Travel

Spesies Ubur-Ubur Ini Bisa Menyengat Tanpa Disentuh Awas

Bagi yang sering menonton serial animasi Spongebob Squarepants, pasti tahu kalau Spongebob punya hobi menangkapubur ubur. Sayangnya, Spongebob sering disengat olehubur uburketika sering berburu, nih. Yap,ubur uburmemang bisamenyengatdengan menggunakan ujung tentakelnya.

Namun sebenarnyatentakelpenyengat ini berfungsi untuk menangkap ikan maupun hewan lain untuk dimakan olehubur ubur. Uniknya, kali ini ilmuwan menemukan ubur ubur yang dapat menyengat tanpa menyentuhkan tentakelnya ke hewan atau manusia. Lalu bagaimana cara ubur ubur ini menyengat mangsanya atau manusia jika tidak menyentuhkan tentakel untuk menyengat, ya?

Peneliti menemukan bahwa ubur ubur Cassiopea xamachana atau ubur ubur terbalik akan menyengat hewan lain untuk dijadikan mangsa maupun manusia tanpa menyentuhnya dengan tentakel. Kemampuan ubur ubur terbalik ini juga adalah dapat mengumpulkan makanan tanpa menggunakan tentakelnya. Nama ubur ubur terbalik ini diambil dari bentuk tubuhnya yang terlihat terbalik, yaitu kepala di bawah dan tentakelnya di atas.

Ubur ubur terbalik dapat banyak ditemukan di perairan dangkal sekitar Florida, Karibia, dan Mikronesia. Namun, kemampuan ubur ubur terbalikini ternyata menjadi gangguan bagi para peselancar dan penyelam snorkel yang berada di perairan itu itu. Karena tidak menggunakan tentakelnya untuk menyengat, maka ubur ubur terbalik punya cara lain untuk menangkap mangsa atau menjauhkan predator dari dirinya.

Cara ini disebut oleh para peneliti sebagai membuat 'air yang menyengat'. Untuk membuat air menjadi bisa menyengat, maka ubur ubur terbalik akan melemparkan bom racun dari tubuhnya. Bom racun ini sebenarnya adalah lendir beracun yang dilepaskan oleh ubur ubur dari tubuhnya ke dalam air.

Lendir beracun ini bernama cassiosom, yang ada di tubuh ubur ubur terbalik. Cassiosom ini dilapisi oleh ribuan sel yang menyengat pada bagian luarnya. Nah, cassiosom inilah yang kemudian bisa menyengat hewan lain maupun manusia yang berada di air dengan racun yang dilepaskan ubur ubur terbalik.

Ketika tersengat oleh cassiosom dari ubur ubur terbalik, maka sensasi yang ditimbulkan terasa seperti gatal dan terbakar. Meski bisa menimbulkan sensasi tidak nyaman bagi beberapa orang, tapi sebenarnya lendir penyengat ini kebanyakan tidak berbahaya bagi kulit manusia, kok Namun hal ini berbeda bagi hewan hewan kecil yang ada di laut, karena sel sel tadi justru mematikan bagi organisme yang lebih kecil.

Berita Terkait

Pasangan Ini Rela Terbang 30 Jam saat Lockdown Covid-19 buat Bertemu Bayi ‘Sambung’ Mereka

Nurofia Fauziah

12 Tempat Wisata Populer di Phuket Thailand, Wajib Abadikan Momen di Kota Tua

Nurofia Fauziah

7 Hotel Murah di Hanoi, Vietnam, Tarif Menginap Cuma Rp 60 Ribuan per Malam

Nurofia Fauziah

Info Lengkap Jakarta Fair 2019 Beserta Tiket Masuk, Jadwal Konser dan Rute Bus Transjakarta

Nurofia Fauziah

7 Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Naik Pesawat Menurut Pramugari

Nurofia Fauziah

Turis di China Langgar Peraturan karena Kendarai Mobil di Forbidden City Viral di Medsos

Nurofia Fauziah

Ke-Santuy-an Tahun Baru Ala Havana di Santika Garut

Nurofia Fauziah

Baru Pertama Kali Terjadi, 110 Hiu di Menjangan Besar, Karimunjawa Mati Mendadak

Nurofia Fauziah

Termasuk Cium Makanan Jatuh di Afghanistan 11 Etika Unik di Berbagai Negara

Nurofia Fauziah

Kejutan GrabFood dan Geprek Bensu Sambut Bulan Ramadan

Nurofia Fauziah

Cinta Laura Kenakan Kostum Hudoq Saat Jember Fashion Carnaval

Nurofia Fauziah

Icip Kuliner Unik Nasi Goreng Durian dan Mie Goreng Durian di Kedai Durian 911

Nurofia Fauziah

Leave a Comment