Bisnis

Siapkan Nomor ID Pelanggan Cara Dapat Token Gratis PLN Kompensasi Covid-19 Login www.pln.co id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan terkait listrik gratis sebagai kompensasi di tengah pandemi virus corona atau Covid 19 yang melanda Indonesia. Mengutip esdm.go.id, Sabtu (4/4/2020) sebagai upaya mendukung kebijakan Presiden Jokowi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggratiskan biaya bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Bagi pelanggan prabayar, cara dapat token listrik gratis PLN yakni dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui login website PLN www.pln.co.id atau WA dengan nomor 08122 123 123.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Sementara bagi pelanggan pascabayar, secara otomatis PLN akan menggratiskan biaya listrik bulan April, Mei dan Juni. Tidak hanya bagi pelanggan 450 VA, PLN juga memberikan diskon 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Cara mendapatkan diskon 50 persen bagi konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA yakni dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui website PLN www.pln.co.id atau WA dengan nomor 08122 123 123. Secara otomatis biaya tagihan bagi pelanggan pascabayar akan terpotong 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

1. Buka www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan . 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. 3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 1. Buka Aplikasi WhatsApp. 2. Chat WhatsApp ke 08122 123 123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul. 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Selain itu juga dijelaskan, dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu, saat ini sekira 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. PLN menegaskan, proses ini akan selesai dalam sepekan ke depan. Hal tersebut agar seluruh digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka. Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu. "Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi," jelasnya.

Sementara baru baru ini, PLN melalui akun instagram resminya @pln_id membagikan cara bedakan pelanggan subsidi dan non subsidi. Berikut panduan yang diberikan PLN: Cek struk pembayaran sebelumnya.

Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan gratis listrik atau diskon. Namun, jika pada kolom Tarif/Daya kodenya adanya R1M/900, maka dipastikan tidak akan mendapat gratis atau diskon.

Berita Terkait

Pastikan Cara Bayar & Alamat Sesuai Pesta Diskon 11.11 Siap Dimulai

Nurofia Fauziah

BGR Logistics Jalin Kerjasama Strategis dengan PTP

Nurofia Fauziah

Indonesia Pertumbuhan Ekonominya Ranking 3 Patut Kita Syukuri Jokowi

Nurofia Fauziah

Pertamina Janjikan Kompensasi unruk Korban Tumpahan Minyak ONWJ di Karawang

Nurofia Fauziah

AICE Klaim Telah Perhatikan Kesehatan Buruh Hamil Jubir Serikat Buruh Sebut 13 Buruh AICE Keguguran

Nurofia Fauziah

Masterplan Ekonomi Syariah akan Ubah Pola Konsumsi Produk Halal di Indonesia

Nurofia Fauziah

Sri Mulyani Butuh Tambahan Utang hingga Rp 45 Triliun Per Pekan Biayai Defisit

Nurofia Fauziah

Tanpa Reformulasi Kebijakan Ekonomi Indonesia akan Tertinggal dari Negara Lain Akademisi

Nurofia Fauziah

Corporate Governance Asia Anugrahi BRI 3 Penghargaan Prestisius

Nurofia Fauziah

Reksadana Sinar Mas Aman Diperdagangkan Pasar Sempat Bergejolak

Nurofia Fauziah

Pemerintah Perlu Siapkan Stimulus Perekonomian CSIS

Nurofia Fauziah

Leave a Comment