Nasional

Respons Dubes China buat Indonesia Sikapi Kasus Pelarungan Jenazah ABK WNI Dari Kapal Ikan Tiongkok

– Kedutaan Besar (Kedubes) China di Jakarta memberikan tanggapannya terkait kasus kasus pelarungan dan dugaan perbudakan yang dialami anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di kapal ikan berbendera Tiongkok. Diketahui, setelah ramai pemberitaan pelarungan jenazah ABK WNI di Kapal Long Xin 629, kasus serupa juga terjadi di Kapal Luqing Yuan Yu 623. Satu ABK WNI berinisial H jenazahnya dilarung di laut.

Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri Republik Indoneisa (Kemlu RI), jenazah H dilarung disekitar perairan Somalia. Dalam keterangan Rabu (20/5/2020) pihak China sangat konsen dengan masalah yang melibatkan ABK WNI di kapal tersebut. Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan proses investigasi yang kompehensif.

“Tiongkok sangat mementingkan masalah yang melibatkan ABK WNI di sebuah kapal perikanan, sedang menjaga komunikasi erat lewat jalur bilateral, dan sudah memberitahukan pihak Indonesia mengenai hasil investigasi dasar,” ujarnya. Kedubes China juga akan mendorong pihak perusahaan mupun principal dari ABK WNI tersebut memenuhi tanggung jawab serta menjaga komunikasi. Agar masalah terkait ABK Indonesia dapat segera diselesaikan.

“Tiongkok berkenan bersama pihak Indonesia untuk terus mendorong pihak pihak yang relevan menjalankan tanggung jawab masing masing dan menjaga komunikasi secara proaktif, agar masalah yang terkait dapat diselesaikan secepat dan sebaik mungkin berdasarkan hukum dan peraturan serta kontrak komersial,” katanya. Diketahui peristiwa pelarungan jenazah H terjadi pada tanggal 16 Januari 2020 di perairan Somalia. “Pada saat tanggal 16 tersebut almarhum diketahui oleh rekan para ABK WNI pada saat dibangunkan yang bersangkutan sudah meninggal dunia tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa penyebab kematian,” ujar Direktur Perlindungan WNI, Kemlu RI, Judha Nugraha.

Almarhum H dikabarkan diberangkatkan oleh PT MTB, sebagai manning agency yang berkantor di Jawa Tengah. Judha menyebut Indonesia lewat perwakilannya di Beijing telah berkoordinasi dengan otoritas China untuk meminta penyelidikan lebih lanjut mengenai peristiwa kematian tersebut termasuk penyebab pelarungan.

Berita Terkait

Komisi I DPR Minta Aparat Bertindak Cepat Redakan Gejolak di Papua

Nurofia Fauziah

Dilengkapi Flight Simulator & Pabrik Pengolahan Ikan Kediaman Susi Pudjiastuti di Pangandaran

Nurofia Fauziah

Sikap PAN menuju Pemerintah Sebagai Mitra Kritis Silahturahmi Virtual dengan Pengurus Daerah Zulkifli

Nurofia Fauziah

Harapan WP KPK Calon Kapolri Komjen Idham Prioritaskan Kasus Novel dalam 100 Hari Kerja

Nurofia Fauziah

Mendes PDTT Kunjungi Menteri Tito di Kemendagri Bahas Optimalisasi Dana Desa

Nurofia Fauziah

Kemenhub Tegaskan Tak akan Hentikan Operasional KRL 6 Penumpang Positif Corona

Nurofia Fauziah

Para Serikat Pekerja Bacakan Pernyataan Sikapnya Menyikapi Kegaduhan di Garuda Indonesia

Nurofia Fauziah

Pemberian THR Pejabat UNJ Kepada Pejabat Kemendikbud Tanpa Sepengetahuan si Penerima

Nurofia Fauziah

16 Persen Didominasi Kejahatan Jalanan Kriminalitas Meningkat 4 ‎Pasca Lebaran

Nurofia Fauziah

Rebutan Senjata Contohkan Kengerian yang Terjadi karena Lockdown Mahfud MD

Nurofia Fauziah

Jika Nunggak Pembayaran BPJS Kesehatan Dendanya Juga Bertambah 5 Persen Sudah Iuran per Bulan Naik

Nurofia Fauziah

Pakar Ekonomi Nilai Kenaikan BPJS di Masa Pandemi Perlu Ditinjau Kembali

Nurofia Fauziah

Leave a Comment