Lifestyle

Praktis & Mudah Dilakukan Cara Membuat Masker Sendiri dari Tisu Dapur

Membuat maskersendiri di rumah mungkin bisa menjadi salah satu solusi mengatasi ketakutan dari virus corona yang sedang merebak di Indonesia saat ini. Pandemi virus corona makin meluas ke berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Virus ini mirip dengan sindrom pernapasan akut parah yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari , virus corona diketahui menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang dengan COVID 19 batuk atau saat membuang dahak. Oleh karenanya, penting bagi kita menjaga agar diri tidak terkena cairan dari orang lain saat membuang napas ataubersin. Untuk mencegah virus masuk melalui mulut dan hidung, ada baiknya seseorang menggunakan masker sebagai pelindung mulut dan hidung.

Namun di saat genting seperti sekarang ini, masker cukup susah didapatkan. Masker diprioritaskan bagi tenaga medis dan orang orang yang sakit. Lalu bagaimana dengan orang orang yang sehat yang ingin mengantisipasi virus ini?

Tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat masker sendiri dengan barang barang sederhana dan mudah dicari. Anda hanya memerlukan bahan dasar tisu, yaitu dari tisu dapur ataupun tisu wajah biasa. Dilansir dari , kertas tisu memiliki beberapa manfaat berguna yaitu memiliki daya serap yang baik.

Tisu diproduksi untuk tujuan kebersihan biasanya digunakan untuk membersihkan kuman dan bakteri. Tisu memiliki bobot yang ringan dan memiliki tekstur yang halus, dan tidak menyebabkan kulit lembab. Maka dari itu, tisu dianggap cocok menjadi bahan alternatif utama pembuatan masker.

Anda bisa mengantisipasi penularan virus corona ini dengan membuat masker sendiri di rumah. Anda hanya memerlukan beberapa alat sederhana yang mudah didapatkan. 1. Tisu dapur

2. Tisu kertas 3. Karet 4. Pelubang kertas

5. Perekat atau solatip 6. Penjepit 7. Kawat hidung plastik

8. Mika 9. Kaca Mata 10. Gunting

1. Cuci tangan terlebih dahulu dan pastikan tangan Anda bebas dari kuman dan kotoran. 2. Pastikan semua perlatan yang Anda gunakan bersih, seperti gunting, penjepit hingga tisu yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker. 3. Kemudian ambil dua lembar tisu dapur.

Tumpuk 2 lembar tisu dapurtersebut dengan rapi. 4. Kemudian, ambil satu lembar tisu kertas biasa kemudian tumpukkan satu lembar tisutersebut ke atas tumpukan tisu dapur yang sudah Anda tumpuk sebelumnya. 5. Kemudian potong tumpukan tisu tersebut menjadi dua bagian.

Gunting pada bagian tengah dan potong hingga membentuk persegi panjang. 6. Kemudian rekatkan tisu dengan perekat atau solatip kertas pada bagian ujung sisi kanan dan kiri tisu. 7. Kemudian ambil alat pelubang kertas, lalu beri lubang, pada kedua bagian sisi yang sudah diberi perekat.

8.Setelah itu, berikan kawat hidung plastik atau coated wire, kira kira 5 hingga 7 cm saja. Pasang pada bagian atas sisi tisu bagian dalam dengan posisi horisontal. Kemudian tambahkan perekat hingga menutupi kawat plastik tersebut tersebut.

9. Kemudian ikatkan karet ke kedua bagian sudut yang sudah dilubangi tersebut, nantinya karet ini digunakan untuk pengait di telinga saat masker hendak dipakai. 10.Setelah itu, untuk lebih aman, disarankan juga membuat penutup area muka, dengan menggunakan kaca mata dan mika. 11. Siapkan mika dan potong plastik mika hingga membentuk persegi panjang, yang kira kira dapat menutupi bagian muka, gunakan mika plastik yang bening.

12. Kemudian siapkan kaca mata dan gabungkan mika telah dipotong tersebut dengan kacamata, gunakan penjepit untuk menyatukan mika dengan kaca mata. 13. Jepitkan mika, melengkung dari sisi kanan hingga kiri kaca mata, kemudian jepit mika pada gagang kaca mata pada kedua sisinya. Setelah selesai, masker untuk antisipasi corona ini siap Anda gunakan.

Gunakan masker dengan tepat, pastikan tidak terbalik, bagian tisu kertas berada di bagian dalam dan tisu dapur pada bagian luar. Lalu jangan lupa tekan kawat hidung plastik hingga membentuk dan menutupi area hidung. Setelah itu, gunakan kacamata yang dilengkapi dengan mika pelindung tersebut agar dapat bekerja memproteksi mulut dan hidung dengan lebih baik.

Dengan membuat masker sendiri, Anda bisa melindungi diri Anda dari bahaya virus dan bakteriyang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda.

Berita Terkait

Gemini Ragu Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Leo Tak Ingin Berpisah Minggu 3 November

Nurofia Fauziah

Scorpio Jadi Lebih Perhatian Gemini Hari Penuh Cinta Ramalan Zodiak Besok Selasa 25 Agustus 2020

Nurofia Fauziah

Capricorn Perlu Fokus & Keberuntungan di Pihak Libra Ramalan Zodiak Jumat 19 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Chord Gitar & Lirik Lagu Rare – Selena Gomez Lengkap dengan Link Download MP3 Spotify & Joox

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 6 September 2019, Aries Harus Sangat Hati Hati, Cancer Bahagia

Nurofia Fauziah

Cancer Ikuti Instingmu Ramalan Zodiak Kamis Saatnya Taurus Introspeksi 18 Juni 2020

Nurofia Fauziah

Sagitarius Perlu Introspeksi Diri & Virgo Penuh dengan Ide Ramalan Zodiak Jumat 3 Januari 2020

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Jumat 22 Maret 2019: Percintaan Aquarius Mulus, Libra Harus Ekstra Hati Hati

Nurofia Fauziah

Libra Memiliki Tanggung Jawab Ramalan Zodiak Besok Sagitarius Gila Kerja Kamis (12/12/2019)

Nurofia Fauziah

Ramalan Zodiak Rabu 22 Mei 2019, Saingan Libra Iri, Pisces Pesimis, Cancer Sensitif

Nurofia Fauziah

Viral Curhat Ayah Bayinya Sering Disentuh Orang Karena Lucu, Akibatnya Menyakitkan, Hati Ortu Hancur

Nurofia Fauziah

6 Zodiak paling Cerdas secara Emosional, Mereka Bisa Kontrol Emosi dan Tindakannya

Nurofia Fauziah

Leave a Comment