jenis plastik bekas dan kertas bekas. Korek api dan lilin. Langkah kerja:

Pertama ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh disamping. Kemudian guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral. Lubangi salah satu ujung kertas.

Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50 cm. Lalu ikatkan ujung yang lain pada pensil. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api. Jaga jarak supaya tidak terbakar.

Hasil atau kesimpulan: Berdasarkan percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa energi panas dapat berubah menjadi energi gerak yang dibuktikan dengan bergeraknya kertas ketika terkena panas. Ketika melakukan percobaan, kadang berhasil, kadang gagal. Bagaimana dengan percobaanmu kali ini? Apakah kamu berhasil?

Jawaban: Percobaan saya berhasil karena semua dilakukan sesuai dengan cara yang telah disampaikan. *) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

Berita Terkait

Bagaimana Bunyi Terdengar oleh Telinga Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Selasa 28 Juli 2020

Nurofia Fauziah

Begini Penentu Kelulusan RESMI! UN 2020 SD-SMA Ditiadakan Karena Wabah Corona

Nurofia Fauziah

tapi Bukan Berarti KBM Tatap Muka di Sekolah wajib Dilakukan Tahun Ajaran Baru Dimulai 13 Juli 2020

Nurofia Fauziah

RI Kekurangan Guru Vokasi Kemenko Perekonomian menuju Nadiem Makarim

Nurofia Fauziah

Cost Control Engineer hingga Engineering Manager Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Nurofia Fauziah

Kampus Pencetak Entrepreneur TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Universitas Ciputra

Nurofia Fauziah

UN Akan Dipercepat Saat Siswa di Kelas 8 dan 11 Mendikbud

Nurofia Fauziah

hanya Cukup buat Beli Air Bersih & Minyak Tanah Kisah Mirisnya Gaji Guru di Pedalaman Papua

Nurofia Fauziah

Lembaga Sempoa Unggulan Sempoa SIP Gelar Uji Penyetaraan Internasional

Nurofia Fauziah

SMAN 13 Medan Apresiasi Juknis Kemendikbud Soal Penggunaan Dana BOS di Tengah Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Kembangkan Social Emotional Learning di Sekolah Dasar

Nurofia Fauziah

Pidato Terahir Rektor Universitas Indonesia pada Rapat Terbuka MWA

Nurofia Fauziah

Leave a Comment