Metropolitan

Persyaratan Dokumen Administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Dinyatakan Lengkap

Persyaratan dokumen administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah dinyatakan telah lengkap. Panitia Pemilihan Wagub DKI menyatakan berkas persyaratan kedua colon dinyatakan lengkap setelah pihaknya melakukan verifikasi dan penelitian ulang, Senin (16/3/2020). "Keduanya sudah kita nyatakan memenuhi persyaratan dokumen administrasi," kata Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2020).

Perihal surat keterangan pengunduran diri Ahmad Riza Patria dari kursi anggota DPR RI periode 2019 2024, Farazandi menjelaskan hal itu sudah sesuai dengan persyaratan. Surat itu telah ditandatangani instansi terkait sebagaimana bunyi tata tertib pemilihan wagub DKI. "Jadi kami sudah putuskan bahwa itu sudah memenuhi persyaratan. Surat yang sudah sampaikan sudah cukup relevan," jelas dia.

Mengingat surat keterangan pengunduran diri telah diberikan dan ada persetujuan dari instansi terkait, otomatis Riza Patria sudah dianggap mengundurkan diri dan tak bisa kembali ke DPR RI. Terlebih, hal itu diperkuat dengan surat persetujuan DPR RI yang telah menyatakan Ahmad Riza Patria mundur dari posisinya. "Itu juga sudah diperkuat dari surat persetujuan dari DPR RI yaitu instansi terkait tadi sudah dinyatakan mundur," ujarnya.

Usai verifikasi pemberkasan rampung, kedua cawagub DKI akan menjalani sesi wawancara dengan panitia pemilihan (panlih), Rabu (18/3/2020). Dalam sesi ini, panitia pemilihan menetapkan wawancara dilakukan secara tertutup. Adapun hal yang bakal ditanya adalah seputar pengetahuan kompetensi masing masing kandidat, hingga yang bersifat kepribadian.

Selanjutnya, dilakukan penetapan calon yang mengacu pada hasil penelitian persyaratan administrasi kedua cawagub. "Kita adain wawancara, nanti abis itu ada penetapan," ungkap politikus PAN ini. Lebih lanjut hingga hari ini, tim Panlih wagub DKI masih berharap rapat paripurna pemilihan bisa digelar sesuai jadwal yakni 23 Maret 2020. Mereka memiliki tenggat waktu merampungkan seluruhnya pada awal April.

"Belum ada arahan lagi harus ditunda atau diundur, jadi sementara ini masih on schedule," katanya. "Jadi kalau ini ditunda atau mundur, saya rasa khawatir mengganggu seluruh berjalannya proses ini," kata Farazandi.

Berita Terkait

Mengawinkan Konsep Naturalisasi & Normalisasi Dua Cawagub DKI Sepakat Solusi Atasi Banjir

Nurofia Fauziah

TMP RMP Buka Posko Banjir Hingga Seminggu Menuju Depan

Nurofia Fauziah

Ada Sri Mulyani Deretan Menteri ‘Wajah Lama’ Diprediksi Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Nurofia Fauziah

Buronan FBI Russ Albert Medlin Ternyata Residivis Kasus Pedofilia di Amerika Serikat

Nurofia Fauziah

Keterangan Ketua RT Terkait Kasus Tukang Cilor Diduga Cabuli Bocah di Cengkareng

Nurofia Fauziah

Kegiatan Tersebut Tidak Berizin Tur Wisata Horor Tragedi Bintaro Nyaris Merenggut Nyawa KAI

Nurofia Fauziah

Dipaksa Tengkurap 4 Jam & Ditodong Gunting kisah Wanita Korban Perampokan di Angkot

Nurofia Fauziah

Cerita Perusuh 22 Mei Disemprot Gas Air Mata, Teriak Minta Tolong Panggil Panggil Mamanya

Nurofia Fauziah

Pengoperasian Skuter Listrik Sebaiknya Dihentikan Hingga Terbit Aturan Demi Keamanan

Nurofia Fauziah

Kuli Bangunan Kaget Didatangi Petugas Pajak Diminta Bayar 200 Juta! Rumahnya Berdinding Triplek

Nurofia Fauziah

Layanan MRT Jakarta Digratiskan Karena Tapping dan Pembelian Tiket Lama

Nurofia Fauziah

Kalimat Pamitan Driver Ojol pada Calon Istri Sebelum Hilang & Membusuk di Jalan Tol ‘Sudah ya Ma!’

Nurofia Fauziah

Leave a Comment