Nasional

Tanggapan Bambang Brodjonegoro Soal Rusuh di ‘Calon Ibu Kota’ Indonesia

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menanggapi kasus kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Ia menilai bahwa peristiwa yang terjadi di calon ibu kota baru Indonesia itu adalah kasus kriminal biasa. Bahkan kasus 'tawuran' itu umum terjadi di daerah lainnya termasuk Jakarta.

Sehingga menurutnya, tentunya pemerintah bisa mengendalikan peristiwa serupa. Pernyataan tersebut ia sampaikan didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor usai memberikan sambutan dalam Seminar Nasional bertajuk 'Kebudayaan Dayak dan Kontribusinya terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Kalimantan Timur'. "Itu kriminal biasa, kan di Jakarta juga sering tawuran, jadi intinya bisa kita kendalikan," ujar Bambang, di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Imbas dari kericuhan yang melukai sejumlah pemuda di kawasan itu memicu kemarahan hingga akhirnya terjadi pembakaran sejumlah bangunan. Bambang menyebut aksi bakar itu hanya pelampiasan emosi saja dan ia menjamin bahwa pemerintah akan mengantisipasi hal tersebut dalam proses pemindahan ibu kota ke Kaltim. "Ya itu mungkin hanya luapan emosi. Tapi saya yakin kita akan memperhatikan wilayah dan kebiasaan masyarakat lokal ini, sehingga dalam proses pemindahan ibukota tidak terjadi hambatan," tegas Bambang.

Sebelumnya, terjadi penikaman di Pantai Nipah nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Rabu (16/10/2019) kemarin. Dua remaja yakni RN (18) dan CD (19) diketahui menjadi korban penikaman pada malam itu, sekitar pukul 23.00 WITA. Pasca penikaman, RN pun mengalami luka berat dan CD meninggal dunia.

Akibat peristiwa itu, keluarga korban pun marah dan mendatangi lokasi yang menjadi tempat tinggal pelaku penikaman. Mereka mencari pelaku dan akhirnya melakukan pembakaran terhadap sejumlah bangunan kayu yang ada di wilayah tersebut.

Berita Terkait

Kisah Jaya Jadwal & Link Streaming TVRI Belajar dari Rumah Selasa & Melati Giri 16 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Penunjukkan Irjen Listyo Sigit Sebagai Kabareskrim Sudah Tepat Aziz Syamsudin

Nurofia Fauziah

Demokrat wajib Ada di Hati & Pikiran Rakyat Ibas

Nurofia Fauziah

Saeful Bahri Akui Beri Uang menuju Wahyu Setiawan Terkait PAW Harun Masiku

Nurofia Fauziah

Mahasiswa hingga IRT Sudah Jadi ‘Agen Qurban’ Andakah Selanjutnya

Nurofia Fauziah

Berikut Cara Cek Hasilnya Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jabar 2020 di ppdb.disdik.jabarprov.go.id

Nurofia Fauziah

Seolah-olah yang Disampaikan Menteri soal Mudik Membingungkan Meoldoko

Nurofia Fauziah

Berikut Ketentuan Pelaksanaan SKB BKN Siapkan 20 Lokasi Tes SKB CPNS 2019 di Luar Negeri

Nurofia Fauziah

4 Pelaku Ditangkap Viral Balap Liar Tutup Jalan di Serpong

Nurofia Fauziah

Diduga Kelelahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Pingsan saat Pimpin Rapat Virtual

Nurofia Fauziah

Peringatan Dini Cuaca Kamis 18 Juni 2020 Potensi Pembentukan Awan Hujan di Berbagai Daerah BMKG

Nurofia Fauziah

Data Pekerja Terdampak Covid-19 Capai 3 5 Juta Update Kemnaker

Nurofia Fauziah

Leave a Comment