Otomotif

Strategi Cepat Ubah Konsumsi Mobil Berbahan Bakar Fosil menuju Listrik

Meski telah memiliki payung regulasi yang jelas mengenai kendaraan listrik namun masa transisinya dinilai tak akan berjalan cepat. COO Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan mengungkap ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat masa transisi dari kendaraan berbahan bakar ke listrik. Cara pertama yang harus dilakukan pemerintah ialah mengedukasi mengenai kelebihan kendaraan listrik.

"Orang Indonesia itu harus dikasih tahu bahwa mobil listrik ini enaknya luar biasa. Satu hening. Kedua tarikannya sama kayak tarikan mobil remot control atau kontan, ngga ada lagi yang namanya gardan langsung dari mesin bet jalan. Kemudian yang ketiga ramah lingkungan," tutur Davy saat di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019). Edukasi mengenai kendaraan listrik ini harus mulai ditanamkan oleh para pelaku industri otomotif, media berita dan pemerintah. Langkah kedua mengenai penyediaan infrastruktur seperti charging station.

Saat ini pemerintah telah memulai bekerjasama dengan para pelaku usaha untuk menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). "Kalau dulu hotel ngga ada Wifi nya ngga keren, nanti hotel yang tidak ada charging stationnya itu yang ngga keren. Nanti mall juga harus ada charging stationnya. Ini nanti akan jadi persaingan bisnis. Misal di Plaza Senayan ngga ada charging station tapi di Pacific Place ada, orang orang bisa kesitu," tambah COO Maxindo Renault Indonesia. Strategi ketiga yang juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku industri dan pemerintah ialah mengenai harga.

Agar kendaraan listrik dapat dijangkau oleh masyarakat umum, tipe hatchback maupun kendaraan kecil tipe lainnya akan menjadi solusi mempercepat transisi. Yang ketiga PR paling besar itu harga, karena harga baterai masih sangat mahal. "Kalau harganya Rp 500 juta, Rp 600 juta berat. Jadi harga ini yang menjadi PR, makanya pemerintah mati matian memberi insentif. Import duty di nol in, PPnBM di nol in supaya murah. Itu pun setelah di nol in masih mahal. Kalau semua itu beres, saya rasa transisinya di Indonesia sukses," terang Davy.

Berita Terkait

Mengintip Fasilitas Pengisian Baterai Mobil Listrik di Bandara Soekarno-Hatta

Nurofia Fauziah

Kisah Berhasil Adang Wijaya Besarkan Outlet Green Nitrogen Di Jaringan Spbu Pertamina

Nurofia Fauziah

2 Merek Mobil Tiongkok Ini Sudah Ada di Indonesia dengan Harga 50 Jutaan Saja Jauh Sebelum Wuling

Nurofia Fauziah

Daihatsu Pastikan Tak Ada Mobil Pengganti Recall Luxio & Gran Max

Nurofia Fauziah

Aman, Daihatsu Terios Tidak Masuk Recall Penggantian ECU Airbag

Nurofia Fauziah

Bupati Karanganyar Langsung Geber Jeep Rubicon menuju DPRD Tiba dari Dealer

Nurofia Fauziah

Hino Siap-siap Lakukan Tes Truk Hybrid di Indonesia

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Mobil Bekas Paling Populer di 2019

Nurofia Fauziah

Harga Spare Part Naik Ugal-ugalan Pamor Honda WIn Naik Daun

Nurofia Fauziah

Informasi Tersebut akan Ditindak Lanjuti Tim 5 Continents Drive Temui Komunitas Fortuner Tim

Nurofia Fauziah

Sudah Dikenalkan tapi Harga Renault Triber Hingga Kini Tak Jelas

Nurofia Fauziah

PCX Dominasi Penjualan Motor Honda di Telkomsel IIMS 2019

Nurofia Fauziah

Leave a Comment