Bisnis

Penerapan Protokol Kesehatan Diklaim Bisa Tekan Potensi Resesi Ekonomi

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menilai penerapan protokol kesehatan bisa menekan potensi resesi ekonomi Indonesia. “Disiplin dalam new normal itu penting agar kita tidak resesi. Apalagi banyak negara dan kawasan sudah mengumumkan resesi. Terakhir Jerman dan Uni Eropa. Kita usahakan bersama agar Indonesia bisa terhindar dari resesi," katanya, Selasa (4/8/2020). Dia mengatakan, Kemendag menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mitigasi dan pemulihan ekonomi Indonesia dengan 2 fokus utama.

Pertama, menjaga agar distribusi barang dan jasa yang dibutuhkan dengan harga yang stabil dan stoknya selalu tersedia. Kedua, menjaga agar pasar sebagai fungsi ekonomi masyarakat terus bisa berjalan. “Pasar itu adalah nadi perekonomian kita. Kalau pasar berhenti tentu akibatnya akan sangat luas dan dalam perekonomian masyarakat. Masyarakat tidak bisa memasarkan produksi barang maupun jasa. Akibatnya ekonomi bisa berhenti. Tentu arti pasar dalam hal ini luas ya, pasar rakyat, pasar modern, dan pertokoan hingga pasar berjangka," ujarnya. Namun dia mengatakan upaya menjaga pasar pada masa pandemi ini bukan hanya tanggung jawab Kemendag tapi juga pemerintah daerah dan kementerian serta lembaga lain.

“Jangan lupa peran masyarakat sendiri sebagai pelaku dan pemanfaat dari pasar. Agar pasar tetap bisa berjalan tentu masyarakat harus menjaga diri, harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin," ujarnya. "Dengan begitu dari segi kesehatan tetap bisa berjalan, disamping tentu saja dalam aspek ekonomi. Ada yang harus dijaga lebih hati hati yaitu kesehatan itu sendiri. Yang penting semua aman," kata dia. Jerry akan terus memperkuat koordinasi antar kementerian dan lembaga serta sosialisasi kepada masyarakat.

Berita Terkait

Oneject Indonesia Bangun Pabrik Jarum Suntik Senilai Rp 350 Miliar

Nurofia Fauziah

Menteri Teten Tunjuk Founder Ritel The Goods Dept Jadi Bos Smesco

Nurofia Fauziah

Kebanyakan Grabwheels Dipakai buat Gaya-gayaan Kemenhub

Nurofia Fauziah

Mendag Berharap Pembukaan Mal Berdampak Positif Bagi Perekonomian

Nurofia Fauziah

9 Miliar Link Net Bagikan Dividen Rp 491

Nurofia Fauziah

Kementerian BUMN Sebut Asabri Masih Mampu Bayar Klaim Nasabah

Nurofia Fauziah

Regu Pramuka Sigap Bantu Pemudik di Terminal Kalideres

Nurofia Fauziah

Siap Siap, Tarif Tol Cipali Akan Naik Mulai Oktober 2019

Nurofia Fauziah

Jiwasraya Disebut Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018 menuju OJK

Nurofia Fauziah

Token Listrik Gratis PLN Bulan Juni 2020 Diklaim di www.pln.co.id atau WA menuju 08122123123

Nurofia Fauziah

Wabah Virus Corona Bisa Membuat ASDP Merugi Hingga Rp 478 Miliar

Nurofia Fauziah

Masuknya Nadiem Makarim di Kabinet akan Undang Banyak Investasi di Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment