Nasional

Segera Cetak Kartu 20 Juni 2020 Hari Terakhir Pendaftaran Sabtu Cara Daftar UTBK-SBMPTN 2020

Berikut cara mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 yang sebentar lagi akan berakhir. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 akan ditutup malam ini, pukul 22.00 WIB, Sabtu (20/6/2020). Bagi siswa yang belum selesai proses pendaftarannya, dianjurkan untuk segera menyelesaikannya sampai tahap cetak kartu.

Siswa dapat mengakses laman <a> portal.ltmpt.ac.id </a> untuk melakukan proses pendaftaran. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan semua data terinput dengan benar. Hingga pukul 12.39 WIB, Sabtu (20/6/2020), tercatat sudah ada 692.126 peserta yang menyelesaikan pendaftaran hinggacetak kartu.

Melalui media sosial Instagram, @ltmptofficial menyampaikan informasi mengenai jumlah peserta pendaftaranUTBK SBMPTN 2020. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis perubahan jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 di laman resminya, Perubahan itu sesuai Surat Edaran Tim Pelaksanaan LTMPT Nomot 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan.

Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Setelah mengikuti tes, pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan diberitahukan pada 25 Juli 2020. Lalu, bagaimanan cara daftar, biaya hingga syarat pendaftaranUTBK SBMPTN 2020?

Untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK. PendaftaranUTBK SBMPTN 2020, Tipe Pendaftaran Berbayar: 1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun:

(a) Tahap I (2 Desember 2019 10 Januari 2020) atau (b) Tahap II (17 Februari 5 April 2020). 2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman 3. Memilih menu Pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe A.

4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes. 5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan). 6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:

Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).

7.Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK SBMPTN. 8.Membayar biaya mengikuti UTBK SBMPTN melaluisatu di antarabank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman

Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal. 9.Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman Dimaksudkan untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK SBMPTN.

10. Mengisi jenis jurusan SMTA. 11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).

12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio). 13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen. 14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020, Tipe Tidak Berbayar: 1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun:

(a) Tahap I (2 Desember 2019 10 Januari 2020) atau (b) Tahap II (17 Februari 5 April 2020). 2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman 3. Memilih menu Pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe B.

4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes. 5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan). 6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:

Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).

7. Mengisi jenis jurusan SMTA. 8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).

9. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio). 10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen. 11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 150 ribu. Kecuali peserta yang sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK.

Berita Terkait

Pemerintah Cegah Terjadinya Konflik Terkait Pelarangan Rayakan Natal di Kabupaten Dharmasraya

Nurofia Fauziah

Ancam Copot Menteri yang Lelet Tangani Dampak Pandemi Corona Jokowi Isyaratkan Reshuffle Kabinet

Nurofia Fauziah

Negara Tidak Sedang Terancam Teror Diskusi UGM Kriminolog UI

Nurofia Fauziah

Minta Bantuan Sosial Tunai Dibagikan Sebelum Lebaran Mensos Curhat Jokowi Hampir Tiap Hari Telepon

Nurofia Fauziah

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 15 Desember 2019 Hujan Lebat Disertai Petir di Sejumlah Wilayah BMKG

Nurofia Fauziah

Tertular dari Warga Jepang hingga Kondisi Terkini Fakta-fakta Dua WNI yang Terjangkit Virus Corona

Nurofia Fauziah

Isu Geng Solo Tidak Usah Direspon Kontroversi Irjen Nana Jadi Kapolda Metro Pengamat

Nurofia Fauziah

Prima Intisari Perkasa Hadirkan Secara Eksklusif Puente Austral menuju Indonesia

Nurofia Fauziah

Ketua KPU Beberkan Kronologi Wahyu Setiawan Gagal Terbang menuju Bangka Belitung Hingga Hilang Kontak

Nurofia Fauziah

Jangan Gigit Orang yang betul Kalau Salah Silahkan Gigit Pesan Jokowi di Rakornas Indonesia Maju

Nurofia Fauziah

Ketua DPR Puji Presiden Jokowi Pakai Baju Adat di Setiap Agenda Kenegaraan

Nurofia Fauziah

Kepolisian Mengaku Belum Mendapat Surat Pemberitahuan PA 212 Akan Gelar Reuni Akbar 2 Desember 2019

Nurofia Fauziah

Leave a Comment