Internasional

Sukarelawan Banjir di Kumamoto Jepang Diprediksi Meningkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Bencana alam banjir yang terjadi di selatan Jepang seperti Kumamoto dan Kyushu memunculkan banyak tenaga sukarelawan (volunteer). Hal itu kemungkinan akan meningkatkan risiko kasus baru infeksi Covid 19. "Volunteer yang kemungkinan nantinya berdatangan untuk membantu daerah bencana di Kumamoto misalnya memiliki risiko tinggi penularan Covid 19. Oleh karena itu antisipasi yang ketat perlu dilakukan untuk menahan penyebaran Covid 19 lebih lanjut," papar Dr Intetsu Kobayashi, profesor pengontrolan penyakit menular Universitas Toho Jepang di TBS TV, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, angka penularan sangat tinggi pengaruhnya pada saat pandemi Covid 19 ini. "Dulu pernah saya sampaikan bahwa kalau masih satu dua atau 10 an angka terinfeksi mungkin masih tenang masyarakat. Tetapi kini sudah naik ke angka 100 lebih yang terinfeksi dan mulailah kembali masyarakat ribut akan pandemi ini. Memang kita harus jauh lebih hati hati saat ini menanggapi pandemi Covid 19," tambahnya. "Saya ingin menanggapi dengan rasa krisis karena jumlah orang yang terinfeksi jumlah tertentu, sudah di atas 100 orang. Saya ingin menanggapi tanpa merasa enggan. Tidak ada deklarasi darurat segera," ungkap Menteri Revitalisasi Ekonomi Jepang yang merangkap penanggungjawab penanggulangan Covid 19, Yasutoshi Nishimura, Senin (13/7/2020).

"Saya mengkonfirmasi dengan seorang ahli hari ini karena ada begitu banyak orang yang terinfeksi, kita harus terus memperkuat langkah langkah untuk antisipasi Covid 19 khususnya di industri makanan dan minuman yang melibatkan hiburan malam," kata dia. Selain itu, Menteri Nishimura memperkirakan akan meningkatnya pergerakan lintas prefektur dalam kebijakan promosi konsumsi pemerintah "Go To Campaign" mulai bulan Juli ini. "Bagi yang sakit harus menahan diri untuk tidak pergi ke luar dan melihat lihat tempat tempat wisata," ujarnya.

Selain itu Nishimura juga menyerukan untuk menghindari prasmanan saat makan. "Kami mempromosikan penyesuaian seperti menghindari "tiga kepadatan" (banyak orang, berdekatan dan di dalam ruangan tertutup) misalnya seperti di dalam pesawat dan kereta peluru Shinkansen," ujar dia. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

Jamin Kerjasama dengan Negara Berkembang, Xi Jin Ping Terapkan Zero Tolerance terhadap Korupsi

Nurofia Fauziah

Wuhan Bersiap Buka RS Khusus Virus Corona yang Dikerjakan Kilat 8 Hari

Nurofia Fauziah

Nikmat Rasanya Tapi Tidak Mahal Pasar Makanan Tradisional Jepang di Kitakyushu

Nurofia Fauziah

Pria Ini Lakukan Sesi Foto dengan ‘Arwah’ Istrinya, Ternyata Ini Tujuannya

Nurofia Fauziah

Pasca Digugat Cerai, Song Hye Kyo Tampil Perdana di Depan Publik

Nurofia Fauziah

Duduk di Toilet Selama Lima Hari, Jimmy Gondol Rekor Dunia

Nurofia Fauziah

Hampir Tembus 8 Juta Pasien Meksiko Catat 4.147 Kasus Baru Update Corona Global 15 Juni 2020 Siang

Nurofia Fauziah

BERITA POPULER: Bocah 10 Tahun Temukan Fossil Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Nurofia Fauziah

Festival Lima Langkah Singapura untuk Merayakan Sejarah Chinatown

Nurofia Fauziah

si Hewan Menjerit & Lari Ketakutan VIRAL Video Pria Pukuli Anjing Pakai Helm & Bakar Bulunya

Nurofia Fauziah

Aktor Netflix Italia Terjebak dengan Jenazah Corona Berjam-jam

Nurofia Fauziah

Pelakor Tawar Segini Berakhir Damai! Istri Malah Jual Suami Seharga 300 Juta Suaminya Selingkuh

Nurofia Fauziah

Leave a Comment