Nasional

Pengusaha Baja Lokal Dukung Percepatan Pembangunan Ibukota Baru

Rencana terus digaungkan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi pun sudah menggambarkan yang akan dibangun dalam beberap waktu mendatang. Gambaran yang berlokasi di wilayah dan Penajem Passer Utara di itu disampaikan lewat akun twitternya, @Jokowi pad Kamis (7/11/2019).

Dalam gambarannya, Ibu Kota baru katanya harus menjadi kota yang hijau dan bebas emisi, mulai dari transportasi umum hingga transportasi pribadi. "Bagaimana wujud ibu kota negara yang baru kelak? Dalam bayangan saya, sebuah kota masa depan yang bebas emisi, termasuk transportasi publiknya. Kota yang dinamis dan menggembirakan. Masyarakatnya majemuk, terbuka, toleran, dan hidup bergotong royong," tulis pada Kamis (7/11/2019). Dalam potret yang turut diunggah, terlihat tengah meninjau baja ringan Domus Revo.

Model baja ringan tersebut dipilih karena mempercepat proses pembangunan rumah, khususnya proses pembangunan rumah di kawasan permukiman yang membutuhkan waktu cepat. Dikutip dari Kompas.com , berharap agar Ibu kota baru nantinya bisa menjadi kota terbaik di dunia. Bahkan, bermimpi nantinya bisa mengalahkan , di Uni Emirat Arab, yang saat ini dinobatkan sebagai kota paling bahagia.

"Ibu kota negara baru ini adalah hadiahnya Indonesia untuk dunia. Mimpinya memang harus tinggi," kata saat peresmian pembukaan 'Konstruksi Indonesia 2019' di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Rabu (6/11/2019). "Dubai, the happiest city on the earth. Ibu kota negara baru the best on earth, the cleanest city, the most innovative city, dan the most most lainnya," tuturnya. Oleh karena itu, menegaskan bahwa pemindahan ibu kota tak hanya sekedar memindahkan Istana atau kantor kantor pemerintahan. Namun, pemerintah akan membangun kota metropolis yang cerdas.

"Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada cluster pemerintahan, ada klaster teknologi DNA inovasi seperti Silicon Valley, ada klaster pendidikan, universitas terbaik ada di sana, klasster layanan kesehatan, dan cluster wisata. Ini lah yang ada di bayangan kita," ujar . Jokowi ingin menjawab kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya. Kualitas itu di antaranya diwujudkan lewat kota yang bebas emisi, ramah pejalan kaki dan pesepeda, serta transportasi publik yang memadai. "Kota dinamis, harga terjangkau, dan kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk. Inilah bayangan di benak saya," kata dia.

Jokowi juga ingin agar menjadi kota bisnis yang bisa membuka lapangan kerja yang berkelas. Ia ingin sumber daya terbaik bisa bekerja di sana. Selain itu, juga berharap banyak diaspora Indonesia yang mau pulang kampung untuk bekerja di sana. "Artinya pindah tempat tapi pindah sistem, pindah budaya, pindah budaya kerja, dan pindah pola pikir. Ini yang kita harapkan. Sekali lagi jangan hanya pindah tempat namun pindah sistem," kata dia. Sementara itu, Vice President PT Tata Logam, Stephanus Koeswandi mengatakan bahwa dalam proses perpindahan ibu Kota harus menjadi momentum bagi para pengusaha jasa konstruksi untuk membuktikan bahwa Indonesia juga mampu membangun infrastruktur dalam waktu relatif singkat.

"Kita akan buktikan dengan penggunaan material baja ringan, pembangunan di Ibu Kota baru bisa berjalan maksimal," ujar Stephanus dalam siaran tertulis pada Rabu (5/11/2019). Stephanus juga menerangkan tentang salah satu produknya yakni Domus Revo yang memiliki kelebihan proses pembangunannya yang sangat cepat, yakni lima hari untuk rumah tipe 29. Selain itu, proses pembangunan tidak membutuhkan banyak pekerja serta bahan tambahan, sehingga biaya membangun rumah menjadi lebih hemat.

"Domus Revo memberikan kemudahan bagi konsumen dalam membangun rumahnya, semudah kita membeli furniture knockdown dan kemudian merakit sendiri dirumah. Konsumen bisa membangun sendiri, karena komponen komponennya jelas,” ujar Stephanus.

Berita Terkait

Pemerintah Tidak Kirim Supres menuju DPR buat Pembahasan RUU HIP Mahfud MD

Nurofia Fauziah

Tayang Anak Seribu Pulau & Membaca Kitab Kuning Sabtu 9 Mei 2020 Jadwal Belajar dari Rumah TVRI

Nurofia Fauziah

Selasa 14 Juli 2020 Materi Aku & Teman Baru Soal & Jawaban TVRI SD Kelas 1-3

Nurofia Fauziah

Prajurit TNI AD Kapten Cpn Vira Yudha Korban Kecelakaan Helikopter MI-17 Meninggal BREAKING NEWS

Nurofia Fauziah

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 15 Desember 2019 Hujan Lebat Disertai Petir di Sejumlah Wilayah BMKG

Nurofia Fauziah

Calon Penumpang Pesawat Diimbau Lengkapi Dokumen Resmi Bepergian di Tengah Pandemi

Nurofia Fauziah

Singgung Nama Karni Ilyas Rocky Gerung Ungkap Jawaban Mengapa Tidak Pernah Muncul Lagi di ILC

Nurofia Fauziah

PDIP Tegaskan Amandemen Terbatas Dukung Kepemimpinan Visioner Jokowi

Nurofia Fauziah

Yunarto Wijaya Analisa Sosok Sandiaga & AHY Maju Pilpres 2024 Siapa yang Paling Berpeluang Menang

Nurofia Fauziah

Jangan Gigit Orang yang betul Kalau Salah Silahkan Gigit Pesan Jokowi di Rakornas Indonesia Maju

Nurofia Fauziah

857 Anak Dapat Remisi Sekaligus Ikut Program Sekolah Mandiri Merdeka Belajar

Nurofia Fauziah

Hilal Awal Syawal Belum Terlihat di Wilayah Indonesia Kemenag

Nurofia Fauziah

Leave a Comment