Nasional

Respons Dubes China buat Indonesia Sikapi Kasus Pelarungan Jenazah ABK WNI Dari Kapal Ikan Tiongkok

– Kedutaan Besar (Kedubes) China di Jakarta memberikan tanggapannya terkait kasus kasus pelarungan dan dugaan perbudakan yang dialami anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) di kapal ikan berbendera Tiongkok. Diketahui, setelah ramai pemberitaan pelarungan jenazah ABK WNI di Kapal Long Xin 629, kasus serupa juga terjadi di Kapal Luqing Yuan Yu 623. Satu ABK WNI berinisial H jenazahnya dilarung di laut.

Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri Republik Indoneisa (Kemlu RI), jenazah H dilarung disekitar perairan Somalia. Dalam keterangan Rabu (20/5/2020) pihak China sangat konsen dengan masalah yang melibatkan ABK WNI di kapal tersebut. Dubes China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan proses investigasi yang kompehensif.

“Tiongkok sangat mementingkan masalah yang melibatkan ABK WNI di sebuah kapal perikanan, sedang menjaga komunikasi erat lewat jalur bilateral, dan sudah memberitahukan pihak Indonesia mengenai hasil investigasi dasar,” ujarnya. Kedubes China juga akan mendorong pihak perusahaan mupun principal dari ABK WNI tersebut memenuhi tanggung jawab serta menjaga komunikasi. Agar masalah terkait ABK Indonesia dapat segera diselesaikan.

“Tiongkok berkenan bersama pihak Indonesia untuk terus mendorong pihak pihak yang relevan menjalankan tanggung jawab masing masing dan menjaga komunikasi secara proaktif, agar masalah yang terkait dapat diselesaikan secepat dan sebaik mungkin berdasarkan hukum dan peraturan serta kontrak komersial,” katanya. Diketahui peristiwa pelarungan jenazah H terjadi pada tanggal 16 Januari 2020 di perairan Somalia. “Pada saat tanggal 16 tersebut almarhum diketahui oleh rekan para ABK WNI pada saat dibangunkan yang bersangkutan sudah meninggal dunia tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa penyebab kematian,” ujar Direktur Perlindungan WNI, Kemlu RI, Judha Nugraha.

Almarhum H dikabarkan diberangkatkan oleh PT MTB, sebagai manning agency yang berkantor di Jawa Tengah. Judha menyebut Indonesia lewat perwakilannya di Beijing telah berkoordinasi dengan otoritas China untuk meminta penyelidikan lebih lanjut mengenai peristiwa kematian tersebut termasuk penyebab pelarungan.

Berita Terkait

Nyoblos Pilpres 2019 Ditemani ‘Ajudan Pribadi’, Veronica Tan : Si Ganteng Selalu Jagain Saya

Nurofia Fauziah

Kata Sherina Munaf Tanggapan Menkes hingga Respons Kementan Polemik Kalung Antivirus Corona

Nurofia Fauziah

SD Kelas 4-6 Papua Hidup di Rumah Luas Soal & Jawaban Apa Maksud Anak-anak di Hutan Wasur

Nurofia Fauziah

Bentuk Tim Evakuasi dari Pertamina hingga Adi Karya BUMN Bergerak Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Nurofia Fauziah

Ketua KPU Beberkan Kronologi Wahyu Setiawan Gagal Terbang menuju Bangka Belitung Hingga Hilang Kontak

Nurofia Fauziah

Hilal Awal Syawal Belum Terlihat di Wilayah Indonesia Kemenag

Nurofia Fauziah

Evi Novida Siap Bekerja Selenggarakan Pilkada Minta Status Keanggotaan Dipulihkan

Nurofia Fauziah

Akademisi IPB Apresiasi Menteri Pertanian Benahi Data Pangan

Nurofia Fauziah

dan Jepang Akan Masuk Indonesia Korsel Luhut Optimis Turis dari China Jika Corona Berlalu

Nurofia Fauziah

Mereka Anak Muda yang Cerdas Belva Devara & Andi Taufan Mundur dari Stafsus Jokowi

Nurofia Fauziah

Itu Urusan Kejaksaan Biar Bertanggung Jawab Sendiri Mahfud MD Enggan Tanggapi Kasus Novel Baswedan

Nurofia Fauziah

Sang Pria Tertipu Mempelai Wanita Jadi-jadian Skandal Pernikahan Aneh Ini Akhirnya Terkuak

Nurofia Fauziah

Leave a Comment