Internasional

Tak Bisa Minum Air Zamzam Langsung & Kerikil Jumrah wajib Disterilkan Begini Kondisi Haji 2020

Pandemi Covid 19 membuat Musim Haji 2020 yang dimulai sejak Selasa (28/7/2020) berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Jumlah jemaah dibatasi hanya 1.000 orang karena kebijakan yang diberlakukan Kerajan Arab Saudi. Padahal setiap tahun dua kota suci, Mekah dan Madinah setidaknya menampung sebanyak 2 juta jemaah.

Jemaah dari luar negeri juga tidak diizinkan, sehingga sekitar 70 persen total jemaah berasal dari warga asing yang sudah berada di Arab Saudi. Adapun yang terpilih untuk bisa menjalani ibadah Haji berusia antara 20 hingga 50 tahun. Menurut laporan AFP via , para jemaah ini harus menjalani sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Mereka wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan tes Covid 19 ketika sampai di Mekah, akhir pekan lalu. Jemaah juga wajib karantina sebelum dan sesudah menjalani ibadah haji. Masker menjadi rutinitas yang harus dipakai setiap saat.

Dalam sebuah wawancara di TV Al Arabiya minggu ini, Menteri Urusan Haji Mohammed Saleh Binten mengatakan para jemaah dikarantina di rumah mereka sebelum empat hari lagi karantina di hotel hotel di Mekah. Lebih lanjut, jemaah tidak dibebaskan minum dari Sumur Zamzam. Air zamzam akan diletakkan di botol untuk dibagikan secara individu kepada masing masing orang, demi menghindari penularan Covid 19.

Sesampainya di Mina untuk melontar jumrah, kerikil yang digunakan akan disterilisasi dahulu. Batasan Haji 2020 menyebabkan para pengusaha travel dan pemasok hewan kurban di Arab Saudi merugi. "Biasanya dua atau tiga bulan sebelum haji saya dan para sopir menghasilkan cukup uang untuk bertahan selama sisa tahun ini."

"Tapi sekarang tidak ada apa apa," kata pengusaha taksi di dekat Masjidil Haram, Sajjad Malik dikutip dari . Sepinya jemaah dan ketatnya batasan dari negara membuatnya kehilangan pelanggan dan tak bisa menggaji. Salah satu sopir di perusahaannya, Samiur Rahman mengirim video suasana sepi jalanan Mekah.

Jalan yang setiap tahun dipenuhi lautan jemaah, kini kosong dan sepi. Sajjad bahkan menangkap kumpulan merpati yang mengisi kelengangan jalan itu. "Pengemudi saya tidak punya makanan dan sekarang mereka tidur berempat atau berlima per kamar, di kamar yang berkapasitas dua orang," kata Sajjad.

Ditanya apakah menerima bantuan dari pemerintah, Sajjad mengaku hanya bertahan dengan uang tabungannya. Menurutnya banyak orang yang kehilangan pekerjaan di Arab Saudi karena pembatasan jemaah Haji tahun ini. Menurut laporan CNN , Arab Saudi memiliki jumlah kasus infeksi Covid 19 tertinggi di dataran Arab.

Worldometers pada Rabu (29/7/2020) mencatat 270.831 kasus infeksi. Adapun jumlah korban jiwa mencapai 2.789 dan pasien yang sembuh sebanyak 225.624.

Berita Terkait

BERITA POPULER: Bocah 10 Tahun Temukan Fossil Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Nurofia Fauziah

Sukarelawan Banjir di Kumamoto Jepang Diprediksi Meningkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Nurofia Fauziah

Tamu terkejut Pakai Helikopter Pria ini Hadiahi Istri Pertunjukkan Indah di Hari Pernikahan

Nurofia Fauziah

Saat Dokter Gagal Selamatkan Nyawa Ular Python yang Dilindas Mobil

Nurofia Fauziah

si Hewan Menjerit & Lari Ketakutan VIRAL Video Pria Pukuli Anjing Pakai Helm & Bakar Bulunya

Nurofia Fauziah

Pangeran Joachim dari Belgia Sampaikan Permohonan Maaf Positif Covid-19 setelah Berpesta di Spanyol

Nurofia Fauziah

Tulis Catatan Pilu Aktris India Preksha Mehta Tewas Bunuh Diri karena Tak Punya Job saat Pandemi

Nurofia Fauziah

Masjid Alih Fungsi Jadi Bank Makanan Hingga Simpan Mayat Saat Wabah Corona Diimbau Ibadah di Rumah

Nurofia Fauziah

Intip Perubahan Logo UNICEF dari Awal Berdiri hingga Saat Ini Ulang Tahun ke-73

Nurofia Fauziah

Festival Lima Langkah Singapura untuk Merayakan Sejarah Chinatown

Nurofia Fauziah

Depresi Hadapi Kasus dengan Kekasihnya Caroline Flack Bunuh Diri setelah Temannya Pergi menuju Toko

Nurofia Fauziah

Berkat Damai buat Indonesia dari Paus Fransiskus

Nurofia Fauziah

Leave a Comment