Internasional

Presiden Belarus Positif Corona Sempat Remehkan & Klaim Vodka Obat Covid-19

Setelah beberapa kali meremehkan risiko pandemi corona, Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengumumkan dia positif Covid 19. Sebelumnya Alexander beberapa kali meremehkan pandemi hanya gejala psikosis dan mengklaim Covid 19 dapat disembuhkan dengan sauna dan minum vodka. Pengumuman bahwa dia mengidap corona terjadi di tengah pembicaraannya dengan jajaran pemerintahan terkait pemilihan dua minggu mendatang.

Dikutip dari , Presiden Alexander (65) lantas bercerita kepada sejumlah pimpinan militer bahwa dia positif Covid 19. Adapun virus SARS CoV 2 penyebab penyakit Covid 19 ini telah menewaskan lebih dari 500 orang di Belarus. Lebih lanjut, Alexander mengaku tidak menderita gejala sakit dan berangsur pulih.

Sebenarnya pandemi corona memicu pergolakan atas kepemimpinan Presiden Alexander. Pasalnya negara dinilai kurang antisipasi, salah satunya tidak mengunci wilayah. Alhasil publik yang gerah melakukan protes dan mengancam pemilihannya pada 9 Agustus mendatang.

Presiden Belarus telah memenjarakan dua saingan terberatnya hanya karena berbeda pendapat. "Hari ini kamu bertemu dengan seorang pria yang berhasil selamat dari virus corona sendiri." "Ini yang dokter simpulkan kemarin. Tanpa gejala," kata Alexander.

"Seperti yang saya katakan, 97 persen populasi kita terinfeksi ini (Covid 19) tanpa gejala," tambahnya, tanpa memberikan sumber angka itu. Belarus yang berpopulasi 9,5 juta jiwa, telah mencatat 67.366 kasus infeksi dengan 543 kematian. Presiden tidak menjelaskan kapan atau bagaimana dia bisa tertular virus ini.

Bulan lalu dia sempat bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin saat acara parade militer di Moskow. Namun menurut laporan media lokal Rusia, TASS, Presiden Putin baik baik saja. Presiden Belarus pada April lalu mengatakan tidak akan ada warganya yang meninggal karena Covid 19.

Menurutnya kematian apapun disebabkan sakit bawaan, seperti jantung dan diabetes. Berbeda dengan negara Eropa lainnya, Belarus tetap membuka perbatasan bahkan menggelar pertandingan sepak bola di liga nasional di tengah pandemi. Tidak ada bukti sifat Covid 19 terkait hal ini.

"Tidak ada virus di sini," kata Lukashenko. "Kamu belum melihat mereka terbang terbang, kan? Aku juga tidak melihatnya! Ini lemari es." "Olahraga, terutama es, lemari es ini di sini, itu obat antivirus terbaik!"

Dia juga mengatakan minum vodka dan perjalanan rutin ke sauna adalah cara untuk menangkal virus corona. Sayangnya sikapnya ini menambah rasa ketidakpuasan publik kepada presiden.

Berita Terkait

Donald Trump Sempat Ancam Demo Bela George Floyd Ricuh hingga Tentara Nasional Diterjunkan

Nurofia Fauziah

Nike Women Unggah Foto Model Berambut Ketiak di Instagram, Kampanyekan Definisi Cantik Natural

Nurofia Fauziah

Calon Mempelai Wanita Histeris Lihat Calon Suami Setubuhi Pengiring Temanten Jelang Pernikahan

Nurofia Fauziah

Mereka Membunuh Tamumu di Rumahmu . . . Pesan Pemimpin Tertinggi Iran kepada PM Irak

Nurofia Fauziah

Diduga Sebabkan Ledakan di Beirut 30-40 Kantong Kembang Api Disimpan Segudang dengan Amonium Nitrat

Nurofia Fauziah

Bintang Hollywood Leonardo DiCaprio Dituding Pelaku Pembakaran Hutan Amazon

Nurofia Fauziah

Penahanan Tiga Suporter Indonesia di Malaysia Terkait Penyebaran Isu Teror KBRI

Nurofia Fauziah

Rasanya Seperti Mimpi sang Suami Meninggal setelah Main Futsal Baru Menikah 2 Bulan sang Istri

Nurofia Fauziah

Pangeran Joachim dari Belgia Sampaikan Permohonan Maaf Positif Covid-19 setelah Berpesta di Spanyol

Nurofia Fauziah

Pemilik Butik Ini Terancam Hukuman Penjara Lakukan Pemotretan dengan Model di Lahan Pemakaman

Nurofia Fauziah

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Nurofia Fauziah

Inilah Asal Muasal Kode Darurat Amerika Serikat 911 dan Fakta di Baliknya

Nurofia Fauziah

Leave a Comment