Metropolitan

Persyaratan Dokumen Administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Dinyatakan Lengkap

Persyaratan dokumen administrasi 2 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah dinyatakan telah lengkap. Panitia Pemilihan Wagub DKI menyatakan berkas persyaratan kedua colon dinyatakan lengkap setelah pihaknya melakukan verifikasi dan penelitian ulang, Senin (16/3/2020). "Keduanya sudah kita nyatakan memenuhi persyaratan dokumen administrasi," kata Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2020).

Perihal surat keterangan pengunduran diri Ahmad Riza Patria dari kursi anggota DPR RI periode 2019 2024, Farazandi menjelaskan hal itu sudah sesuai dengan persyaratan. Surat itu telah ditandatangani instansi terkait sebagaimana bunyi tata tertib pemilihan wagub DKI. "Jadi kami sudah putuskan bahwa itu sudah memenuhi persyaratan. Surat yang sudah sampaikan sudah cukup relevan," jelas dia.

Mengingat surat keterangan pengunduran diri telah diberikan dan ada persetujuan dari instansi terkait, otomatis Riza Patria sudah dianggap mengundurkan diri dan tak bisa kembali ke DPR RI. Terlebih, hal itu diperkuat dengan surat persetujuan DPR RI yang telah menyatakan Ahmad Riza Patria mundur dari posisinya. "Itu juga sudah diperkuat dari surat persetujuan dari DPR RI yaitu instansi terkait tadi sudah dinyatakan mundur," ujarnya.

Usai verifikasi pemberkasan rampung, kedua cawagub DKI akan menjalani sesi wawancara dengan panitia pemilihan (panlih), Rabu (18/3/2020). Dalam sesi ini, panitia pemilihan menetapkan wawancara dilakukan secara tertutup. Adapun hal yang bakal ditanya adalah seputar pengetahuan kompetensi masing masing kandidat, hingga yang bersifat kepribadian.

Selanjutnya, dilakukan penetapan calon yang mengacu pada hasil penelitian persyaratan administrasi kedua cawagub. "Kita adain wawancara, nanti abis itu ada penetapan," ungkap politikus PAN ini. Lebih lanjut hingga hari ini, tim Panlih wagub DKI masih berharap rapat paripurna pemilihan bisa digelar sesuai jadwal yakni 23 Maret 2020. Mereka memiliki tenggat waktu merampungkan seluruhnya pada awal April.

"Belum ada arahan lagi harus ditunda atau diundur, jadi sementara ini masih on schedule," katanya. "Jadi kalau ini ditunda atau mundur, saya rasa khawatir mengganggu seluruh berjalannya proses ini," kata Farazandi.

Berita Terkait

Pasar Minggu Akan Buka Kembali Malam Ini Sempat Ditutup

Nurofia Fauziah

Hentikan Politisasi Banjir Saatnya Gotong Royong Bantu Rakyat

Nurofia Fauziah

Polda Metro Jaya Siapkan Ribuan Personel buat Pengamanan Penerapan New Normal

Nurofia Fauziah

Mayat Wanita Ditemukan Terkubur di Taman Kota Tol Jagorawi, Diduga Korban Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Ada Sri Mulyani Deretan Menteri ‘Wajah Lama’ Diprediksi Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Nurofia Fauziah

Masyarakat Kurang Sadar Bahaya Corona Penutupan McDonald’s Sarinah Buat Kerumunan Massa Psikolog

Nurofia Fauziah

Tak Terima Dicakar, Oknum Pengemudi Ojol Diduga Bakar Anjing Peliharaan Hidup Hidup Di Menteng

Nurofia Fauziah

Warga Kampung Buaran Ramai-ramai Berjemur di Atas Rel Kereta Cegah Virus Corona

Nurofia Fauziah

Satpol PP Siagakan Patroli Motor di Setiap Kecamatan Antisipasi Tawuran

Nurofia Fauziah

Jalur Puncak akan Ditutup 12 Jam pada Malam Tahun Baru

Nurofia Fauziah

Mobil Dilepas Tabrak Gardu Gerbang Tol Halim 2 Aksi Heroik Sopir Truk Selamatkan Bocah

Nurofia Fauziah

Pemprov DKI Jakarta Larang Skuter Listrik Lintasi Jalan Raya & Jalur Sepeda dari Hari Ini

Nurofia Fauziah

Leave a Comment