Otomotif

Ratusan Mobil Antik Asal Perancis Berkumpul di Jakarta Bawa Misi Khusus

Ratusan mobil antik dari merek Peugeot, Renault dan Citroen asal Prancis berkumpul dalam gelaran Saturday French Automobile Meet Up 2019 di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019). Mobil yang dihadirkan pada gelaran kedua SFAM ini berjumlah lebih dari 100 unit, gelaran pertama pada tahun 2017 hanya menghadirkan 60 unit saja. Para peserta datang dari lintas generasi, mulai dari era 1950an seperti Citroen Traction Avant, hingga yang terbaru seperti Peugeot 5008.

Mayoritas mobil peserta yang ditampilkan merupakan tipe tipe mobil yang sangat jarang ditemui di Indonesia. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengabadikan moment di SFAM. Ketua Panitia SFAM 2019, Marius Praktinjo mengatakan bahwa acara digagas sebagai ajang berkumpul dan bersilaturahmi antar komunitas dan pemilik mobil Perancis.

"Pada edisi kedua ini, acara jelas jauh lebih meriah dan lebih ramai. Teman teman komunitas yang hadir juga jauh lebih banyak, bahkan lebih dari 100 mobil. Mobil mobil langka yang di edisi pertama belum ada, sekarang di edisi kedua sudah ada," tutur Marius saat acara di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019). Guna memeriahkan event, berbagai kegiatan menarik dihadirkan seperti Classic and Electric Car Display, Car Sale, Trunk Sale, Talk Show, Live Music, Stand Up Comedy, hingga Games dan Doorprize. Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) ikut meramaikan acara ini, seperti Maxindo Renault Indonesia, Astra Peugeot Indonesia dan Peugeot Motorcycles.

Tak ketinggalan, ada pula area test drive yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menjajal beberapa mobil dari Maxindo Renault Indonesia, yakni Kwid dan Koleos. COO Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan mengungkap bahwa dirinya baru mengetahui ada event berkumpul khusus kendaraan Prancis hingga kemudian ia mengajak teman dari kedutaan besar Prancis, Rachid Boulalouine untuk datang. "Bagi Maxindo Renault, acara seperti ini tentu sangat penting. Karena, tidak bisa dipungkiri, teman teman komunitas memiliki kontribusi sangat penting dalam memperkenalkan dan menjaga ekosistem mobil Renault di Indonesia," terang Davy.

Senada dengan yang disampaikan Davy, After Sales Service Head Astra Peugeot Indonesia, Aidil Swastomo mengaku sangat terkesan dengan acara SFAM 2019. Aidil juga mengatakan, acara seperti SFAM 2019 ini haruslah rutin diadakan, guna mempersatukan para pengguna mobil Prancis di Indonesia. "Astra Peugeot sendiri tentunya akan selalu mendukung kegiatan dari teman teman komunitas Peugeot di Indonesia. Kami pun akan selalu membantu para teman teman komunitas yang memiliki mobil lawas apabila ingin mencari kebutuhan suku cadang mereka," kata Aidil Swastomo.

Melalui acara ini pula, pihak penyelenggara ingin melakukan penolakan terhadap peraturan pembatasan usia kendaraan di Jakarta. "Sebenernya acara ini juga kami adakan sebagai bentuk protes terhadap peraturan pembatasan usia kendaraan. Nggak semua mobil tua itu penyumbang polusi kalau dirawat dengan baik. Nah teman teman di sini kan mobilnya kebanyakan mobil koleksi, jadi mobilnya selalu dirawat," jelas Penggagas Acara, Sonny Boediwibowo.

Berita Terkait

Ali Mochtar Ngabalin Bilang Jokowi Punya Hak Tak Nyalakan Lampu saat Riding Benarkah

Nurofia Fauziah

Wah, DFSK Masih Punya 1 Jagoan SUV Lagi yang Akan Diluncurkan Tahun Ini dan Jadi yang Termewah!

Nurofia Fauziah

Mulai Rp 140 Jutaan Daftar Volvo XC90 Seken Terbaru

Nurofia Fauziah

Daihatsu Pastikan Tak Ada Mobil Pengganti Recall Luxio & Gran Max

Nurofia Fauziah

Ini Tiga Modifikator Terbaik Honda Modif Contest 2019

Nurofia Fauziah

Benarkah Power Steering Hidraulis Lebih Aman Saat Terendam Banjir

Nurofia Fauziah

Tak Ada Pengiriman Pabrik menuju Dealer Datsun Cross Stop Jualan

Nurofia Fauziah

Yamaha Nouvo Dan RX King Banyak Dicari Orang, Harga Gelap

Nurofia Fauziah

Modal Jalani Hobi Mobil Remote Control, Beli Unitnya di Toko Online Rp 6 Jutaan

Nurofia Fauziah

Sudah Dikenalkan tapi Harga Renault Triber Hingga Kini Tak Jelas

Nurofia Fauziah

Toyota Luncurkan All New Corolla Altis Bermesin Besin 1,8 Liter dan Hybrid

Nurofia Fauziah

Sistem One Way Diberlakukan, Jalur Arteri Bekasi akan Alami Kenaikan Volume Kendaraan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment