Nasional

Serahkan 3 Dokumen Mahfud Datang menuju DPR Bahas RUU HIP Mewakili Presiden Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama lima menteri lainnya berangkat menuju DPR RI, Kamis (16/7/2020). Kemudian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna H Laoly, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Sedangkan, satu menteri lain yang turut hadir adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Saya mewakili pemerintah membawa surat presiden hari ini," kata Mahfud. "Saya Menko Polhukam ditemani oleh Bapak Menteri Sekretaris Negara, Bapak Menteri Pertahanan." "Bapak Menteri Hukum dan HAM, Bapak MenPAN RB, dan Menteri Dalam Negeri," ucapnya.

Pemerintah mengeluarkan sikap resmi terkait polemik Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) disampaikan oleh Mahfud MD dalam bentuk surat ke DPR. Mahfud menyampaikan surat mewakili Presiden Jokowi terkait pembahasan RUU HIP.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan surat yang berisikan tiga dokumen diserahkan kepada Ketua DPR, Puan Maharani "Saya membawa surat presiden yang berisi tiga dokumen," papar Mahfud. "Satu, dokumen surat resmi dari presiden kepada ibu ketua DPR," jelasnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, dua dokumen lainnya khususmenjelaskanRancangan Undang undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Rancangan tersebut memangsebelumnya lebih dulu menyerap pandangan dari masyarakat. "Ada dua lampiran lain yang terkait dengan Rancangan Undang undang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang selama ini sudah ada," tuturnya.

"Isi Rancangan Undang undang ini memang dulu merespons perkembangan masyarakat tentang ideologi pancasila," ujar Mahfud. Hingga saat ini pembahasan perubahan RUU HIPmenjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU PIP) masih menjadi perbincangan hangat. Sebelumnya, pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan tokoh senior purnawirawan yang diwakili Try Sutrisno menjalin pertemuan.

Mereka mengadakan pertemuan untuk membahas terkait usulan perubahan RUU HIP menjadi RUU PIP. Dalam pertemuan tersebut disekapati terkait urgensi RUU PIP sebagai penguat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) agar pembinaan Pancasila dapat berjalan simultan. Meskipun RUU yang diusulkan DPR menuai kontroversi.

Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga menilai muatan RUU tersebut sebenarnya untuk memperkuat BPIP. “Tujuannya itu, bukan untuk mengubah isi isi sila Pancasila." "Ketika masuk ke badan legislasi kemudian ke MPR, itu pun isinya masih penguatan BPIP," kata Obsatar, dikutip dari .

Menurutnya, BPIP semestinya lahir bukan dari keputusan presiden melainkan Undang undang. Karena BPIP selama ini terbentuk dari Peraturan Presiden (Perpres) tahun 2018. Dengan demikian, Obsatar mengatakan, ketika presiden berganti maka keberadaan BPIP tetap diakui.

“BPIP akan tetap eksis menjadi sebuah lembaga kuat yang bertugas untuk menjaga ideologi negara. Ini sebenarnya isi awalnya,” ujarnya. Pasalnya, jika payung hukum BPIP tidak didasarkan pada Undang undang, pembinaan ideologi Pancasila akan tidak dapat berjalan berkesinambungan. Obsatar menyebut, pihaknya juga memastikan adanya indikator keberhasilan BPIP mampu menjaga eksistensi Pancasila di Indonesia.

Hal itu dilakukan dalam upaya memperkuat BPIP melalui RUU PIP. Ia menuturkan, keberhasilan BPIP tak dapat disamakan dengan lembaga lainnya yang bisa dinilai dari aspek fisik. “Artinya, harus diketahui bahwa dia (BPIP) ukurannya jangka panjang," terang Obsatar.

"Harus bersepakat dulu, pembinaan Pancasila akan menghasilkan generasi yang memiliki nilai nilai kemanusiaan, ketuhanan, dan musyawarahnya yang tinggi di masa yang akan datang,”tandasnya.

Berita Terkait

BIN Tidak Lagi di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam Sejak 3 Juli 2020

Nurofia Fauziah

857 Anak Dapat Remisi Sekaligus Ikut Program Sekolah Mandiri Merdeka Belajar

Nurofia Fauziah

8.406 Sembuh 1.698 Meninggal DATA TERKINI Pasien Positif Corona Bertambah 684 Menjadi 28.233 Orang

Nurofia Fauziah

Amnesty Internasional Desak Pemerintah Cabut Larangan LGBT Daftar CPNS

Nurofia Fauziah

Puan Maharani Beberkan Fakta Sebenarnya Megawati Dituduh Kesumat pada SBY lalu Berimbas menuju AHY

Nurofia Fauziah

Berikut Link Streaming SEDANG BERLANGSUNG TVRI Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3 Materi Bilangan

Nurofia Fauziah

Kombes Argo Yuwono Akan Jabat Karopenmas Divisi Humas Polri Gantikan Brigjen Dedi Prasetyo

Nurofia Fauziah

BMKG Catat 2 Gempa Guncang Pangandaran & Melonguane pada Jumat Malam

Nurofia Fauziah

Masyarakat Diimbau Pakai Masker Kain Saat di Luar Rumah Bisa Tangkal Virus Corona hingga 70 Persen

Nurofia Fauziah

KPK Terus Pertajam Informasi Hubungan Tin Zuraida dengan Kardi

Nurofia Fauziah

Kata Sherina Munaf Tanggapan Menkes hingga Respons Kementan Polemik Kalung Antivirus Corona

Nurofia Fauziah

Pidato Jokowi pada Peringatan HUT Polri Mendapat Apresiasi Sejumlah Kalangan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment