Internasional

Presiden Belarus Positif Corona Sempat Remehkan & Klaim Vodka Obat Covid-19

Setelah beberapa kali meremehkan risiko pandemi corona, Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengumumkan dia positif Covid 19. Sebelumnya Alexander beberapa kali meremehkan pandemi hanya gejala psikosis dan mengklaim Covid 19 dapat disembuhkan dengan sauna dan minum vodka. Pengumuman bahwa dia mengidap corona terjadi di tengah pembicaraannya dengan jajaran pemerintahan terkait pemilihan dua minggu mendatang.

Dikutip dari , Presiden Alexander (65) lantas bercerita kepada sejumlah pimpinan militer bahwa dia positif Covid 19. Adapun virus SARS CoV 2 penyebab penyakit Covid 19 ini telah menewaskan lebih dari 500 orang di Belarus. Lebih lanjut, Alexander mengaku tidak menderita gejala sakit dan berangsur pulih.

Sebenarnya pandemi corona memicu pergolakan atas kepemimpinan Presiden Alexander. Pasalnya negara dinilai kurang antisipasi, salah satunya tidak mengunci wilayah. Alhasil publik yang gerah melakukan protes dan mengancam pemilihannya pada 9 Agustus mendatang.

Presiden Belarus telah memenjarakan dua saingan terberatnya hanya karena berbeda pendapat. "Hari ini kamu bertemu dengan seorang pria yang berhasil selamat dari virus corona sendiri." "Ini yang dokter simpulkan kemarin. Tanpa gejala," kata Alexander.

"Seperti yang saya katakan, 97 persen populasi kita terinfeksi ini (Covid 19) tanpa gejala," tambahnya, tanpa memberikan sumber angka itu. Belarus yang berpopulasi 9,5 juta jiwa, telah mencatat 67.366 kasus infeksi dengan 543 kematian. Presiden tidak menjelaskan kapan atau bagaimana dia bisa tertular virus ini.

Bulan lalu dia sempat bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin saat acara parade militer di Moskow. Namun menurut laporan media lokal Rusia, TASS, Presiden Putin baik baik saja. Presiden Belarus pada April lalu mengatakan tidak akan ada warganya yang meninggal karena Covid 19.

Menurutnya kematian apapun disebabkan sakit bawaan, seperti jantung dan diabetes. Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Belarus tetap membuka perbatasan bahkan menggelar pertandingan sepak bola di liga nasional di tengah pandemi. Tidak ada bukti sifat Covid 19 terkait hal ini.

"Tidak ada virus di sini," kata Lukashenko. "Kamu belum melihat mereka terbang terbang, kan? Aku juga tidak melihatnya! Ini lemari es." "Olahraga, terutama es, lemari es ini di sini, itu obat antivirus terbaik!"

Dia juga mengatakan minum vodka dan perjalanan rutin ke sauna adalah cara untuk menangkal virus corona. Sayangnya sikapnya ini menambah rasa ketidakpuasan publik kepada presiden.

Berita Terkait

Produk Minuman Yuzu Jepang Justru Dijual ke Luar Negeri untuk Menghormati Rival Bisnis

Nurofia Fauziah

Seorang Remaja Tewas demi Selfie Bagus, sebelumnya Panjat Tiang Listrik 30 M dan Terjatuh

Nurofia Fauziah

Pelakor Tawar Segini Berakhir Damai! Istri Malah Jual Suami Seharga 300 Juta Suaminya Selingkuh

Nurofia Fauziah

Jepang Akan Keluarkan UU Darurat Pandemi Influenza Antisipasi Corona Breaking News

Nurofia Fauziah

Begini Tanggapan WHO Soal Vaksin Virus Corona Milik Rusia

Nurofia Fauziah

Eropa dan Afrika Dukung MPR RI Bentuk Forum Majelis Syuro Sedunia Parlemen Maroko Ajak Negara Arab

Nurofia Fauziah

Dubai Berlakukan Karantina Wilayah Selama Dua Pekan Cegah Corona

Nurofia Fauziah

Ungkap Foto Ruang Isolasi Wanita Ini Bagi kisah Rasanya Dikarantina 12 Hari Sembuh dari Corona

Nurofia Fauziah

Viral Pemilik Butik Terancam Dipenjara Setahun karena Pemotretan Gaun Pengantin di Pemakaman

Nurofia Fauziah

Rencana China Lakukan Latihan Militer di Laut China Selatan Buat Negara Tetangga Khawatir

Nurofia Fauziah

Mantan Pacar Dulu Stres Ditinggal Nikah Tahu-tahu Datang Menjenguk Saat Lahiran Wanita Ini Terkejut

Nurofia Fauziah

Politisi Ukraina Tertangkap Kamera Berkomunikasi Dengan PSK Saat Sidang Parlemen Berlangsung

Nurofia Fauziah

Leave a Comment