Superskor

Rekor Billy Keraf di Liga 1 2017 yang Dipecahkan Gian Zola Statistik Persib Bandung

Nama Billy Keraf, sempat mencuri perhatian Bobotoh dalam gelaran Liga 1 2017. Kala itu, berseragam Persib Bandung, ia sempat mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda bagi Maung Bandung. Saat ini, Billy Keraf bermain untuk tim Kalteng Putra di gelaran Liga 2 2020.

Dia mencetak gol pada usia 19 tahun, 11 bulan dan 26 hari. Namun, rekor itu tidak bertahan lama karena Gian Zola Nasrulloh mematahkannya kurang dari tiga pekan berikutnya. Zola mencetak gol saat Persib Bandung menjamu Pusamania Borneo FC pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20 Mei 2017. Saat mencetak gol, Zola masih berusia 18 tahun, 9 bulan, 5 hari.

Rekor tersebut akan sulit terpecahkan pada musim 2020. Sebab usia pemain termuda saat ini, Beckham Putra Nugraha sudah 18 tahun 6 bulan, sementara Liga 1 2020 sedang ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan. Selain Zola dan Billy, sejak ISL 2014, belum ada pemain Pangeran Biru yang mencetak gol pada usia di bawah 20 tahun.

Sejak bergabung di usia belia, Gian Zola sudah membuktikan kapasitas dirinya di Persib Bandung. Bahkan, penampilan apiknya, sukses membawa kakak dari Beckham Putra ini menembus Timnas Indonesia U 23. Nama Gian Zola Nasrulloh masih memegang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Persib Bandung.

Gelandang asal Bandung ini mencetak gol pertamanya untuk Persib Bandung di kompetisi resmi saat usianya masih 18 tahun. Zola mencetak gol saat Persib Bandung menjamu Pusamania Borneo FC pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20 Mei 2017. Saat mencetak gol, Zola masih berusia 18 tahun, 9 bulan, 5 hari.

Dia berhasil melewati rekor rekan setimnya saat itu, Fulgensius Billy Paji Keraf yang mencetak gol pada usia 19 tahun, 11 bulan, 25 hari. Rekor tersebut pun nampaknya akan sulit terpecahkan pada musim 2020. Sebab usia pemain termuda saat ini, Beckham Putra Nugraha sudah 18 tahun 6 bulan, sementara Liga 1 2020 sedang ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Selain Zola dan Billy, sejak ISL 2014, belum ada pemain Pangeran Biru yang mencetak gol pada usia di bawah 20 tahun. Namun, masih ada rekor yang bisa dipecahkan Gian Zola bersama Persib Bandung musim ini. Mantan pemain Sriwijaya dan Pelita Jaya ini mampu konsisten di usianya yang tidak lagi muda.

Konsistensi ini juga membantu performa tim asuhan Robert Alberts dalam tiga laga awal. Supardi Nasir sudah tampil selama 269 menit dalam tiga pertandingan Persib Bandung di Liga 1 2020. Catatan yang luar biasa lantaran sosok kelahiran Bangka 9 April ini sudah berusia 37 tahun.

Dia tampil penuh pada dua laga yaitu kontra Persela Lamongan dan PSS Sleman. Sementara saat tandang ke markas Arema FC harus ditarik pada menit 89 karena mengalami gangguan di kepalanya setelah benturan dengan pemain lawan,ia digantikan Fabiano Beltrame. Di usianya yang ke 37, Supardi merupakan sosok yang masih mampu tampil konsisten di dua babak.

Kuncinya tentu adalah kebugaran yang terjaga, hal itu juga yang membuat dia hampir tak pernah absen karena cedera. Pemain bernomor punggung 22 ini pun minim mendapat kartu kuning setiap musimnya. Musim ini, kapten tim mendapat dua kartu kuning, selama membela Persib Bandung, belum pernah mendapat kartu merah.

Bahkan jika melihat musim lalu, Supardi mencatatkan 2.778 menit bermain dalam 31 laga. Ini bahkan meningkat dari musim sebelumnya, pada 2018, ia tampil selama 2.363 menit dari 27 laga. Sedangkan pada 2017 ia tampil selama 2.048 menit dari 25 laga. Jika melihat catatan musim ini pada tiga laga sebelum berhenti, angka yang supardi capai mengungguli rekan setimnya yang usianya jauh lebih muda darinya.

Menit bermainnya berada di atas Zalnando, Henhen Herdiana, Mario Jardel, Gian Zola dan pemain muda lainnya yang belum dapat menit bermain. Persib Bandung saat ini menempati posisi puncak klasemen Liga 1 2020. Performa apik sekaligus konsisten dari para pemain Maung Bandung menjadi alasan mengapa Persib Bandung belum terkalahkan dalam tiga laga.

Selain itu, ada statistik menarik bagi Persib Bandung musim ini. Angka ini, merupakan angka emas usia pesepakbola. Pemain sepak bola akan memiliki performa terbaik di usia 27 31 tahun.

Tercatata ada sepuluh pemain Persib Bandung yang masuk kategori tersebut hingga Desember 2020. Mereka adalah Erwin Ramdani, Ghozali Muharam Siregar, Ardi Idrus, Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Dhika Bayangkara dan Kim Jeffrey Kurniawan. Angka ini tidak jauh berbeda dengan rata rata umur pemain Persib Bandung kala menjadi juara.

Tim asuhan Djajang Nurdjaman kala itu memiliki umur rata rata 27,7 tahun. Di akhir musim, Tantan dan kawan kawan berhasil meraih gelar juara Liga Indonesia usai mengalahkan Persipura Jayapura di Final. Dengan statistik tersebut, bukan tidak mungkin Persib Bandung mengular sejarah 5 tahun lalu dengan menggondol gelar juara Liga 1 2020.

Persib Bandung merilis statistik para pemainnya dalam tiga pertandingan pertama Liga 1 2020. Tercatat ada 6 pemain yang selalu mengisi starting Line up Pangeran Biru. Menariknya, dari 6 pemain tersebut, hanya ada satu pemain asli Indonesia yang selalu bermain selama 270 menit.

Keenam pemain itu adalah Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus, Esteban Vizcarra, Omid Nazari dan Wander Luiz. Khusus untuk Luiz, ini adalah tahun pertamanya bermain di Indonesia. Keenam pemain di atas sama sama telah mengoleksi 270 menit bermain untuk Pangeran Biru.

Mereka tampil penuh di laga kontra Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. Jika diperhatikan, antara pemain berstatus warga negara Indonesia dan pemain asing, yang tampil tak tergantikan, jumlahnya berimbang yaitu masing masing tiga orang. Tercatat, hanya Ardi Idrus yang merupakan pemain asli dari Indonesia.

Ia kelahiran Ternate, 22 Januari 1993, sementara, Igbonefo merupakan naturalisasi asal Nigeria dan Vizcarra berasal dari Argentina. Tiga pemain asing yang tak tergantikan, yakni Nick Kuipers berkewarganegaraan Belanda, Omid Nazari dari Swedia sedangkan Wander Luiz berasal dari negeri Samba, Brasil.

Berita Terkait

Liverpool Bisa Gagal Gaet Timo Werner Karena Ulahnya Sendiri

Nurofia Fauziah

Radja Nainggolan Khawatirkan Kesehatan Istrinya yang sedang Melawan Kanker Ditengah Pandemi Corona

Nurofia Fauziah

Christian Eriksen dan 5 Pemain yang Pernah Kolaps di Lapangan

Nurofia Fauziah

Diego Godin Kenang Gol Terbaiknya saat Melawan Barcelona

Nurofia Fauziah

Akses di Sini beIN Sports 1 via Vidio.com Liga Spanyol Live Streaming Mallorca vs Barcelona

Nurofia Fauziah

Timnas Indonesia Rencanakan TC Virtual Persiapan Piala Asia U-16

Nurofia Fauziah

Aryn Williams Pilih Pulang Australia Nasib Liga 1 2020 Temui Titik Terang

Nurofia Fauziah

Cara Bermain Mesin Slot Online

Nurofia Fauziah

AC Milan menuju Zona Eropa Lazio & Juventus Tak Berdaya Hasil Liga Italia

Nurofia Fauziah

Ketum PSSI Soroti Insiden antara Suporter PSIS Semarang & Arema FC

Nurofia Fauziah

Kunci Nick Kuipers Jadi Andalan Robert Alberts Kokoh Sejak Laga Perdana Bersama Persib Bandung

Nurofia Fauziah

Tonton di Sini SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Tottenham Hostpur vs Manchester United di Mola TV

Nurofia Fauziah

Leave a Comment