Kesehatan

Tak Hanya Enak Disayur, Kacang Panjang Simpan Banyak Manfaat, Cegah Diabet Hingga Kanker

Bagi masyarakat Indonesia, sudah pasti tidak asing dengan sayuran kacang panjang. Pasalnya, kacang panjang sering muncul di berbagai masakan misalnya oseng oseng dan sayur asem. Hal ini tak lain karena rasanya yang enak dan akrab dengan mulut orang Indonesia.

Selain enak dimakan, kacang panjang kaya akan nutrisi mineral dan vitamin seperti vitamain A, C, K, B6, asam folat,kalsium, silikon, zat besi, mangan beta karoten, protein, dan tembaga. Bahkan kacang panjang rendah kalori sehingga sangat cocok dimakan bagi mereka yang berdiet. Karena memiliki segudang nutrisi di dalamnya kacang panjang diklaim baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Melansir Boldsky.com, yuk intip enam manfaat kacang panjang yang jarang orang tahu: Karena tinggi serat, rendah kalori dan karbohidrat, kacang panjang dianggap sebagai makanan ideal untuk pasien diabetes. Selain itu, zat antioksidan yang hadir di sayuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu sangat baik untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit atau kerusakan jaringan. Senada dengan jenis kacang kacangan lainnya, sayuran ini juga kaya akan kalsium yang baik untuk tulang, termasuk mencegah osteoporosis. Sayuran ini juga kaya akan silikon, di mana ini merupakan elemen penting dari regenerasi tulang.

Sayuran yang sering dijadikan lalap ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, senyawa karotenoid yang hadir dalam sayuran ini dapat mencegah kerusakan seperti degenerasi makula. Mengonsumsi secara teratur kacang panjang sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi dari sayuran ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Kacang panjang kaya akan flavonoid, sehingga hal ini membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena flavonoid mencegah pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri.

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran terbaik yang membuat perut sehat. Karena sayuran ini kaya akan serat, kacang panjang baik mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, maag, wasir dan asam lambung.

Berita Terkait

Mencegah Pikun Saat Tua Bisa Dilakukan Sejak Masih Muda

Nurofia Fauziah

Dermatitis Atopik yang Diderita Baby Ryu karena Colekan Tamu, Tisu Basah Bisa Jadi Pemicunya?

Nurofia Fauziah

tapi Ditolak karena Organnya Sudah Menghitam Perokok Berat Donorkan Paru-parunya sebelum Meninggal

Nurofia Fauziah

10 Buah dan Sayur Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Idul Adha: Pepaya, Wortel hingga Seledri

Nurofia Fauziah

Jangan Sampai Stres Bisa Turunkan Imun Hindari Kerumunan Imbauan Pasien Sembuh dari Covid-19

Nurofia Fauziah

Jadi Pendonor Sumsum Tulang untuk Ani Yudhoyono, Ini Risiko yang Akan Dirasakan Pramono Edhie

Nurofia Fauziah

9 Kebaikan Saat Rutin Minum Air Putih Setiap Hari, Diet Sukses hingga Kulit Halus

Nurofia Fauziah

Terawan Lakukan Dua Hal Tangani Penyakit Hepatitis A di Depok

Nurofia Fauziah

Prestasi Anak Indonesia Harus Dapat Dukungan Gizi dan Lingkungan yang Baik kata Kak Seto

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Depresi karena Ijazah Ditahan, Dokter Muda di Papua Meninggal Dunia, Jokowi Diminta Cabut Aturan Ini

Nurofia Fauziah

Yuk Buatkan Si Kecil Bubur Apel Pir yang Kaya Vitamin Ini MPASI Bergizi Bayi 7 Bulan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment