Metropolitan

Polisi Akan Lakukan Patroli di Sejumlah Titik Rawan untuk Cegah Balapan Liar di Bulan Ramadhan

Jelang bulan Ramadan, kepolisian mengantisipasi terjadinya aksi balapan liar di wilayah DKI Jakarta. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasir mengatakan pihaknya akan memetakan dan menggelar patroli di titik titik rawan balapan liar tersebut. Ia juga mengatakan balap liar melanggar dan dapat ditindak dengan Undang Undang Lalu Lintas.

"Pengamanan balapan liar lebih dikedepankan pola preventif yaitu mencegah terjadinya balapan liar, dengan pendekatan patroli dan penempatan personel pada titik dan jam kegiatan dengan pergelaran personel wilayah," ujar Nasir dalam keterangannya, Minggu (5/5/2019). Ia menjelaskan pihaknya akan berpatroli di titik titik rawan dan melakukan upaya pencegahan. Bahkan, penindakan pun bisa dilakukan apabila kepolisian menemukan balapan liar terjadi.

Nasir memaparkan aksi tersebut biasanya terjadi akhir pekan dan menjelang sahur hingga pagi hari. "Adapun jam rawan balapan liar biasanya terjadi sekitar pukul 01.00 03.00 WIB dan pukul 05.00 06.00 WIB," jelasnya. Lebih lanjut, ia menyebut sejumlah tindakan represif akan dilakukan selama patroli demi mencegah terjadinya aksi balapan liar dilakukan.

"Tindakan represif kita lakukan dengan memeriksa kendaraan dan barang bawaan, melakukan penindakan pelanggaran lantas dari faktor kendaraan, SIM dan penggunaan kelengkapan seperti helm dan sabuk pengaman," kata Nasir. Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1440H/2019M. Sidang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019) sore.

"Rencananya akan dibuka langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin," kata Sekertaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor. Tarmizi menjelaskan, sidang diawali dengan pemaparan posisi hilal dan dilanjutkan dengan laporan tim pemantau di 34 Provinsi. "Pemaparan kemudian laporan dari tim pemantau di 34 kanwil. Semua provinsi mengadakan pemantauan. Lalu rapat, dan langsung diumumkan Pak Menteri awal Ramadhan ini," ujar dia.

Sidang Isbat dihadiri juga Duta Besar negara negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kemudian, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Kementerian Agama RI dijadwalkan menggelar sidang Isbat, penetapan awal Ramadan 1440H/2019H, Minggu (5/5/2019) ini.

Sidang dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, MH.Thamrin, Jakarta Pusat, dimulai pukul 17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama. Kemudian dilanjutkan dengan melaporkan hasil hisab dan pantauan Rukyatul hilal oleh Tim Kemenag di seluruh Indonesia.

Tahun ini ada 102 titik pemantauan Rukyatul hilal. Dari hasil tersebutlah, Kementerian Agama bersama DPR, MUI, Ormas ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat akan memutuskan kapan awal ramadan 1440H/2019M dimulai. "Keputusan sidang itu akan disampaikan dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Menteri Agama, DPR, dan MUI. Kita jadwalkan pukul 19.00 WIB juga akan digelar konferesi persnya," ujar Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Muhammadiyah Amin, seperti dikutip dalam website Kemenag RI, Minggu (5/5).

Berita Terkait

Satpol PP Siagakan Patroli Motor di Setiap Kecamatan Antisipasi Tawuran

Nurofia Fauziah

Bertekad Tobat Kini Kembali Ditangkap Godfather Jakarta Terlibat Kasus Pembunuhan 5 Fakta John Kei

Nurofia Fauziah

Ditlantas Polda Metro Jaya: E Tilang Tindakan Preventif Cegah Pelanggaran

Nurofia Fauziah

Ide Beli Racun Sianida Datang dari Pasangan Selingkuh Percakapan Pembunuhan Suami Oleh Istri

Nurofia Fauziah

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Satu Rumah Tingkat Dua di Jalan Utan Kayu

Nurofia Fauziah

Penjual Nasi Pecel di Probolinggo Sumbangkan Celengan Umrah buat Korban Corona Kisah Sunarsih

Nurofia Fauziah

Siap-siap Jadi Klaster Baru Pemkot Bekasi Izinkan Salat Idul Fitri di 38 Kelurahan Epidemiolog

Nurofia Fauziah

Korban Ambruk Rakaat Kedua Seorang Makmum Meninggal Dunia Saat Salat Jumat di Masjid

Nurofia Fauziah

Kronologi Pesawat Garuda Indonesia Nyaris Tabrakan di Bandara Soekarno-Hatta

Nurofia Fauziah

Di MoU Tidak Ada Kaget Mendadak Muncul Anggaran Rp 6 Miliar buat Bamus Betawi DPRD DKI

Nurofia Fauziah

Polisi Duga Baru Lahir 2 Hari Ditemukan Jasad Bayi Masih Bertali Pusar di Aliran Kali Sukmajaya

Nurofia Fauziah

Warga Sempat Tak Menyadarinya Jokowi Dikawal Kaesang Naik Motor menuju Mall Botani Square Bogor

Nurofia Fauziah

Leave a Comment