Travel

Situ Janawi di Kabupaten Majalengka, Tawarkan Pesona ‘Telaga Suci’ nan Jernih

SituJanawi merupakan satu sekian situ di KabupatenMajalengka yang menawarkan pesona alam yang asri, indah, dan unik. Danau atau SituJanawi dikelilingi pemukiman di sebelah selatan yang dibatasi perbukitan. LuasSitu Janawisekitar 1 hektare, berbentuk bulat dan mempunyai danau kecil di tengahnya.

Air DanauJanawi masih jernihtapisebagian permukaan danau ditutupi oleh tanaman air semisaleceng gondok. Bagi Anda yang merindukan suasana suasana alam di pedesaan, jangan lewatkan kesempatan pergi ke SituJanawi yang ada di KabupatenMajalengka ini. Danau yangada di DesaPayung, Kecamatan Rajagaluh, KabupatenMajalengka ini mampu mengobatikerinduan Anda terhadap suasana alam pedesaan. Aneka ragam pepohonan tumbuh hijau di sekitar SituJanawi.

Selain keindahannya,Situ Janawi sebenarnya punya daya tarik lain, yakni mata air. Sumber mataair SituJanawi diyakini bisa menyembuhkan beragam penyakit. Mata air inilah yang sebenarnya bernama Janawi.

Konon, Janawi berasal dari kata Janavhi atau telaga suci yang kabarnya merupakan tempat suci dari kerajaan Rajagaluh pada masa lalu. Mata air ini sangat jernih, keluar dari sela sela bebatuan di perbukitan. Tentunya dengan air yang bersih nan bening, sangat menggoda untuk bermain atau berenang.

Di salah satu sudut kolam yang dapat dibolehkan berenang terdapat perosotan yang menjadi daya tarik wisatawan. Menurut Kepala Desa Payung, Jamsa, perosotan itu merupakan hasil dana desa yang disalurkan untuk menambah wahana di Situ Janawi. Jamsa juga menyampaikan, SituJanawi merupakan satu satunya wisata yang dikelola oleh Desa setempat.

"Di DesaPayung ini memilikienam wisata alam namun hanya Situ Jawani yang dikelola oleh Desa," ujar Jamsa, Sabtu (31/8/2019). Fasilitas di SituJanawi juga termasuklengkap: ada area parkir kendaraan yang luas, musala, kamar mandi, penginapan, beberapa rumah makan dan warung, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk untuk menikmati SituJanawi ini tergolong murah, hanyamembayar Rp 10 ribu per orang,pengunjung dapat sepuasnya bermain di wisata air ini.

Selain itu, akses menuju ke objek wisata SituJanawi juga bisa dibilang mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Terminal Rajagaluh Anda langsung saja menuju DesaPayung. Dari Balai DesaPayung, lokasi Situ tersebut bisa ditempuh dengan hanya jalan kaki.

Berita Terkait

Icip Kuliner Unik Nasi Goreng Durian dan Mie Goreng Durian di Kedai Durian 911

Nurofia Fauziah

Panduan Transportasi, Harga Tiket dan Tips Liburan ke Candi Borobudur ala TribunTravel

Nurofia Fauziah

Itinerary Cappadocia Izmir Pamukkale 3 Hari 2 Malam, Cocok Untuk Solo Traveler

Nurofia Fauziah

Ke-Santuy-an Tahun Baru Ala Havana di Santika Garut

Nurofia Fauziah

Raffi Ahmad & Nagita Slavina Ajak Rafathar menuju Universal Studios Singapore Fans

Nurofia Fauziah

Ini Alur Pemeriksaan Calon Penumpang di Terminal 2 & 3 Bandara Soekarno-Hatta Selama Pandemi

Nurofia Fauziah

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Dicari di Google Tahun 2019

Nurofia Fauziah

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Instagramable di Singapura

Nurofia Fauziah

Rute & Waktu Terbaik Kunjungi Wisata Ranu Manduro Mojokerto

Nurofia Fauziah

10 Kuliner Khas yang Biasa Disajikan saat Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Nurofia Fauziah

6 Tips Mengemudi yang Aman Saat Cuaca Buruk, Perhatikan Jarak Pengereman

Nurofia Fauziah

3 Destinasi Wisata Paling Sepi di Dunia, Sangat Jarang Ditinggali Manusia di Tempat Ini

Nurofia Fauziah

Leave a Comment