Kesehatan

Solusi Bibir Pecah Pecah, Coba Tips Praktisi Kesehatan Andrew Weil MD Ini, Mudah!

Trik jitu dari ahli kecantikan, ini bisa mengembalikan bibir merah meronamu dari kondisi pecah pecah dan kering, dijamin tampilanmu akan tambah kece maksimal! Kulit wajahmu boleh mulus tanpa cacat, bahkan terlihat cerah bercahaya. Namun, sayangnya penampilanmu belum lengkap, karena bibir manismu justru kering.

Apalagi Indonesia sedang dilanda musim kemarau nih, jadi memudahkan bibirmu kering, pecah pecah, mengelupas,bahkan berdarah. Seram banget kan ya? Selain terasa tidak nyaman, bibir pecah pecah bisa membuat kita kurang percaya diri.

Alih alih memperhatikan apa yang sedang dibicarakan, lawan bicara kita akan salfok pada bibir kita nih. Sebenarnya ada sebagian kebiasaan sepele yang ngga sadar membaut bibir kita pecah pecah. Seperti sering menjilat bibir agar tetap basah, mengigit gigit bibir, dan bernapas dengan mulut.

Melansir Prevention.com, praktisi kesehatan Andrew Weil MD menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan bibir kering. "Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah pecah tentu saja adalah menghindari kondisi yang menyebabkan masalah tersebut. Akan tetapi, sayangnya kondisi itu hadir karena beberapa faktor, seperti cuaca, paparan sinar matahari, dan angin hingga membuat bibir menjadi kering, pecah, dan mampu menimbulkan alergi serta bau mulut tidak sedap," ujar Andrew Weil MD.

Nah, kalian sudah tahu kan penyebab utama bibir pecah pecah itu? Simak ya! Saat ini memang sedang menjadi trend penggunaan lipstick matte di kalangan para cewek, karena warnanya pekat dan menempel tahan lama di bibir.

Namun lipstik jenis ini tidak mengandung pelembab sehingga dapat menyebabkan bibir kamu kering. Memakai lipstik jenis ini sangat tidak dianjurkan jika bibirmu sedang kering dan pecah pecah. Sudah menjadi rahasia umum jika minum cukup air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk bibir.

Dehidrasi dan malnutrisi dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah pecah. Penuhi kebutuhan cairan agar hal ini tidak terjadi. Tidak ketinggalan, lengkapi kebutuhan gizi Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta menambah asupan buah dan sayuran. Lip balm atau pelembab bibir wajib kamu pakai setiap hari agar bibir tidak kering.

Daripada menjilat bibir untuk melembabkan, coba deh sediakan lip balm di tasmu agar bisa dipakai kapan pun saat kamu merasakan kekeringan di bibirmu. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga tidak dapat melembapkan dirinya sendiri. Oleh karenanya, penting untuk menggunakan pelembap bibir setiap harinya.

Kamu bisa kokmenggunakan produk pelembap bibir yang berbahan petroleum atau beeswax yang dapat menjaga kelembapan bibir. Atau pilihan lainnya yaitu mengoleskan cocoa butter, minyak zaitun , atau minyak kelapa. Oleskan setiap hari dan sebelum tidur ya.

Cara mengatasi bibir kering dapat dimulai dengan menghentikan kebiasaan menjilati bibir, rutin menggunakan pelembap bibir, dan cukup minum air putih. Namun bila bibir kering dan pecah pecah tidak kunjung membaik setelah perawatan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit. Sebagai alternatif lip balm, kamu bisa mengoleskan untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

Madu memiliki sifat anti bakteri dan mampu melembabkan bibirmu. Usahakan untuk menggunakan madu yang asli ya, karena madu palsu banyak mengandung campuran gula. Ini adalah salah satu kebiasaan jelek yang suka dilakukan para cewek saat bibirnya kering dan pecah pecah, padahal hal ini bisa membuat bibir menjadi luka dan berdarah.

Biarkan bibir kering mengelupas dengan sendirinya, jangan digigiti supaya tidak menimbulkan luka yang malah makin membuat bibirmu pecah pecah dan perih. Itulah beberapa tips mengatasi bibir kering dan pecah pecah. Mudah banget kan, girls? Kalau masalah bibir kering dan pecah pecah kamu tidak juga teratasi dengan cara di atas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter.

Karena bibir kering dan pecah pecah bisa jadi gejala awal suatu penyakit.

Berita Terkait

Apa Iya Makanan Tertentu Picu Jerawat

Nurofia Fauziah

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Aman Tanpa Timbulkan Penyakit

Nurofia Fauziah

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Disesuaikan, Berapa Besar Kenaikannya? Berikut Rincian Usulannya

Nurofia Fauziah

11 Ciri Ciri Stres Sebagai Pertanda Anak Terkena Anoreksia

Nurofia Fauziah

Trik Tasya Kamila Menjaga Bayinya yang Kulitnya Sensi Agar Tak Mengulang Kisah Baby Ryu yang Viral

Nurofia Fauziah

Tiga Warga Kota Bekasi Suspect Difteri

Nurofia Fauziah

Plester Mulut Saat Tidur Jadi Kebiasaan Unik Andien dan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya

Nurofia Fauziah

Harganya Murah Meriah Ramuan-ramuan Tradisional di Bawah Ini Manjur buat Atasi Nyeri Sendi

Nurofia Fauziah

Kadar Lemak & Garamnya Tinggi Hati-hati Konsumsi Mi Instan! Nutrisinya Rendah

Nurofia Fauziah

Pacitan KLB Hepatitis A, 824 Warga Keluhkan Nyeri di Perut, Tak Nafsu Makan dan Pembesaran Hati

Nurofia Fauziah

Makanan Terbaik untuk Hindari Sakit Kepala Saat Ibadah Puasa

Nurofia Fauziah

6 Tanda di Kaki Ini Tunjukkan Ada yang Tidak Beres dengan Kesehatan Organ Dalammu

Nurofia Fauziah

Leave a Comment