Internasional

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Mesin Gyoza buatan Jepang sejak 30 tahun terakhir mengalami peningkatan penjualannya hingga menjadi pembuat mesin gyoza terbaik di dunia. Produksinya 5 kali lipat atau 1.500 gyoza per jam ketimbang buatan tangan, namun rasanya tidak kalah enak. Gyoza adalah makanan Jepang yang asal mulanya dari China dan bentuknya seperti pangsit.

Bisa dimakan dalam keadaan basah (rebusan) atau digoreng dengan banyak variasi mulai pakai keju, rasa buah, sayur, daging dan sebagainya. Penjualannya ingin diperluas ke Indonesia dalam waktu dekat ini karena melihat pasar penduduk yang sangat besar dengan 260 juta penduduknya. Paling banyak terjual di Singapura, Hong Kong dan di negara Eropa maupun Amerika Serikat. Namun kini ingin memasarkan sampai ke Indonesia.

"Saya pernah ke Jakarta beberapa tahun lalu karena ada perusahaan besar membeli satu mesin besar kami untuk membuat gyoza. Kalau itu berharga puluhan juta yen. Tapi yang kita tawarkan ini untuk usaha kecil menengah hanya 1,38 juta yen dan bisa dimasukkan ke dalam koper,” paparnya. "Ukurannya memang kecil dapat masuk koper namun beratnya mencapai 44 kg sehingga mungkin harus bayar over weight kalau dibawa sendiri lewat pesawat udara, kecuali kelas bisnis," tambahnya. "Produk mini alat pembuat gyoza tersebut kini terjual terbanyak di dunia dan perusahaan kami memang sejak awal fokus hanya untuk pembuatan mesin gyoza saja, sehingga teknologi terbarunya tetap kami kembangkan untuk produk terbaru kami," ujar dia.

Lalu bagaimana dengan produk pembuat gyoza yang lain misalnya dari China? "Iya benar sekali. Muncul yang mirip kami punya dengan harga hanya seperempatnya. Namun tentu kualitasnya sangat rendah. Setahun dua tahun dipakai juga sudah rusak," kata dia. Sedangkan buatan pabriknya banyak pembelinya yang bisa memakai 20 tahun hingga kini juga tetap bagus.

"Yang lain mungkin karena dipakai puluhan tahun setiap hari ya ada suku cadang yang aus biasa saja sehingga perlu kami ganti yang baru. Jaminan satu tahun kalau rusak diganti yang baru," kata dia. Pembeli mesin gyoza tersebut salah satunya Tanaka mengaku sangat puas dengan mesin buatan Toa. "Saya pakai sudah 20 tahun dan tetap bagus dan penjualan saya per bulan dari penjualan gyoza saja kini bisa mencapai 3 juta yen. Lumayan lah," ungkap Tanaka.

Bagi pembeli di Indonesia dapat menghubungi : [email protected] untuk menanyakan lebih lanjut mesin gyoza buatan Jepang yang paling laku di dunia tersebut. "Akan dijawab dalam bahasa Indonesia," kata dia. Gyoza menjadi salah satu makanan populer di Jepang.

Berita Terkait

Gus Yaqut Kaget Kegiatan DTD Diikuti Antusias Ratusan Peserta Mahasiswa Universitas Al Azhar

Nurofia Fauziah

Dubai Berlakukan Karantina Wilayah Selama Dua Pekan Cegah Corona

Nurofia Fauziah

Rusia Tawarkan Diri Jadi Juru Damai Atasi Konflik Pakistan India Yang Memanas

Nurofia Fauziah

Jepang Perluas Larangan Masuk Pengunjung dari India & 10 Negara Lainnya

Nurofia Fauziah

Donald Trump Dikabarkan Berupaya Memblok Dana Tes Covid-19 Di Tengah Lonjakan Jumlah Pasien

Nurofia Fauziah

Insiden Penembakan di Festival Makanan California, Seorang Saksi Mata Awalnya Mengira Kembang Api

Nurofia Fauziah

Donald Trump Sempat Ancam Demo Bela George Floyd Ricuh hingga Tentara Nasional Diterjunkan

Nurofia Fauziah

Pendaki Gunung Bikin Kaget Penjual Minuman karena Tubuhnya Berlumuran Darah! Bikin Merinding

Nurofia Fauziah

Dianggap Buat Polusi Suara, Seekor Ayam Jago Dikasuskan ke Pengadilan

Nurofia Fauziah

Menyusuri Megahnya Perpustakaan Nasional Australia, Simpan Ratusan Ribu Buku Indonesia

Nurofia Fauziah

Arab Saudi Tangkap Ibu Hamil Karena Dituduh Kritik Putra Mahkota

Nurofia Fauziah

Super Junior Dandan Apa Adanya Tanpa Makeup di MV Somebody New

Nurofia Fauziah

Leave a Comment