Sport

Raja Sapta Ervian Harapkan Timnas Karate Indonesia capai Lima Emas

Sekjen PB Forki, Raja Sapta Ervian mengharapkan Timnas Karate Indonesia bisa memboyong 5 medali emas pada SEA Games 2019 Manila, Filipina. Jika itu terwujud, maka timnas akan mengulang sukses Indonesia pada SEA Games 2005 di negara sama, Filipina. “Semoga timnas karate bisa membawa pulang 5 medali emas ke Tanah Air. Kami optimistis para karateka bisa menunjukkan kualitas terbaiknya di ajang itu,” ujar Ervian saat pelepasan timnas karate SEA Games di Hotel Century Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Timnas Karate Indonesia akan bertolak ke Manila pada Kamis (5/12), dan akan menjalani pertandingan di WTC Mal, Manila, pada 7 9 Desember mendatang. Pada ajang ini, Indonesia mengirimkan 17 karateka terbaiknya. Mereka adalah Ahmad Zigi Zaresta Yuda (kata perseorangan putra), Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana, dan Albiadi (kata beregu putra), Ari Saputra (kumite 55 kg putra), Rifky Ardiansyah Arrosyiid ( 60 kg putra), Tebing Hutapea ( 67 kg), Sandy Firmansyah ( 75 kg putra), serta Daniel Hutapea (+75 kg putra).

Sementara di nomor putri ada Krisda Putri Aprilia (kata perseorangan), Dian Monika Nababan, Anugerah Nurul Lucky, dan Emilia Sri Hanandyta (kata beregu), Maya Sheva (kumite 50 kg), Cok Istri Agung Sanistyarani ( 55 kg), Tri Winarni ( 61 kg), serta Ceyco Georgia Zefanya (+61 kg). Mereka bertolak ke Manila di bawah pimpinan Manajer Pelatnas Djafar Djantang dan kepala Pelatih Abdullah Kadir. Manajer Djafar mengatakan, para karateka sudah siap secara fisik dan mental untuk berebut yang terbaik di Manila. Karena itu, dia juga optimistis Indonesia bisa berbuat banyak pada ajang multievent Asia Tenggara tersebut. “Berdasarkan hitung hitungan matematis, kita berpeluang meraih lima medali emas: tiga di kumite dan dua di kata. Namun, banyak faktor non teknis yang bisa saja muncul di ajang seperti SEA Games. Jadi, kami menilai minimal kita bisa mendapatkan dua emas, dan maksimal 5 emas," ungkap Djafar dan Kepala Pelatih Abdullah Kadir.

Sejauh ini, hasil timnas karate Indonesia pada ajang SEA Games termasuk bagus. Di Kuala Lumpur, Malaysia 2017, misalnya, Indonesia mampu mengoleksi 3 medali emas lewat Cok Istri, Iwan Bidu Sirait, dan Srunita Sari. Posisi Indonesia berada di peringkat 3 di bawah Malaysia dan Vietnam. Kehadiran Cok Istri pada event kali ini tentunya diharapkan bisa mengulang prestasi emasnya dua tahun lalu. Indonesia meraih puncaknya saat merebut 10 medali emas pada SEA Games 2011 Jakarta Palembang. Sementara saat SEA Games Manila 2005, tim Merah Putih juga menempati peringkat pertama dengan mengoleksi 5 medali emas.

Prestasi inilah yang mungkin diharapkan tim Indonesia pada perhelatan SEA Games 2019 Manila. “Kami ingin mengulang prestasi 2005 di Manila. Semoga saja kami mampu mewujudkan itu," tutur Pelatih Jenny Zeaneth yang pada SEA Games 2005 mengantarkan satu medali emas di nomor kumite beregu putri.

Berita Terkait

Pecahkan Waktu Tercepat Terjun Payung di 7 Benua. Penerjun Payung Naila Novaranti Masuk MURI

Nurofia Fauziah

Atlet Pelatnas Angkat Besi Bakal Turun di Pra PON 2019

Nurofia Fauziah

MotoGP 2020 Miliki Peluang dari Lebih Awal ‘Manfaatkan’ La Liga

Nurofia Fauziah

Robert Kubica Baru Raih Pon Satu Posisinya Nomor Dua dari Bawah Klasemen Sementara

Nurofia Fauziah

Jadwal Siaran Langsung Piala Sudirman 2019: Hadapi Denmark, Bisakah Indonesia Jadi Juara Grup?

Nurofia Fauziah

Rossi Khawatir Jumlah Gelarnya Disamai Marquez Sabet Gelar Kedelapan Juara Dunia MotoGP

Nurofia Fauziah

Adik Tirinya Malah Menggila di Moto2 Valentino Rossi Belum Unjuk Taring

Nurofia Fauziah

Sungguh Rendah Hati, Marc Marquez Akui Akan Belajar dari Pembalap Muda Meski Bergelimang Prestasi

Nurofia Fauziah

Jonatan Christie Ikuti Jejak Anthony dan Tommy Melenggang ke Babak Kedua

Nurofia Fauziah

Tonton Gratis SEA Games 2019 Live Streaming RCTI Final Badminton Putri Indonesia vs Thailand

Nurofia Fauziah

Pebulutangkis Indonesia Tanpa Gelar di Chinese Taipei Open 2019

Nurofia Fauziah

Chrsitine Novitania: Ahsan Selalu Lakukan Olahraga Jika Liburan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment