Internasional

Sukarelawan Banjir di Kumamoto Jepang Diprediksi Meningkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Bencana alam banjir yang terjadi di selatan Jepang seperti Kumamoto dan Kyushu memunculkan banyak tenaga sukarelawan (volunteer). Hal itu kemungkinan akan meningkatkan risiko kasus baru infeksi Covid 19. "Volunteer yang kemungkinan nantinya berdatangan untuk membantu daerah bencana di Kumamoto misalnya memiliki risiko tinggi penularan Covid 19. Oleh karena itu antisipasi yang ketat perlu dilakukan untuk menahan penyebaran Covid 19 lebih lanjut," papar Dr Intetsu Kobayashi, profesor pengontrolan penyakit menular Universitas Toho Jepang di TBS TV, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, angka penularan sangat tinggi pengaruhnya pada saat pandemi Covid 19 ini. "Dulu pernah saya sampaikan bahwa kalau masih satu dua atau 10 an angka terinfeksi mungkin masih tenang masyarakat. Tetapi kini sudah naik ke angka 100 lebih yang terinfeksi dan mulailah kembali masyarakat ribut akan pandemi ini. Memang kita harus jauh lebih hati hati saat ini menanggapi pandemi Covid 19," tambahnya. "Saya ingin menanggapi dengan rasa krisis karena jumlah orang yang terinfeksi jumlah tertentu, sudah di atas 100 orang. Saya ingin menanggapi tanpa merasa enggan. Tidak ada deklarasi darurat segera," ungkap Menteri Revitalisasi Ekonomi Jepang yang merangkap penanggungjawab penanggulangan Covid 19, Yasutoshi Nishimura, Senin (13/7/2020).

"Saya mengkonfirmasi dengan seorang ahli hari ini karena ada begitu banyak orang yang terinfeksi, kita harus terus memperkuat langkah langkah untuk antisipasi Covid 19 khususnya di industri makanan dan minuman yang melibatkan hiburan malam," kata dia. Selain itu, Menteri Nishimura memperkirakan akan meningkatnya pergerakan lintas prefektur dalam kebijakan promosi konsumsi pemerintah "Go To Campaign" mulai bulan Juli ini. "Bagi yang sakit harus menahan diri untuk tidak pergi ke luar dan melihat lihat tempat tempat wisata," ujarnya.

Selain itu Nishimura juga menyerukan untuk menghindari prasmanan saat makan. "Kami mempromosikan penyesuaian seperti menghindari "tiga kepadatan" (banyak orang, berdekatan dan di dalam ruangan tertutup) misalnya seperti di dalam pesawat dan kereta peluru Shinkansen," ujar dia. Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Berita Terkait

PM Jepang Konsultasi dengan Pakar Penyakit Menular Terkait Perpanjangan Periode Darurat Corona

Nurofia Fauziah

Terpeleset, Pria Kamboja Terjepit di Bebatuan selama 3 Hari, Operasi Penyelamatan Berlangsung 10 Jam

Nurofia Fauziah

Kim Jong Un Desak Bawahannya Tingkatkan Kewaspadaan Klaim berhasil Cegah Covid-19

Nurofia Fauziah

Dibintangi Zac Efron hingga Amanda Seyfried Warner Bros Rilis Bocoran Tampilan Film Scooby-Doo

Nurofia Fauziah

BERITA POPULER: Bocah 10 Tahun Temukan Fossil Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Nurofia Fauziah

Gunakan Ponsel Ayahnya Belanja Online Rp 170 Juta, Bocah Usia 6 Tahun Dihukum Lakukan Ini

Nurofia Fauziah

Korban Tewas Akibat Virus Corona Melonjak Jadi 213 orang

Nurofia Fauziah

Lockdown Timbulkan Krisis Pembalut bagi Remaja Perempuan di India

Nurofia Fauziah

Pemilik Butik Terancam Hukuman Ini Meski Sudah Minta Maaf POPULER – Viral Pemotretan di Pemakaman

Nurofia Fauziah

Sepatu Nike yang Sudah Usang Ini Jadi Sepatu Termahal, Laku Dijual Rp 6,1 Miliar

Nurofia Fauziah

Pria Tewas Tenggelam saat Lamar Kekasih Sebelum dengar Jawaban, sang Kekasih Tulis Pesan Haru

Nurofia Fauziah

Dilengkapi dengan Teknologi Self-driving & 33 Sensor Sony Jepang Perkenalkan Mobil Listrik

Nurofia Fauziah

Leave a Comment