Metropolitan

Persyaratan Dokumen Administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Dinyatakan Lengkap

Persyaratan dokumen administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah dinyatakan telah lengkap. Panitia Pemilihan Wagub DKI menyatakan berkas persyaratan kedua colon dinyatakan lengkap setelah pihaknya melakukan verifikasi dan penelitian ulang, Senin (16/3/2020). "Keduanya sudah kita nyatakan memenuhi persyaratan dokumen administrasi," kata Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2020).

Perihal surat keterangan pengunduran diri Ahmad Riza Patria dari kursi anggota DPR RI periode 2019 2024, Farazandi menjelaskan hal itu sudah sesuai dengan persyaratan. Surat itu telah ditandatangani instansi terkait sebagaimana bunyi tata tertib pemilihan wagub DKI. "Jadi kami sudah putuskan bahwa itu sudah memenuhi persyaratan. Surat yang sudah sampaikan sudah cukup relevan," jelas dia.

Mengingat surat keterangan pengunduran diri telah diberikan dan ada persetujuan dari instansi terkait, otomatis Riza Patria sudah dianggap mengundurkan diri dan tak bisa kembali ke DPR RI. Terlebih, hal itu diperkuat dengan surat persetujuan DPR RI yang telah menyatakan Ahmad Riza Patria mundur dari posisinya. "Itu juga sudah diperkuat dari surat persetujuan dari DPR RI yaitu instansi terkait tadi sudah dinyatakan mundur," ujarnya.

Usai verifikasi pemberkasan rampung, kedua cawagub DKI akan menjalani sesi wawancara dengan panitia pemilihan (panlih), Rabu (18/3/2020). Dalam sesi ini, panitia pemilihan menetapkan wawancara dilakukan secara tertutup. Adapun hal yang bakal ditanya adalah seputar pengetahuan kompetensi masing masing kandidat, hingga yang bersifat kepribadian.

Selanjutnya, dilakukan penetapan calon yang mengacu pada hasil penelitian persyaratan administrasi kedua cawagub. "Kita adain wawancara, nanti abis itu ada penetapan," ungkap politikus PAN ini. Lebih lanjut hingga hari ini, tim Panlih wagub DKI masih berharap rapat paripurna pemilihan bisa digelar sesuai jadwal yakni 23 Maret 2020. Mereka memiliki tenggat waktu merampungkan seluruhnya pada awal April.

"Belum ada arahan lagi harus ditunda atau diundur, jadi sementara ini masih on schedule," katanya. "Jadi kalau ini ditunda atau mundur, saya rasa khawatir mengganggu seluruh berjalannya proses ini," kata Farazandi.

Berita Terkait

Ini Faktanya Terungkap Isi Kardus Seorang Wanita Tertipu Belasan Juta Beli Masker di Toko Online

Nurofia Fauziah

Jakarta Catat 4 Lonjakan Tertinggi Kasus Covid-19 2 Pekan Terakhir

Nurofia Fauziah

Warga Perumahan Batan Indah Pamulang Sempat Khawatirkan Anak-anak Ada Paparan Radioaktif

Nurofia Fauziah

Termasuk soal Ganja 7 Masalah Baru Pemilik Lamborghini yang Todong Pistol menuju Pelajar di Kemang

Nurofia Fauziah

Mantan Kapolsek Pancoran Mas Dianiaya Sopir Angkot di Depok

Nurofia Fauziah

Cerita Perusuh 22 Mei Disemprot Gas Air Mata, Teriak Minta Tolong Panggil Panggil Mamanya

Nurofia Fauziah

Dipaksa Tengkurap 4 Jam & Ditodong Gunting kisah Wanita Korban Perampokan di Angkot

Nurofia Fauziah

Kali Sunter Berubah Jadi Warna Biru Pekat, Pemprov DKI Cari Pelakunya

Nurofia Fauziah

Tukang Bakso Mengaku Ludahi Mangkuk Pelanggan Kepada Polisi

Nurofia Fauziah

Polda Metro Jaya Ciduk 186 Bandit Jalanan Dalam Lima Hari

Nurofia Fauziah

LRT Jakarta Keok Sama Ojol Di Empat Stasiun Lainnya Menang Di Dua Stasiun

Nurofia Fauziah

Hampir Semua Kecamatan Persebaran Corona di Jakarta Anies Baswedan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment