Metropolitan

Rutan Depok Usul 850 Tahanan Dapat Remisi Khusus Idul Fitri

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Depok mengusulkan sebanyak 850 tahanan alias Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1440 Hijriyah. Artinya, setengah dari total 1.600 penghuni Rutan Kelas IIB Depok berkesempatan mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Kepala Rutan Kelas IIB Depok Bawono Ika Sutomo mengatakan ratusan nama tahanan telah disodorkan kepada Kementerian Hukum dan HAM, sebagai pihak yang berwenang mengabulkan atau menolak usulan remisi itu.

"Dari 850 WBP yang diusulkan dapat remisi, 14 di antaranya bisa langsung bebas (RK II), dan sisanya pengurangan sebagian (RK I)," ujar Bawono kepadaWarta Kotasaat buka puasa bersama WBP dan keluarga WBP di Rutan Kelas IIB Depok, Cilodong, Rabu (29/5/2019). Bawono menjelaskan, ke 850 nama dari total 1.600 tahanan itu diusulkan menerima remisi karena memenuhi syarat, yakni berkelakuan baik dan telah menjalani pidana minimal enam bulan. "Biasanya Kemenkum HAM akan membacakan keputusannya usai salat Idul Fitri. Kita tunggu saja," katanya.

Sementara itu, buka puasa antara WBP dan keluarganya tersebut berlangsung dengan suasana kegembiraan. Menurut Bawono, tiap kali Bulan Ramadan tiba, Rutan Kelas IIB Depok rutin memberikan kesempatan kepada WBP untuk berbuka puasa bersama dengan keluarga masing masing. Berdasarkan data Rutan Kelas IIB Depok, buka bersama itu diikuti 607 orang, yang terdiri dari 429 pengunjung dan 178 orang WBP Blok A.

Menurutnya, buka puasa bersama ini merupakan perwujudan tugas dan fungsi pemasyarakatan dalam membina WBB sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak WBP melalui kegiatan kunjungan. Kegiatan itu juga bertujuan memberikan kesempatan kepada WBP untuk dapat berkumpul dan melepas Rindu dengan keluarga tercinta pada momentum ibadah puasa bersama di Bulan Suci Ramadan, serta memeriahkan dan mengagungkan Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriyah. Acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an, sambutan Kepala Rutan, penampilan kolaborasi Tim Hadroh dan musik etnik, bimbingan rohani melalui tausiyah keagamaan, buka puasa bersama, salat Magrib berjamaah, serta ramah tamah WBP dengan keluarga.

Pelaksanaan pengamanan kegiatan tersebut didukung oleh jajaran instansi TNI Polri. (gps)

Berita Terkait

Antusias Pertama Kali Mencoba Bus Listrik Milik TransJakarta

Nurofia Fauziah

Eggi Sudjana Dirawat di RS Cibinong Alami Kecelakaan Tunggal di Cibinong

Nurofia Fauziah

Layanan MRT Jakarta Digratiskan Karena Tapping dan Pembelian Tiket Lama

Nurofia Fauziah

Raih 81 Suara Ahmad Riza Patria Terpilih Sebagai Wagub DKI BREAKING NEWS

Nurofia Fauziah

Pakai Rompi Oranye hingga Membersihkan Kuburan Satpol PP Siapkan Sanksi Pelanggar PSBB

Nurofia Fauziah

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di Jakarta dan Bekasi pada Hari Ini, Ada yang Pasutri

Nurofia Fauziah

Warga Kampung Buaran Ramai-ramai Berjemur di Atas Rel Kereta Cegah Virus Corona

Nurofia Fauziah

Guru Bimbel Merudapaksa Muridnya Selama 2 Tahun, Mengaku Pernah Jadi Korban Hingga Bukti Fisik

Nurofia Fauziah

Warga Kampung Duri Semanan Kalideres di Posko Pengungsian Masih Kesulitan Air Bersih

Nurofia Fauziah

Peringati Hari Kartini, Polwan Gelar Atraksi Kolone Senjata di Arena Car Free Day

Nurofia Fauziah

3 Kali Dikasih Hadiah Yunarto Wijaya Komentari Banjir Jakarta Beri Ucapan menuju Anies Baswedan

Nurofia Fauziah

Warga & Anak Bu RT Jadi Tersangka Polisi Berkelahi soal Pembagian Sembako

Nurofia Fauziah

Leave a Comment