Internasional

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Mesin Gyoza buatan Jepang sejak 30 tahun terakhir mengalami peningkatan penjualannya hingga menjadi pembuat mesin gyoza terbaik di dunia. Produksinya 5 kali lipat atau 1.500 gyoza per jam ketimbang buatan tangan, namun rasanya tidak kalah enak. Gyoza adalah makanan Jepang yang asal mulanya dari China dan bentuknya seperti pangsit.

Bisa dimakan dalam keadaan basah (rebusan) atau digoreng dengan banyak variasi mulai pakai keju, rasa buah, sayur, daging dan sebagainya. Penjualannya ingin diperluas ke Indonesia dalam waktu dekat ini karena melihat pasar penduduk yang sangat besar dengan 260 juta penduduknya. Paling banyak terjual di Singapura, Hong Kong dan di negara Eropa maupun Amerika Serikat. Namun kini ingin memasarkan sampai ke Indonesia.

"Saya pernah ke Jakarta beberapa tahun lalu karena ada perusahaan besar membeli satu mesin besar kami untuk membuat gyoza. Kalau itu berharga puluhan juta yen. Tapi yang kita tawarkan ini untuk usaha kecil menengah hanya 1,38 juta yen dan bisa dimasukkan ke dalam koper,” paparnya. "Ukurannya memang kecil dapat masuk koper namun beratnya mencapai 44 kg sehingga mungkin harus bayar over weight kalau dibawa sendiri lewat pesawat udara, kecuali kelas bisnis," tambahnya. "Produk mini alat pembuat gyoza tersebut kini terjual terbanyak di dunia dan perusahaan kami memang sejak awal fokus hanya untuk pembuatan mesin gyoza saja, sehingga teknologi terbarunya tetap kami kembangkan untuk produk terbaru kami," ujar dia.

Lalu bagaimana dengan produk pembuat gyoza yang lain misalnya dari China? "Iya benar sekali. Muncul yang mirip kami punya dengan harga hanya seperempatnya. Namun tentu kualitasnya sangat rendah. Setahun dua tahun dipakai juga sudah rusak," kata dia. Sedangkan buatan pabriknya banyak pembelinya yang bisa memakai 20 tahun hingga kini juga tetap bagus.

"Yang lain mungkin karena dipakai puluhan tahun setiap hari ya ada suku cadang yang aus biasa saja sehingga perlu kami ganti yang baru. Jaminan satu tahun kalau rusak diganti yang baru," kata dia. Pembeli mesin gyoza tersebut salah satunya Tanaka mengaku sangat puas dengan mesin buatan Toa. "Saya pakai sudah 20 tahun dan tetap bagus dan penjualan saya per bulan dari penjualan gyoza saja kini bisa mencapai 3 juta yen. Lumayan lah," ungkap Tanaka.

Bagi pembeli di Indonesia dapat menghubungi : [email protected] untuk menanyakan lebih lanjut mesin gyoza buatan Jepang yang paling laku di dunia tersebut. "Akan dijawab dalam bahasa Indonesia," kata dia. Gyoza menjadi salah satu makanan populer di Jepang.

Berita Terkait

Remaja Ini Panik & Tercebur di Sungai Viral! Gara-gara Sibuk Balas Ucapan Selamat Lulus Ujian SIM

Nurofia Fauziah

Penahanan Tiga Suporter Indonesia di Malaysia Terkait Penyebaran Isu Teror KBRI

Nurofia Fauziah

Tak Bisa Minum Air Zamzam Langsung & Kerikil Jumrah wajib Disterilkan Begini Kondisi Haji 2020

Nurofia Fauziah

Meski Belum Terbukti Anjing & Kucing Bisa Bawa Virus Corona Warga China Diminta Buang Peliharaannya

Nurofia Fauziah

tapi Terlambat Istri yang Kerja di Luar Kota Bergegas Pulang Suami Meninggal Dunia Setelah Futsal

Nurofia Fauziah

Tolak Dikawal agar Tak Ganggu Pemakaman Mantan Wapres Joe Biden akan Temui Keluarga George Floyd

Nurofia Fauziah

Termasuk Ibu yang Tengah Hamil 31 Orang Tertular Virus Corona setelah Menghadiri Pesta Pernikahan

Nurofia Fauziah

Korban Bom Atom di Kepulauan Marshall Jepang Minta Paus Fransiskus Imbau Dunia Bebas Nuklir

Nurofia Fauziah

Singapore Media Festival Gelar IAC buat Perkuat Kemitraan Antar Industri Media Asia

Nurofia Fauziah

Pendaki Gunung Bikin Kaget Penjual Minuman karena Tubuhnya Berlumuran Darah! Bikin Merinding

Nurofia Fauziah

Aktor Netflix Italia Terjebak dengan Jenazah Corona Berjam-jam

Nurofia Fauziah

Tikus Jepang pun senang Berendam Air Panas Tak Hanya Manusia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment