Travel

Spesies Ubur-Ubur Ini Bisa Menyengat Tanpa Disentuh Awas

Bagi yang sering menonton serial animasi Spongebob Squarepants, pasti tahu kalau Spongebob punya hobi menangkapubur ubur. Sayangnya, Spongebob sering disengat olehubur uburketika sering berburu, nih. Yap,ubur uburmemang bisamenyengatdengan menggunakan ujung tentakelnya.

Namun sebenarnyatentakelpenyengat ini berfungsi untuk menangkap ikan maupun hewan lain untuk dimakan olehubur ubur. Uniknya, kali ini ilmuwan menemukan ubur ubur yang dapat menyengat tanpa menyentuhkan tentakelnya ke hewan atau manusia. Lalu bagaimana cara ubur ubur ini menyengat mangsanya atau manusia jika tidak menyentuhkan tentakel untuk menyengat, ya?

Peneliti menemukan bahwa ubur ubur Cassiopea xamachana atau ubur ubur terbalik akan menyengat hewan lain untuk dijadikan mangsa maupun manusia tanpa menyentuhnya dengan tentakel. Kemampuan ubur ubur terbalik ini juga adalah dapat mengumpulkan makanan tanpa menggunakan tentakelnya. Nama ubur ubur terbalik ini diambil dari bentuk tubuhnya yang terlihat terbalik, yaitu kepala di bawah dan tentakelnya di atas.

Ubur ubur terbalik dapat banyak ditemukan di perairan dangkal sekitar Florida, Karibia, dan Mikronesia. Namun, kemampuan ubur ubur terbalikini ternyata menjadi gangguan bagi para peselancar dan penyelam snorkel yang berada di perairan itu itu. Karena tidak menggunakan tentakelnya untuk menyengat, maka ubur ubur terbalik punya cara lain untuk menangkap mangsa atau menjauhkan predator dari dirinya.

Cara ini disebut oleh para peneliti sebagai membuat 'air yang menyengat'. Untuk membuat air menjadi bisa menyengat, maka ubur ubur terbalik akan melemparkan bom racun dari tubuhnya. Bom racun ini sebenarnya adalah lendir beracun yang dilepaskan oleh ubur ubur dari tubuhnya ke dalam air.

Lendir beracun ini bernama cassiosom, yang ada di tubuh ubur ubur terbalik. Cassiosom ini dilapisi oleh ribuan sel yang menyengat pada bagian luarnya. Nah, cassiosom inilah yang kemudian bisa menyengat hewan lain maupun manusia yang berada di air dengan racun yang dilepaskan ubur ubur terbalik.

Ketika tersengat oleh cassiosom dari ubur ubur terbalik, maka sensasi yang ditimbulkan terasa seperti gatal dan terbakar. Meski bisa menimbulkan sensasi tidak nyaman bagi beberapa orang, tapi sebenarnya lendir penyengat ini kebanyakan tidak berbahaya bagi kulit manusia, kok Namun hal ini berbeda bagi hewan hewan kecil yang ada di laut, karena sel sel tadi justru mematikan bagi organisme yang lebih kecil.

Berita Terkait

Bandara di India dari Perketat Aturan Kesehatan Kembali Dibuka

Nurofia Fauziah

Liburan Mewah Nikita Mirzani ke Disneyland Paris Hingga Bertemu Lenny Kravitz

Nurofia Fauziah

Hiburan Keluarga di Akhir Tahun Bersama REDTOP Hotel & Convention Center

Nurofia Fauziah

10 Hal Tak Biasa yang Cuma Dibangun di Dubai, Ada Helipad yang Diubah Menjadi Lapangan Tenis

Nurofia Fauziah

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Dicari di Google Tahun 2019

Nurofia Fauziah

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Road Trip Naik Campervan di Selandia Baru

Nurofia Fauziah

10 Kuliner Khas yang Biasa Disajikan saat Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Nurofia Fauziah

6 Warung Nasi Liwet Enak di Solo yang Cocok Jadi Menu Sarapan

Nurofia Fauziah

Harga Tiket Masuk Jakarta Aquarium yang Buka Kembali Sejak 20 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Kuliner Legendaris di Menteng Jakarta Sejarah Pempek Megaria

Nurofia Fauziah

Sehat dan Porsinya Pas, 7 Kuliner Khas Indonesia Ini Cocok untuk Sarapan

Nurofia Fauziah

6 Kota Berikut Telah Lakukan Perubahan Besar Demi Selamatkan Bumi

Nurofia Fauziah

Leave a Comment