Techno

Photo Contest vivo V15 ‘Go Wider Go Up’: Bukti Kehebatan Kamera Smartphone

Mulai bergesernya minat kaum urban dalam menggunakan kamera untuk membidik objek favorit, membuat salah satu perusahaan ponsel terbesar se Asia Vivo turut memperhitungkan 'tren' tersebut. Pergeseran dari penggunaan kamera profesional seperti DSLR, kemudian kamera yang lebih ringan dan kecil seperti mirrorless, ternyata kini juga diikuti tren 'smartphone photography'. Menggandeng National Geographic Indonesia, vivo menggelar kompetisi photo contest sekaligus exhibition bertajuk 'Go Wider Go Up Photo Contest' melalui penggunaan produk yang baru saja diluncurkan, .

“Sekitar sembilan puluh lima juta foto diunggah setiap harinya melalui media sosial dan sebagian foto dihasilkan oleh smartphone. Dalam mengikuti tren tersebut, National Geographic Indonesia bersama <a>vivo V15</a> ingin menginspirasi bahwa untuk menciptakan keindahan suatu komposisi menggunakan smartphone bukanlah sebuah halangan. Hanya ada di pikiran diri sendiri yang menjadikan itu sebuah halangan,” ujar Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia. Di penghujung acara Go Wider Go Up Photo Exhibition, digelar talkshow bertajuk 'Smartphone Photography' yang dihadiri General Manager for Digital and Partnership PT Vivo Mobile Indonesia Fachryansyah Farandy, Editor in Chief National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim, serta Fotografer senior Kompas Arbain Rambey. Kegiatan talk show tersebut digelar di Food Society B, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada hari terakhir rangkaian acara yakni Minggu (14/4/2019) sore.

Acara ini membahas bagaimana smartphone photography dapat menghasilkan cerita visual yang dapat memanjakan mata akan keindahannya. “Setiap smartphone memiliki cara tersendiri dalam menangkap suatu objek dan saat ini teknologi kamera yang terdapat pada smartphone sudah dapat menyaingi kamera jenis DSLR atau mirrorless. Hasilnya kembali lagi kepada bagaimana kita memanfaatkan teknologi yang ada pada smartphone itu sendiri,” ujar Arbain Rambey. Dalam momen tersebut Fachry menyampaikan bahwa pihaknya sejak awal memang berfokus menawarkan kamera yang tidak kalah profesionalnya.

Ia pun menjelaskan, jika dilihat dari tren perkembangan teknologi selama lima tahun terakhir, vivo fokus pada dua hal, yakni kamera dan game. "Smartphone kalau kita lihat 5 tahun ke belakang itu sangat pesat ya perkembangannya, jadi secara teknologi apapun itu, kalau kita lihat flashback, bahkan 5 tahun ke belakang, kita fokus dari awal ke kamera dan juga sebenarnya gaming," ujar Fachry dalam acara talk show pada hari terakhir gelaran exhibition tersebut. Kekuatan vivo, kata dia, sejak awal memang difokuskan pada kamera yang tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, namun juga memuaskan keinginan mereka. Terlebih, vendor ponsel asal Tiongkok ini sebelumnya pernah menggaungkan X Shot.

"Sedikit introduction (perkenalan) mengenai vivo, dulu waktu vivo pertama kali (masuk ke sini, malah kita juga menggadang gadangkan premium segmentnya kita, yaitu X Shot, itu juga sangat kita fokuskan kepada kamera," jelas Fachry. Pernyataan Fachry seolah menegaskan bahwa sejak awal hingga keluarnya produk V Series terbaru, vivo selalu ingin memuaskan para customer mereka melalui kamera yang bisa digunakan pada segala kondisi. Ditemui pada kesempatan yang sama, Fotografer senior Kompas Arbain Rambey mengakui kecanggihan kamera yang dimiliki . Ia bahkan menyukai salah satu fitur pada kamera smartphone tersebut, yakni AI Super Wide Angle.

Menurutnya, dengan menggunakan fitur kamera itu, ia tidak perlu memasang lensa wide pada kamera DSLR yang biasa dipakainya. "Wide, wide di ini udah bisa membantu menjangkau objek yang luas ya, yang lebar, bahkan saya tidak perlu menggunakan kamera saya dan lensa (wide nya)," kata lelaki yang akrab disapa Iin ini. Bahkan ia juga menilai gambar yang dihasilkan oleh AI Super Wide Angle itu tidak kalah dengan hasil bidikan kamera profesional.

"Tidak berkurang kualitasnya ya, bahkan saya memasukkan foto di koran saya pun tidak masalah, kualitasnya masih bagus," tegas Iin. <a>vivo V15</a> menjadi salah satu ponsel terbaru yang diluncurkan pada awal 2019 ini dan dianggap sebagai smartphone photography. Sebagai smartphone yang digunakan dalam acara Go Wider Go Up, didukung dengan kemampuan kamera yang 32MP Pop Up Camera dan AI Triple Camera.

Tiga kamera belakang pada <a>vivo V15</a> mampu menangkap hasil jernih dengan 12MP Dual Pixel Sensor bahkan ketika pencahayaan minim. Selain itu, ditambah dengan 8MP AI Super Wide Angle dan 5MP Depth Camera. Dalam jepretan jepretan foto yang dipamerkan pada exhibition tersebut, ada beberapa finalis kompetisi yang menggunakan fitur kamera AI Super Night Mode dari <a>vivo V15 Pro</a>. Hasilnya pun tidak kalah dengan bidikan kamera profesional. Dari banyak foto yang dipamerkan pada acara itu, terpilih 3 pemenang yakni Juara 1 Afandi Teguh Afriyanto asal Sleman, Juara 2 Adie Wiratmo asal Sidoarjo dan Juara 3 M Jeffry Hanafiah asal Jogja.

Go Wider Go Up Exhibition dan Photo Contest itu digelar sejak 9 hingga 14 April 2019.

Berita Terkait

Ini Dia Peringkat Operator Seluler dengan Streaming Video Tercepat di Indonesia

Nurofia Fauziah

Gunakan Versi Beta! Tema Serba Gelap Tema Dark Mode WhatsApp Begini Cara Mengaktifkannya

Nurofia Fauziah

Solusi Memiliki Usaha Makanan Minuman Kekinian Tapi Tak Punya Modal Beli Waralaba

Nurofia Fauziah

Kisah Febri Sebagai Mitra Gojek Sewa Rumah hingga Beauty Class

Nurofia Fauziah

5 Destinasi Wisata Malam Untuk Liburan Singkat

Nurofia Fauziah

Galaxy A51 hingga Galaxy M21 DAFTAR Harga HP Samsung Terbaru Bulan Mei 2020

Nurofia Fauziah

Alasan Kenapa Indonesia wajib Bangun SDM Berbasis Teknologi Digital

Nurofia Fauziah

FBI Curigai FaceApp sebagai Aplikasi Berbahaya Berasal dari Rusia

Nurofia Fauziah

Ini HP Lain yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp dari 1 Februari 2020 Selain iPhone 4

Nurofia Fauziah

Ntt Communications Dan Dimension Data Umumkan Penggabungan Perusahaan Dan Perubahan Brand

Nurofia Fauziah

Perusahaan Enterprise Percepat Pencapaian Hasil Bisnis Melalui Red Hat Open Innovation Labs

Nurofia Fauziah

Teknologi eSIM Hadir di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment