Sains

Riset Arief tentang Skema Artificial Intelegent (AI) yang Digunakan dalam Konsep Smart City

Arief Barkah, Pakar AI asal Indonesia mengeluarkan riset mengenai skema Artificial Intelegent (AI) dapat digunakan dalam konsep Smart City. Arief, dalam risetnya, mencoba mendesign AI algorithms and systems yang mampu menampung dan memproses big data yang datang dari berbagai sumber dengan struktur yang berbeda yaitu data cuaca, data sensor dan data berupa natural language dari sosial media. “Penduduk di Smart City juga menghasilkan data yang sangat besar (Big Data) dari penggunaan sosial media. Tidak jarang kita bisa melihat warganet melaporkan situasi di jalanan berupa kecemacetan, kecelakaan dan informasi informasi mengenai kemacetan lainnyamelalui sosial media,” kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (5/3/2019) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masuk dalam daftar predikat ‘Top 50 Smart City Government 2018’ dan meraih peringkat ke 47 Smart City Government dari 140 kota di dunia. Hal ini diimplementasikan melalui konsep Smart City di Jakarta yang dibuat berdasarkan enam pilar, yaitu Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. Konsep Smart Mobility menjadi hal yang paling penting saat penerapan Smart City. Dalam konsep ini, penerapan Artificial Intelegent (AI) sangat dibutuhkan. Apalagi, mobilitas masyarakat di Jakarta sangat tinggi.

Lebih lanjut, Arief menjelaskan sistem AI ini juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi di Smart City, seperti bertambahnya jumlah pengemudi dan jumlah jalan. Sistem ini juga harus mampu memprediksi keadaan jalanan tidak hanya beberapa langkah di depan tapi juga memprediksi keadaan di masa depan. “Kesimpulannya, output dari riset studi S3 saya berupa sistem yang cukup umum untuk diaplikasikan di kota kota yang berbeda. Sistem ini akan sangat membantu penduduk di Smart City untuk kehidupan sehari2 hari mereka, dan membantu pemerintah untuk merencanakan pembangunan infrastruktur transportasi di kota tersebut. Yang penting,sistem ini akan sangat berguna untuk merealisasikan smart smart yang lain untuk terciptanya Smart City,” jelasnya. Arief saat ini bekerja sebagai Senior AI Scientist di General Motors Canada di bawah Departement Innovation and Advanced Technolgy. Advanced Technology adalah sebuah jembatan dari riset dan pengembangan menuju implementasi di produksi.

Kalau untuk riset dan pengembangan, lanjutnya, teknologi yang dikembangkan biasanya untuk 10 15 tahun kedepan, sedangkan advanced technology mengembangkan teknologi untuk 3 5 tahun kedepan. “Saat ini saya bertanggung jawab untuk mengembangkan beberapa AI teknologi untuk efisiensi operasional dan beberapa fitur baru di mobil yang akan datang,” tegasnya

Berita Terkait

Waktunya Telur Menetas Ternyata Ini Penyebab Banyaknya Muncul Ular Kobra di Akhir Tahun 2019

Nurofia Fauziah

Saat Eksekusi Tindih Kaki Korban Selingkuh dengan Tersangka Soal Istri Hakim PN Medan yang Tewas

Nurofia Fauziah

Kisah Penjelajah Minta Bantuan Sultan Kutai untuk Mencari Ras Manusia Berekor di Kalimantan

Nurofia Fauziah

Kabar Potensi Tsunami di Selatan Jawa Viral, Fakta dari BMKG Hingga BNPB Bagi Rumus Menghadapinya

Nurofia Fauziah

Waspada Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi Prakiraan Cuaca BMKG 5 12 Januari 2019 di Indonesia

Nurofia Fauziah

The Nature Conservancy Ajak Warga Jakarta Lebih Banyak Tanam Pohon buat Tekan Polusi Udara

Nurofia Fauziah

Kisah Bayi Terkecil Seberat 245 Gram Bernama Saybie yang Sanggup Bertahan Hidup

Nurofia Fauziah

Pada Waktu Ini Bakal Terjadi Sesuatu Para Pakar Prediksi Masa Puncak Virus Corona di Indonesia

Nurofia Fauziah

Ini 5 Cara Cegah Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan dan Banjir Teror Ular di Mana mana

Nurofia Fauziah

5 Fenomena Gerhana Matahari Total yang Pernah Terjadi di Indonesia, Tahun 1983 Paling Mencekam

Nurofia Fauziah

Ini Dia Drone Yang Hampir Memicu Perang AS Iran, Lihat Kehebatan Dan Harganya

Nurofia Fauziah

Begini Penjelasan Ilmiah Kenapa Wisatawan Bisa Terseret ‘Ombak Pembunuh’ di Pantai Selatan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment