Techno

Si Full Speed Flagship yang Cepat di Beragam Bidang Review realme X2 Pro

Aman dikatakan bahwa realme X2 Pro mengemas hardware terbaik yang saat ini tersedia untuk smartphone. Baik itu chipset, layar, baterai atau kamera, realme X2 Pro memberikan semuanya tetapi dengan harga yang lebih kompetitif. Didukung oleh Qualcomm Snapdragon 855+, RAM 12 GB dan ROM 256 GB, hingga layar Super AMOLED 6,5 inci dengan kecepatan refresh 90 Hz. Tidak seperti kebanyakan pesaingnya, realme X2 Pro pun memberikan kamera dengan konfigurasi quad camera di bagian belakang. Ditambah pada sektor baterai mendukung pengisian SuperVOOC Flash Charge dengan kekuatan pengisi daya 50 W. Smartphone ini penuh sesak dengan hardware smartphone terbaik (termasuk jack headphone 3,5 mm). Tetapi apakah realme X2 Pro benar benar berkinerja sebagus pesaing atau malah lebih baik? Mari kita bahas beberapa aspek secara rinci.

Sangat mudah untuk melihat dari mana inspirasi desain realme X2 Pro. Bagian belakang dan samping perangkat mengingatkan saya pada realme X. Mulai dari pemilihan warna khususnya warna putih di bagian belakang, ke area kamera yang ditempatkan secara terpusat, hingga bingkai yang kini menggunakan material aluminium yang melapisi sisi perangkat, keduanya pasti berbagi sejumlah DNA. Perbedaan utama di sini adalah bahwa bagian belakang realme X2 Pro sekarang lebih dari sekadar material plastik yang biasa realme gunakan, mengarah ke perangkat yang jauh lebih premium. Kaca belakang Corning Gorilla Glass 5 yang melengkung menciptakan nuansa ergonomis di tangan, dan berkat kaca depan yang datar, kejadian sentuhan yang tidak disengaja menjadi minimal terjadi. realme X2 Pro sendiri sangat mudah digenggam berkat sisi sisi yang sedikit meruncing, dan tidak terasa seperti akan jatuh terpeleset dari tangan dengan mudah. Tombol daya yang dipasang di sisi kanan dan tombol volume yang dipasang di sebelah kiri terasa sangat taktil dan solid. Realme mengikuti dan memberikan realme X2 Pro layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz. realme X2 Pro memiliki dimensi yang mirip dengan smartphone smartphone lain. Panel layarnya berukuran 6,5 inci secara diagonal dan bahkan mempertahankan poni gaya tetesan embun namun lebih kecil. Bezelnya tipis, dan panel layarnya memiliki resolusi Full HD+ sekaligus ditanamkan in display fingerprint.

Layar Super AMOLED selalu mampu mempertahankan kecerahan dengan warna yang kaya dan kontras tinggi. Tingkat kecerahan berikan tampilan optimal untuk di dalam ruangan, saat di luar ruangan bahkan di bawah sinar matahari langsung, membuat isi pada layar terbaca. Dapat dikatakan tampilannya yang sangat bagus, baik ketika memainkan Instagram atau menonton film di Netflix, pengalaman yang selalu menyenangkan. Kecepatan refresh 90Hz membuat animasi dan video terlihat lebih halus. Tetapi jika peduli dengan daya tahan baterai, dapat menurunkannya ke 60Hz. In Display Fingerprint nya pun cepat dan cukup akurat. Jarang meminta untuk mengulang verifikasi. Saat melakukan pemindaian sidik jadi, smartphone ini bahkan tidak membutuhkan waktu setengah detik untuk memverifikasi sidik jari. Smartphone yang menggunakan chipset unggulan dari Qualcomm jarang menampilkan masalah dalam hal kinerja. Hal itu berlaku juga pada realme X2 Pro dengan Snapdragon 855+. Beralih di antara aplikasi sangat mudah dan berjalan sangat mulus, begitu juga bergulir di sejumlah aplikasi termasuk situs web. Memperbesar dan memperkecil gambar tidak menampilkan jeda apa pun.

Kinerja gaming juga di kondisi yang sama, di mana judul judul game yang membutuhkan grafis amat tinggi seperti Asphalt 9: Legends berjalan dengan lancar dengan pengaturan rata kanan. Setelah bermain PUBG: Mobile selama setengah jam, bodi menjadi hangat tetapi tidak terlalu panas sehingga masih nyaman digenggam. Suhu permukaan pada panel belakang cukup sejuk untuk lanjut bermain lebih lama lagi. Manajemen daya pada chipset ini dipadukan dengan besaran RAM 12GB dan fitur optimisasi bawaan ColorOS nya semakin menegaskan keperkasaan kinerja realme X2 Pro ini, tidak hanya khusus bermain game dengan grafis berat namun sangat berjaya dalam multitasking sehari hari. Warna pada tampilan layar dapat disesuaikan menggunakan slider di menu Setting dan juga menyesuaikan parameter suhu tampilan. Meskipun dikatakan mendukung standar HDR10+, fitur itu saat ini baru didukung di video video YouTube saja.

Realme tidak sekadar memberikan hardware kamera yang bagus di sektor ini, tapi juga dari sektor software. realme X2 Pro tidak berkompromi dengan kameranya. Quad camera di bagian belakang ini memiliki kinerjanya baik dan bahkan bisa mengalahkan beberapa saingannya yang dibanderol dengan harga lebih mahal dalam beberapa aspek. Realme X2 Pro menyediakan kamera utama beresolusi 64 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1 dengan ukuran sensor 1/1,7 inci dan dipasangkan dengan lensa F1.8. Tidak sendiri, kamera ini disertai dengan kamera telefoto 13 MP yang menawarkan 2x optical zoom bersama dengan kamera ultra wide angle 8 MP. Ada juga kamera portrait 2 MP yang dipasangkan padanya. Di bagian depan, kamera 16 MP duduk di takik layar untuk kebutuhan selfie. Dengan kamera utama, foto di siang hari tampak cerah dan hidup. Algoritma realme mencoba untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara warna yang sangat cerah dan alami. Sebagian besar, hasil akhirnya terlihat bagus dan Anda bahkan mungkin tidak perlu mengedit sebelum mengunggahnya di Instagram atau Facebook.

Kemampuan zoom optik 2x standar menghasilkan foto yang jelas tanpa kehilangan faktor kontras warna dan kecerahan. Ketika diperbesar hingga 5x, gambarnya masih terasa tajam dan tidak kehilangan detail atau warna. Fitur yang satu ini membantu saat memotret di luar ruangan. realme mengatakan pengguna bisa melakukan zoom 20x tapi perlu diingat hal itu murni digital zoom. Ini adalah bentuk teknik zoom digital yang bagus asalkan pengguna menjaga tangan tetap stabil. Algoritma kamera akan memberi hasil foto yang jelas dengan detail yang layak dan warna yang kaya. Kamera ultra wide angle juga bisa mengambil foto yang tampak bagus dengan distorsi minimal pada bagian tepian. Namun, warna foto yang diambil dalam mode ini tampak pucat dibandingkan dengan foto foto dari kamera utama. Penyetelan mode portrait realme seperti biasanya presisi dengan deteksi tepi pada subjek dan level bokeh cukup baik. Fitur tambahan pada kamera belakang adalah perekaman video Ultra Steady, wide angle video dan bokeh video. Sementara pengambilan foto kamera depan sudah dtambahkan fitur Nightscape dan perekaman video bokeh yang didukung oleh penstabilan elektronik EIS.

Sementara kompetitor di kelasnya telah menerapkan teknologi pengisian cepat sendiri. realme kali ini mengemas charger daya 50W dan dapat mengisi daya ponsel hanya dalam 30 35 menit. Melalui animasi pengisian daya di mana tingkat persentase baterai ditampilkan pasti akan membuat setiap mata terbelalak. Butuh 11 menit untuk mencapai kapasitas 50 persen dan untuk terisi penuh hanya dibutuhkan waktu 34 menit. Jika lupa mengisi baterai smartphone X2 Pro semalam, cukup mencolokkannya saat melakukan rutinitas pagi. Pada saat selesai, katakan dalam 15 menit, akan didapatkan sekitar 61 persen kapasitas baterai untuk digunakan sepanjang hari. Lebih mengesankan adalah charger 50W ini sudah masuk ke dalam paket penjualan realme X2 Pro. Jadi apa pengalaman apa yang didapatkan dari realme X2 Pro? Secara garis besar, positif.

Layarnya besar, cerah, dan hidup, sedangkan refresh rate yang tinggi berarti tampilan terasa sangat halus saat dilihat. Kapasitas RAM yang murah hati juga memori penyimpanan dipastikan tidak akan mendapatkan masalah. Baterai cukup untuk bertahan seharian, dan teknologi pengisian cepat yang tak tertandingi memberi arti bahwa jika kehabisan daya, hanya butuh beberapa menit saja untuk kembali tersambung dengan smartphone jika lupa melakukan pengecasan. Secara keseluruhan, dan untuk harganya, realme X2 Pro adalah flagship killer yang sangat baik dari sebuah merek smartphone yang tergolong masih baru. Selama satu tahun perjalanannya di Indonesia, realme beberapa kali memberikan standar baru bagi smartphone terutama di segmen harga yang dimainkan olehnya. realme juga membuat beberapa kompetitor besar was was dalam mempertahankan eksistensi dalam peta percaturan smartphone di Tanah Air.

Melalui realme X2 Pro, realme seolah ingin membuktikan sebuah flagship sempurna dambaan pengguna smartphone di Indonesia yang memadukan antara kinerja, kualitas dan harga.

Berita Terkait

Cek Bocoran Smartphone Lipat Terbaru Ini Samsung Galaxy Z Flip Akan Hadir dengan Baterai 3300 mAh

Nurofia Fauziah

Yuk Nonton #WOWkustik & #WOWfromhome Bareng Smartfren Akhir Pekan di Rumah aja

Nurofia Fauziah

Samsung Sertakan Screen Protector Khusus di Tiap Kotak Pembelian Galaxy S10

Nurofia Fauziah

Berikut Keunggulannya Vivo S1 Pro Akhirnya Resmi Dijual di Indonesia

Nurofia Fauziah

Huawei Mate 20 Pro Menjadi Smartphone Terbaik di MWC Barcelona 2019

Nurofia Fauziah

FBI Curigai FaceApp sebagai Aplikasi Berbahaya Berasal dari Rusia

Nurofia Fauziah

Zoom Bantah Menjual Data Pribadi Penggunanya menuju Facebook

Nurofia Fauziah

Neil Patel & Jono Alderson Jadi Pembicara di Ajang SEO Conference 2020 Pakar SEO

Nurofia Fauziah

HP dengan Kapasitas Baterai 5000 mAh yang Rilis Besok Harga & Spesifikasi Redmi 8 & 8A

Nurofia Fauziah

Andalkan Google Maps ke Malang, Toyota Yaris Masuk Jurang Sedalam 25 Meter

Nurofia Fauziah

Internet Lemot Bikin Panik? Lakukan 4 Cara Mudah Ini!

Nurofia Fauziah

Sekarang Beli HP dari Luar Negeri Hanya Boleh Maksimal 2 Unit

Nurofia Fauziah

Leave a Comment