Nasional

Pidato Jokowi pada Peringatan HUT Polri Mendapat Apresiasi Sejumlah Kalangan

Pidato kepala negara, Presiden Joko Widodo pada HUT Bhayangkara ke 73 mendapat apresiasi sejumlah kalangan. Mereka menilai pesan Jokowi dalam pidato tersebutmengedepankan nuansa persatuan dan kesatuan untuk menjaga Negara Kesatuan Indonesia ini. Tanggapan positif itu satu di antaranya datang dari Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan Irfaan Sanoesi.

Ia menyoroti beberapa agenda Kepolisian yang mendapat penghargaan dari Jokowi seperti pengamanan Pemilu 2019, Asian Games, Pilkada serentak, IMF dan sebagainya. Namun, poin utama yang menjadi sorotan yakni pengamanan Pemilu 2019 yang menjadi tolak ukur keberhasilan kepolisian dalam menjaga kondusivitas dan keamanan nasional. "Dalam kaca mata publik, Polri dinilai sukses menjaga keamanan sebelum dan pada saat pemungutan suara. Meskipun sempat terjadi kerusuhan justru pasca pengumuman hasil pemungutan suara oleh KPU, tapi polisi bisa menanganinya dengan baik," kata Irfaan di Jakarta.

Ia menambahkan sikap aparat kepolisian yang mampu membendung meluasnya kerusuhan tersebut juga semakin menunjukkan kedewasaan institusi itu sendiri. Karena jika kepolisian menggunakan cara cara represif penuh, maka bisa dipastikan kerusuhan akan semakin meluas, tidak hanya di Jakarta tetapi bisa terjadi di daerah lainnya. Sementara di tempat terpisah, KH. Ali Syibromalisi Koordinator Forum Pondok Pesantren Jaga NKRI mengatakan semua agenda pemerintah yang melibatkan masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan aman tidak terlepas dari peran Polri yang tetap solid bersama dengan TNI.

"Saya mencatat setidaknya dua kali secara khusus Presiden Jokowi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Polri, dan ini merupakan ungkapan yang mewakili seluruh bangsa Indonesia," tegasnya. "Semoga ke depannya Polri dan TNI bisa lebih solid lagi dalam menjalankan tugasnya mengawal keamanan agenda pemerintah, serta menjaga ketertiban nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya yang juga Pimpinan Ponpes Tansyitul Muta'allimin Bogor. (*)

Berita Terkait

Gedung Kemenkumham Ditutup Sementara Sejumlah ASN Terinfeksi Covid-19

Nurofia Fauziah

Begini Nasib Mereka Sekarang 2 Preman di Depok Peras Sopir Angkot Lalu Videonya Viral

Nurofia Fauziah

Feby Sahroni Sebut Masih Banyak Warga yang Belum Tersentuh Bansos

Nurofia Fauziah

Prajurit TNI AD Kapten Cpn Vira Yudha Korban Kecelakaan Helikopter MI-17 Meninggal BREAKING NEWS

Nurofia Fauziah

Itu Yang Terdaftar di Pemerintahan Kota Menteri Tito Soal Parkir Dikuasai Ormas

Nurofia Fauziah

Singgung Wartawan sambil Lihat Sekitarnya Prabowo Subianto Sampaikan Kelemahan Pertahanan Indonesia

Nurofia Fauziah

Saya Yakin UU 19 Dibuat dengan Niat Jahat Sindir Optimisme Pimpinan KPK Feri Amsari Soroti RUU KPK

Nurofia Fauziah

KPU Siapkan Alat Mirip Tusuk Gigi buat Coblos Surat Suara

Nurofia Fauziah

Berikut Jadwal yang Diputuskan Pemerintah Shift Kerja PNS Akan Dibagi 2

Nurofia Fauziah

Jika Pandemi Corona Tak Terkendali Salat Idul Fitri Boleh Ditiadakan MUI

Nurofia Fauziah

Tanggapi Beda Anies Baswedan & Ahok Susun Anggaran Najwa Shihab Apakah Itu Tanda Kemunduran

Nurofia Fauziah

Jokowi Tidak Kesusahan Cari Menteri

Nurofia Fauziah

Leave a Comment