Pendidikan

Syaiful Huda Minta Sekolah Tingkatkan Pengawasan Cegah Aksi Bullying

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyayangkan aksi bullying yang menimpa seorang siswi di sekolah swasta daerah Purworejo, Jawa Tengah. Di berharap dikemudian hari aksi bullying hingga kekerasan tidak terjadi lagi di dunia pendidikan khususnya di sekolahan. "kami sangat perihatin atas kejadia itu dan Tindak bullying atau kekeresan harus segera di stop, tidak boleh terjadi di kemudian hari," kata Syaiful, Kamis (13/2/2020).

Agar kasus bullying tak lagi terjadi, Syaiful ingin pengawasan di level sekolah harus ditingkatkan. Baik guru hingga kepala sekolah harus aktif melakukan pengawasan agar kasus kasus seperti ini tak kembali terulang. Dia pun mendorong di setiap sekolah dibentuk sebuah zona zero bullying guna mencegah bullying dan menangani siswa yang menjadi korban. "Sistem zona zero bullying di sekolah ini harus diaktifkan dengan cara pengawasan di sekolah dan harus ditingkatkan. Saya khawatir sekolah sekolah relatif tidak punya perangkap atau prosedur mekanisme apa yang harus dilakukan menyangkut soal fenomena yang semakin banyak ini," tuturnya.

Selain itu, Syaiful menginginkan para pelaku aksi bullying dapat diberikan tindakan tegas. Namun, dia memandang terdapat dua opsi untuk menangani pelaku yang masih di bawah umur. Opsi pertama seperti melakukan pembinaan kepada pelaku. Kedua, menyerahkan kepada penegak hukum jika tingkat kekerasan yang dilakukannya sudah melebihi batas dan termasuk kategori kriminal. "Ya memang ada dua opsi menurut saya," tutur dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, viral video aksi bullying terhadap seorang siswi. Dalam video berdurasi 28 detik terlihat pelajar putri berkerudung tengah duduk sambil menunduk. Di samping dan belakangnya terdapat tiga pelajar pria yang silih berganti melakukan penganiayaan. Semula seorang pelajar pria memukul kepala korban. Bocah perempuan itu hanya bisa menunduk membenamkan wajahnya ke meja sambil menangis. Tak berhenti di situ, pelajar lainnya datang melakukan aksi serupa. Tendangan dan pukulan mendarat ke tubuh korban. Bahkan pelaku menggunakan sapu untuk memukul

Berita Terkait

Kapan Waktu Terbaik Sholat Duha? Ustaz Abdul Somad Menjelaskan Lengkap Niat, Tata Cara, Keutamaannya

Nurofia Fauziah

Begini Penentu Kelulusan RESMI! UN 2020 SD-SMA Ditiadakan Karena Wabah Corona

Nurofia Fauziah

Ibunda Terpukul Pernah Tak Naik Kelas & Dibilang Tak Punya Masa Depan Kisah Pilu Ciputra Kecil

Nurofia Fauziah

Campus Spain Tawarkan Pelajar Indonesia Lanjutkan Studi ke Spanyol

Nurofia Fauziah

Cost Control Engineer hingga Engineering Manager Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Nurofia Fauziah

Kangen menuju Sekolah & Mengajar Lagi Curhat dua Guru Sekolah Dasar Anggit & Herawan

Nurofia Fauziah

Jepang Beri Donasi Hijaukan Istana Panda Indonesia

Nurofia Fauziah

Siswa SMA di Semarang Ikuti Pelatihan Seleksi Semakin Ketat

Nurofia Fauziah

Ini Daftarnya Sekolah Tatap Muka Boleh di Zona Hijau Tahun Ajaran Baru Resmi Dimulai 13 Juli 2020

Nurofia Fauziah

RI Kekurangan Guru Vokasi Kemenko Perekonomian menuju Nadiem Makarim

Nurofia Fauziah

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Senin 10 Juni Pukul 13.00 WIB, Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Nurofia Fauziah

Simak Tahapannya di Sini LTMPT Rilis Jadwal Resmi UTBK 2020

Nurofia Fauziah

Leave a Comment