Bisnis

Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Dimulai Pertengahan 2021

PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pembangunan terminal 4 Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa dilakukan pada pertengahan 2021 mendatang. Saat ini, perseroan baru meresmikan atau kick off rangkaian persiapan desain pembangunan terminal yang bisa menampung 40 juta penumpang per tahun. Dalam menyiapkan desain terminal itu, AP II bekerja sama dengan KSO Karya Bersama Nusantara untuk merumuskan desain menyeluruh Terminal 4 dalam waktu 18 bulan ke depan.

Rumusan itu mencakup desain perencanaan teknis, struktur pembiayaan dan desain penataan keseluruhan operasional terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta. President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan setelah desain disepakati maka pembangunan Terminal 4 akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2021. “Hari ini dilakukan kick off design pembangunan Terminal 4, di mana nantinya pembangunan secara fisik baru akan dilakukan pada 2021 dan tuntas pada awal tahun 2024," kata Muhammad Awaluddin, Jumat (27/12/2019).

Perumusan desain Terminal 4 juga mengakomodir masukan dari berbagai stakeholder seperti misalnya regulator, maskapai, dan pihak pendukung operasional bandara lainnya. “Terminal 4 harus mengakomodir kebutuhan di masa depan, karena dibangun pada 2021 dan baru dibuka pada 2024. Kita tidak bisa berpikir apa yang dibutuhkan sekarang, tetapi harus memprediksi dengan tepat apa yang dibutuhkan traveler dan industri penerbangan pada 2024 sehingga Terminal 4 dapat sangat diandalkan dalam meningkatkan konektivitas udara di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin. “Pembangunan Terminal 4 jelas mengarah ke advanced technology dengan konsep smart environment, smart mobility dan smart security," sambungnya.

Muhammad Awaluddin mengatakan konsep smart environment harus disesuaikan dengan kondisi di Indonesia dan tidak harus meniru mentah apa yang diterapkan di luar negeri. “Yang jelas harus mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan," katanta. Sementara itu terkait dengan smart mobility, Terminal 4 banyak menyediakan self check in counter, self baggage drop, serta mendukung teknologi lain seperti mobile check in dan fasilitas lainnya sesuai dengan tren traveler saat ini yang lebih memilih memproses keberangkatan penerbangan secara mandiri ketimbang harus datang ke konter check in. Terkait dengan smart security, Terminal 4 akan mengimplementasikan smart CCTV serta full body scanner x ray dan peralatan keamanan terkini lainnya.

Di samping itu, Muhammad Awaluddin juga menekankan pembangunan Terminal 4 harus mudah dan siap mengakomodir infrastruktur teknologi informasi terkini dan mengantisipasi dinamisnya perkembangan teknologi ke depannya. “Setiap teknologi harus dengan mudah dan murah digunakan supaya Terminal 4 dapat mengakomodir kebutuhan traveler dan beroperasi secara efektif,” jelas Muhammad Awaluddin. Terminal 4 seluas 400.000 meter persegi diproyeksikan mampu melayani hingga 40 juta penumpang per tahun. Adapun Terminal 1 dan 2 nantinya setelah revitalisasi masing masing akan memiliki kapasitas hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara itu, Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Dengan begitu, dengan Terminal 1, 2, 3, dan 4 nantinya Bandara Internasional Soekarno Hatta memiliki kapasitas hingga 100 juta penumpang per tahun. Dalam rencana pengembangan Terminal 4 nantinya, inovasi teknologi yang akan dilakukan di antaranya melalui pemanfaatan artificial intelligence, internet of things, big data analytics, roboting, automation, virtual reality hingga augmented reality.

Berita Terkait

BEI Siapkan Tiga Jurus Tenangkan Pasar Modal dari Virus Corona

Nurofia Fauziah

6 Triliun Hingga Pertengahan Mei 2020 BCA Restrukturisasi Kredit Senilai Rp 82

Nurofia Fauziah

Cara Uzbekistan Bidik Pasar Indonesia, Buka Rute Tashkent Jakarta Hingga Fasilitas Bebas Visa

Nurofia Fauziah

Dirjen IKMA Kemenperin Tampung Aspirasi Pelaku Industri Mainan

Nurofia Fauziah

Hingga Akhir Tahun Ini, IHSG Diprediksi Bisa Tembus 6.800

Nurofia Fauziah

Subsidi Upah Pekerja Jadi Momentum Transformasi Karakter Dirut BPJS Ketenagakerjaan

Nurofia Fauziah

Ini Kesiapan Astra Infra Sambut Nataru Punya Enam Ruas Tol

Nurofia Fauziah

Penuhi Kebutuhan Pasar Asia Tenggara untuk Bangunan Baja Prefab, Nova Buildings Buka di Vietnam

Nurofia Fauziah

Melantai di Bursa Efek Indonesia, PT Hotel Fitra International Tbk Jual 220 Juta Lembar Saham

Nurofia Fauziah

Penyelesaian Jiwasraya Butuh Proses Panjang Jokowi

Nurofia Fauziah

Lengkapi Portofolio di Bisnis MICE, Culutureroyale Indonesia Hadirkan Samisara Ballroom

Nurofia Fauziah

BGR Logistics Jalin Kerjasama Strategis dengan PTP

Nurofia Fauziah

Leave a Comment