Bisnis

Rencana Relokasi Investasi Momentum RI Benahi Kebijakan Insentif Indef

Rencana perusahaan perusahaan global yang akan merelokasi pabrik dan investasinya dari China ke negara Asia Tenggara menjadi peluang bagi Indonesia. Peneliti ekonomi Indef, Enny Sri Hartati mengatakan relokasi investasi dari China ini harus menjadi momentum bagi Indonesia untuk serius melakukan perbaikan berbagai kebijakan pro investasi. “Investor sudah tahu Indonesia ibarat gadis cantik, tapi persoalannya adalah bagaimana minat investor untuk berinvestasi itu terealisasi.

Minat investasi itu harus segera direspons stakeholder. Birokrasinya harus dibuat tidak berbelit dan memudahkan maupun memenuhi kebutuhan industri,” kata Enny dalam keterangan Rabu (24/6/2020). Melihat data BKPM, realisasi penanaman modal asing (PMA) yang masuk ke Indonesia pada kuartal I 2020 mengalami penurunan hingga 9,2 persen dibandingkan kuartal I 2019.

Investasi di sektor sekunder yang mencerminkan investasi di sektor manufaktur juga terus menurun. Padahal, di awal tahun sudah banyak perusahaan yang mulai merelokasi investasinya dari China. “Kalau tidak salah ada sekitar 34 industri asal AS yang sudah shifting investasinya ke negara negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, dan beberapa negara lain. Tapi tidak satu pun yang masuk ke Indonesia,” terang Enny.

Dia menyarankan para pembuat kebijakan harus benar benar menangani kendala kendala utama di bidang investasi sehingga pada periode atau gelombang berikutnya, Indonesia dapat menjadi salah satu tujuan relokasi investasi dari China tersebut. Pemerintah bisa mencontoh kebijakan yang diterapkan Vietnam dalam menarik investasi masuk ke negaranya. Pemerintah Vietnam memberikan kemudahan regulasi bagi investasi, biaya ekspor yang lebih efisien hingga infrastruktur yang dipersiapkan untuk mendukung industri.

“Kalau itu bagus, kenapa kita tidak copy paste saja, ini lebih kepada soal keinginan pemerintah, mau berubah atau tidak,” ujar Enny. Pemerintah Indonesia sebetulnya sudah mengeluarkan beberapa kebijakan ramah investasi seperti Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 150 Tahun 2018 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan Badan untuk produk inovatif. Kemudian, kebijakan super tax deduction untuk kegiatan riset dan pengembangan melalui Peraturan Pemerintah PP Nomor 45 Tahun 2019.

Namun, dari beberapa insentif tersebut, baru insentif super deductible tax atas vokasi yang sudah dikeluarkan aturan teknisnya. Sedangkan aturan teknis untuk pemanfaatan fasilitas super deductible tax atas riset dan investment allowance belum juga rampung. Selain insentif yang telah dirilis, pemerintah juga perlu mengeluarkan insentif lain untuk mendorong minat investor merealisasikan investasinya segera di Indonesia.

Selain soal pajak, penerapan tarif cukai yang sesuai agar tercipta basis konsumen, dan pembebasan bea masuk untuk impor peralatan juga bisa diberikan sebagai insentif. Insentif tersebut juga sebaiknya bersifat fleksibel atau tailor made, karena tentu kebutuhan dari masing masing industri berbeda beda.

Berita Terkait

DPR Minta Sawit Masuk dalam Perjanjian IEU-CEPA

Nurofia Fauziah

BTN Optimistis Bisa Lewati Target Laba di RBB 2020 Kantongi Laba Rp 768 Miliar di Semester I 2020

Nurofia Fauziah

Hadiah Undian Senilai Total Rp 8 Miliar Bagi Pelanggan yang Beruntung

Nurofia Fauziah

Pura Trans Akan Ipo Akhir Tahun Bidik Dana Segar Rp 195 Miliar

Nurofia Fauziah

Adroady Perluas Jangkauan Iklan Digital Mobile Menggunakan Armada Sepeda Motor

Nurofia Fauziah

Konsumen Semakin Kritis dalam Melihat Potensi Pertumbuhan Investasi

Nurofia Fauziah

Siapkan Nomor ID Pelanggan Cara Dapat Token Gratis PLN Kompensasi Covid-19 Login www.pln.co id

Nurofia Fauziah

Sriwijaya Air Ingin Akhiri Kerja Sama dengan Garuda Apa Kata Menhub

Nurofia Fauziah

AirAsia Indonesia Kembali Beroperasi dari 19 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Program UMKM Naik Kelas & Modernisasi Koperasi Serta UKM Ekspor Jadi Fokus Menteri Teten Braman

Nurofia Fauziah

Simak Cara Daftar & Syaratnya Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka 26 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Seperti Ini Persyaratannya Debitur Ultra Mikro Dijanjikan Relaksasi Kredit

Nurofia Fauziah

Leave a Comment