Internasional

Sepatu Nike yang Sudah Usang Ini Jadi Sepatu Termahal, Laku Dijual Rp 6,1 Miliar

Sepatu yang sekilas seperti sepatu usang ini laku dengan harga miliaran rupiah. Adalahsepasang sepatu Nike keluaran tahun 1972 sukses memecahkan rekor dunia untuk penjualan termahal. Sepatu Nike seri "Moon Shoe" yang rilis lebih dari 40 tahun lalu berhasil terjual hingga 437.500 dollar AS atau lebih dari Rp 6,1 miliar dalam lelang yang digelar rumah lelang Sotheby's, pada Selasa (23/7/2019).

Hasil penjualan itu jauh melebihi perkiraan awal penjualan yang dipatok hanya sebesar 160.000 dollar AS (sekitar Rp 2,2 miliar) oleh rumah lelang. "Penjualan sepatu itu memecahkan rekor sebelumnya sebesar 190.373 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar) yang dicapai pada lelang tahun 2017." "Nilai itu untuk lelang sepasang sepatu Converse bertanda tangan yang dikenakan Michael Jordan dalam final basket Olimpiade 1984," kata rumah lelang Sotheby's yang bermarkas di New York, dalam pernyataannya.

Pemenang lelang sepatu Nike "Moon Shoe" itu adalah seorang kolektor asal Kanada, Miles Nadal, yang menawar secara online. Nadal juga adalah kolektor yang membeli hingga 99 pasang sepatu langka yang dilelang pekan lalu. "Saya sangat senang bisa mendapatkan sepatu Nike Moon Shoe yang ikonik. Ini merupakan salah satu sepatu paling langka yang pernah diproduksi dan menjadi artefak sejarah sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop," ujar Nadal, dikutip AFP.

Salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman merancang sepatu balap datar "Moon Shoes" yang dibuat khusus untuk para pelari dalam uji coba Olimpiade 1972. Rumah lelang Sotheby's mengatakan bahwa hanya ada sekitar 12 pasang sepatu Moon Shoe yang diproduksi Nike dan set yang terjual dalam lelang Selasa adalah "salah satu dari segelintir pasangan yang diketahui ada". "Kami sangat gembira sepatu Nike Moon Shoe yang ikonik mencapai lebih dari dua kali lipat rekor pelelangan dunia sebelumnya," kata kepala e commerce global Sotheby's, Noah Wunsch.

Rumah lelang tersebut bekerja sama dengan Stadium Goods telah melelang 100 pasang sepatu paling langka yang pernah dibuat. Nadal yang berusia 61 tahun menghabiskan 850.000 dollar AS (sekitar 11,9 miliar) untuk membeli 99 di antaranya secara pribadi pekan lalu, dengan penyelenggara menahan Moon Shoe untuk penjualan publik. Setelah memenangkan pembelian untuk 100 pasang sepatu langka tersebut, Nadal berencana untuk menampilkan di museum pribadinya di Toronto.

Berita Terkait

Viral Pemilik Butik Terancam Dipenjara Setahun karena Pemotretan Gaun Pengantin di Pemakaman

Nurofia Fauziah

Sempat Ancam hingga Korban Takut Melapor Guru Hukum Siswa Makan Sampah

Nurofia Fauziah

PM Inggris Dikritik Karena Taruh Kakinya di Atas Meja Saat Ngobrol dengan Presiden Perancis

Nurofia Fauziah

Pelakor Tawar Segini Berakhir Damai! Istri Malah Jual Suami Seharga 300 Juta Suaminya Selingkuh

Nurofia Fauziah

Insiden Penembakan di Festival Makanan California, Seorang Saksi Mata Awalnya Mengira Kembang Api

Nurofia Fauziah

Selamat Hari Down Syndrome Sedunia! Yuk Simak Sejarah Hari Down Syndrome

Nurofia Fauziah

Ada yang Seperti Pintu Menuju Dunia Bawah Tanah 6 Lubang Dalam & Besar Paling Mengerikan di Dunia

Nurofia Fauziah

Pemilik RS di Bangladesh Ditangkap Polisi Palsukan Ribuan Tes Covid-19 Jadi Negatif

Nurofia Fauziah

Seorang Remaja Tewas demi Selfie Bagus, sebelumnya Panjat Tiang Listrik 30 M dan Terjatuh

Nurofia Fauziah

Malaysia Larang Warganya Gelar Kunjungan di Hari Kedua Idul Fitri

Nurofia Fauziah

Gus Yaqut Kaget Kegiatan DTD Diikuti Antusias Ratusan Peserta Mahasiswa Universitas Al Azhar

Nurofia Fauziah

Kim Jong Un Desak Bawahannya Tingkatkan Kewaspadaan Klaim berhasil Cegah Covid-19

Nurofia Fauziah

Leave a Comment