Kesehatan

tapi Ditolak karena Organnya Sudah Menghitam Perokok Berat Donorkan Paru-parunya sebelum Meninggal

Viral video penampakan paru paru seorang perokok berat setelah ia meninggal. Merokok satu bungkus sehari selama 30 tahun, paru paru perokok tersebut berubah hitam. Seperti yang dilansir Daily Mail, bukannya berwarna pink segar, paru paru perokok itu berwarna hitam dan meradang akibat residu tembakau yang menyumbat paru paru selama bertahun tahun.

Dokter dari Rumah Sakit Wuxi di Jiangsu, China mengambil organ dari perokok berusia 52 tahun. Perokok tersebut meninggal dunia karena menderita berbagai macam penyakit paru paru. Video penampakan paru paru itu direkam oleh salah seorang dokter bedah.

Video kemudian dibagikan ke media sosial dan telah dilihat lebih dari 25 juta kali. Netizen menyebut video itu sebagai "iklan anti rokok terbaik yang pernah ada." Dalam keterangan video yang diunggah pihak rumah sakit, tertulis, "Kamu masih berani merokok?"

Lihat videonya . Sebelumnya, pasien menandatangani persetujuan donasi paru paru sebelum ia meninggal. Akan tetapi dokter langsung sadar paru paru itu tidak bisa dipakai.

Dr Chen, dokter bedah yang juga wakil direktur di rumah sakit itu berkata: "Pasien tidak melakukan CT scan sebelum meninggal dunia." "Ia mengalami mati otak, dan paru parunya langsung diangkat setelah itu."

"Awalnya, uji indeks oksigen menunjukkan hasil yang baik." "Tapi saat kami melihat wujud asli paru parunya, kami sadar kami tidak bisa memberikannya pada orang lain." "Kami, warga China, memang gemar merokok."

"Rasanya percuma jika kami menolak donasi paru paru dari para perokok." "Namun ada aturan yang ketat." "Kami akan menerima paru paru dari orang yang berusia kurang dari 60 tahun, tidak ada atau minimal hanya sedikit infeksi pada paru paru, serta hasil rontgen yang bisa diterima."

"Jika semua persyaratan itu terpenuhi, maka kami akan mempertimbangkan transplantasi paru paru." Professor Peter Openshaw dari National Heart and Lung Institute berkata pasien menderita empisema paru paru. Kondisi itu menyebabkan paru paru menjadi sangat meradang dan mengembang, membuat penderitanya sesak nafas.

Ia mengatakan bahwa petugas medis mungkin akan menggembungkan paru paru dengan udara atau cairan sebelum diangkat untuk didonorkan. Karena itulah paru paru akan terlihat jauh lebih besar daripada postmortem paru paru biasanya. Dr Chen mengunggah video itu ke media sosial dengan tagar 'jieyan' huruf Mandarin untuk kata 'berhenti merokok'.

Ia menulis: "Banyak perokok di negara ini memiliki paru paru seperti ini." "Tim kami memutuskan untuk menolak paru paru ini untuk transplantasi." "Jika Anda seorang perokok berat, paru paru Anda mungkin tidak akan diterima bahkan jika Anda memilih untuk menyumbangkannya setelah meninggal dunia."

"Lihatlah paru paru ini apakah Anda masih berani merokok?" Menurut sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, 350 juta orang dewasa (27 persen) adalah perokok. Di Inggris, satu dari tujuh orang dewasa sekarang merokok tembakau atau sekitar 5,9 juta orang.

Jumlah tersebut turun dari 7,7 juta pada tahun 2011, ketika jumlah perokok mendekati satu banding lima. Merokok adalah penyebab terbesar kanker yang sebenarnya dapat dihindari. Diketahui rokok menghasilkan bahan kimia yang menyebabkan setidaknya 15 jenis penyakit yang berbeda.

Bukti menunjukkan rokok menjadi sebab dari 70 persen kasus kanker paru paru. Kanker paru paru memiliki jumlah kematian tertinggi dari jenis kanker lainnya. Orang orang tertarik untuk merokok karena nikotin dapat membuat mereka merasa enak, tetapi mudah menjadi kecanduan dan sangat sulit untuk berhenti begitu merokok menjadi kebiasaan.

Merokok membunuh 1,2 juta orang setiap tahun. Orang yang melakukannya dua kali lebih sering berpotensi terkena serangan jantung 30 kali lebih mungkin besar daripada terkena kanker paru paru.

Berita Terkait

Benarkah Kacang Hijau Berkhasiat untuk Ibu Hamil?

Nurofia Fauziah

Mirip Penyakit Irish Bella Sakit Infeksi Kemih Padahal Hamil Kabar Sedih Sulis Eks Duet Hadad Alwi

Nurofia Fauziah

Atasi Gangguan Kecemasan Tanpa Obat Bagaimana Caranya

Nurofia Fauziah

Jadi Pendonor Sumsum Tulang untuk Ani Yudhoyono, Ini Risiko yang Akan Dirasakan Pramono Edhie

Nurofia Fauziah

Metode Klem Kini Banyak Dipilih Sunat Konvensional dari Ditingalkan

Nurofia Fauziah

Januari 2020 Ribuan Pengidap HIV/AIDS Bakal Putus obat ‎Stok Obat ARV Menipis

Nurofia Fauziah

Gizi Seimbang dapat Membantu Hadapi Pandemi Covid-19

Nurofia Fauziah

Konsumsi Buah Kurma, Ada Banyak Manfaat Serat dan Kalium di Dalamnya

Nurofia Fauziah

Modernland Realty Tbk & Lotte E&C Kerjasama Bangun Mixed Use Project di Jakarta Garden City

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

Mulai dari Cotton Bud hingga Obat Tetes Cara Bersihkan Kotoran Telinga Berikut Ternyata Salah

Nurofia Fauziah

Cuma 30 Detik! Coba 5 Tes Super Cepat Ini yang Akan Tunjukkan Tubuhmu Sehat atau Tidak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment