Metropolitan

Pengelola AEON Mall JGC Ingin Rangkul Warga Pasca Didemo Banjir yang Genangi Pemukiman

Perusahaan pengembang Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur, PT Modernland Realty (MDLN) Tbk menyatakan tidak akan memperpanjang kejadian perusakan yang dilakukan warga di luar perumahan di AEON Mall JGC, Jakarta Timur, sebagai rentetan aksi demo mereka memprotes pengembang AEON Mall sebagai penyebab banjir di permukiman warga,Selasa (25/2/2020) siang. Corporate Communication Departemen Head PT Modernland Realty Tbk Gunawan Setyohadi menyatakan, pihaknya memaklumi emosi sesaat warga yang tengah terkena musibah banjir di perumahannya. Ia juga menyatakan, kerugian yang diterima pihak pengelola juga tidak terlalu signifikan dalam insiden perusakan tersebut. Tercatat, hanya ada beberapa fasilitas mall yang dirusak oleh warga.

"Kalau bicara kerugian sebenarnya tidak terlalu signifikan kok karena cuma beberapa ada dua rambu parkir yang dirubuhin dan ada kaca yang dirusak di dua area. Mungkin kerugian bukan skala yang besar buat kami itu kecil banget lah," tukas dia. Sebelumnya, ratusan warga sekitar Cakung marah dan melakukan perusakan di AEON Mall di Kompleks Jakarta Garden City (JGC), Cakung. Mereka menuding mal tersebut sebagai pemicu banjir yang menggenangi pemukiman mereka. Sejumlah video pendek yang menggambarkan aksi protes warga berteberaan di berbagai grup media sosial kemarin.

Gunawan menyatakan, selama ini komunikasi antara pihak pengelola dengan warga di luar perumahan JGC telah berjalan semestinya. Bahkan pagi tadi, pihak pengelola pun telah mendengar perwakilan warga. "Kami sebetulnya sudah ketemu tadi pagi bahwa aspirasi mengenai banjir sudah dibicarakan. Kalau kami bicara aspirasi mereka bahwa ayo sama sama selesaiin itu semua udah clear," kata dia. "Kalau bicara banjir itu harusnya itu nggak ada yang sifatnya pergerakan anarkis. Mohon maaf kalau ini apakah ada yang dorong itu kemungkinan iya," kata Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, komunikasi antara pihak pengelola dengan warga luar perumahan JGC mengenai banjir selalu dibicarakan rutin. Tidak ada kendala komunikasi antara kedua belah pihak selama ini. "Karena sebelumnya komunikasi berjalan baik kan seharusnya kita selalu duduk bareng dan mendengarkan apa yang menjadi keinginan warga kami selalu ngikutin," kata dia. Dia mengatakan, pengembang dan pengelola mal telah menyiapkan sejumlah langkah pendek ataupun panjang bagi warga luar perumahan JGC untuk mengantisipasi banjir. Yang pertama, menyiapkan 8 pompa yang siap digunakan 24 jam untuk membantu warga sekitar.

"Secara jangka pendek sebetulnya kami sudah siapkan ada 8 pompa yang sudah stand by dan itu sudah ada dari kami berdiri pompa itu disiagakan 24 jam ketika ada hujan atau ketika ada peluang untuk debit airnya naik itu sudah kami sedot sebetulnya," ujarnya. Pompa tersebut akan berfungsi untuk menyedot air yang berada di area perumahan JGC untuk dibuang ke dua danau besar milik Modernland. Total, kedua danau itu bisa menampung debit air hingga 1,2 juta kubik air. "Kaki punya dua danau yaitu danau pertama itu seluas 15,4 hektar itu kurang lebih kalau kami pernah hitung itu bisa menampung 1 juta kubik. Kemudian kami juga punya danau lagi kurang lebih hampir 3 hektar itu kedalaman 6 meter itu bisa menampung 200 ribu kubik," tutur dia.

Dari segi infrastruktur, kata Gunawan, seharusnya masalah tersebut bisa diselesaikan antara pengembang dan masyarakat. Namun demikian, pihaknya maklum dengan emosi sesaat yang dikeluarkan oleh warga sekitar. "Jadi antara komunikasi kita pengembang dan masyarakat itu harusnya sudah clear. Sudah duduk bareng. Masalah sodetan segala macam itu sudah dijalankan. Kita barusan juga rapat dengan warga. Oke masalahnya apa sih, dapur umum segala macam kita lakukan," tuturnya. "Jadi selama ini problemnya mas butuh apa kita diskusikan, kalau kita bisa kita kerjakan kita kerjakan bareng," kata dia.

Berita Terkait

Korban Diduga Lebih dari 50 Orang Viral Pelecehan Seksual Swinger oleh Oknum Dosen

Nurofia Fauziah

Bocah 10 Tahun di Tangerang Selatan Tewas Terbakar di Rumahnya Dipasung Sang Ayah

Nurofia Fauziah

Saya Wakili Pendukung Anies yang Marah Laporkan Ade Armando menuju Polisi Fahira Idris

Nurofia Fauziah

Pelaku Pembunuh Sopir Taksi Online di Bogor Dikenal Pemuda yang Kecanduan Game Online

Nurofia Fauziah

Ombudsman Minta Pemkab Bogor Atasi Masalah Keberadaan WNA

Nurofia Fauziah

Polda Metro Jaya Ciduk 186 Bandit Jalanan Dalam Lima Hari

Nurofia Fauziah

Heboh Juru Parkir & Tukang Sate Saksikan Hubungan Intim Penghuni Kamar Hotel karena Tirai Terbuka

Nurofia Fauziah

Pengoperasian Skuter Listrik Sebaiknya Dihentikan Hingga Terbit Aturan Demi Keamanan

Nurofia Fauziah

Kejagung Siap Hadapi Gugatan Korban Semanggi I-II menuju PTUN

Nurofia Fauziah

Ini Faktanya Terungkap Isi Kardus Seorang Wanita Tertipu Belasan Juta Beli Masker di Toko Online

Nurofia Fauziah

Senggol Bus Primajasa di Ciputat, Pemotor Terjatuh dan Penumpangnya Tewas Terlindas

Nurofia Fauziah

Ada yang Enggak betul Ragukan Kinerja Anies Baswedan sejak Resmi Dilantik Politisi PSI Rian Ernest

Nurofia Fauziah

Leave a Comment