Nasional

Partai Nasdem akan Gelar Konvensi Capres Jaring Putra-Putri Terbaik Bangsa

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah, mengatakan berakhirnya Kongres II Partai Nasdem dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 8, bukan akhir dari partai tersebut. Menurut dia, Partai Nasdem sedang mempersiapkan diri untuk maju di pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2024. Dia menjelaskan, Partai Nasdem sebagai agregasi kepentingan publik berupaya menghasilkan kader kader terbaik untuk menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa.

Sejauh ini, dia menilai, Partai Nasdem sudah berada di jalur yang benar. Dua penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia, yaitu 2014 dan 2019, telah dilewati. Pada 2014 lalu, Partai Nasdem lolos dari parliementary threshold dengan 8.402.812 suara (6,72 persen). Capaian ini menandai NasDem sebagai partai baru yang memperoleh suara terbesar. Sedangkan, pada 2019 lalu, NasDem mendapatkan 12.661.792 suara atau 9,05 persen. Terjadi peningkatan 4.258.980 suara atau 2,33 persen. Torehan yang memukau di tengah hampir sebagaian besar partai politik mengalami stagnasi dan penurunan perolehan suara.

"Tentu, torahan yang memukau pada 2014 dan 2019 bukanlah akhir dari perjalanan partai mewujudkan cita cita. Di tengah dua momen penting partai yaitu kongres dan ulang tahun, diskursus gerakan restorasi harus dihadirkan," tambahnya. Sebelumnya, Ketua Umum partai NasDem Surya Paloh meminta izin kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati untuk menggelar konvensi calon presiden pada 2022 mendatang atau dua tahun jelang pemilu 2024. Alasan yang diberikan Surya Paloh dalam upayanya menggelar konvensi capres ini ialah guna membuka dan memberikan kesempatan bagi potensial anak negeri untuk menjadi pemimpin.

"Di hadapan tokoh bangsa ini saya mengatakan waktunya bagi kami (NasDem) untuk mengambil sikap inisiatif untuk membuka dan memberikan ruang kesempatan pada seluruh potensial anak negeri untuk menuntut batas patut menjadi pemimpin negeri ini" ungkap Surya Paloh di Arena Kongres JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). "Dua tahun menjelang tahun 2024 kita akan lakukan dengan sungguh hati, dengan penuh kebajikan dan kejujuran untuk memilih salah satu yang terbaik melalui proses konvensi calon presiden," tambahnya.

Berita Terkait

Kasum TNI Jelaskan Pembagian Tugas Empat Regu Paspampres Kunjungan Wapres menuju Mako Paspampres

Nurofia Fauziah

Ini Jawaban Mahfud MD Mengapa Mall Tetap Buka Sementara Masjid Tidak

Nurofia Fauziah

Ibunda Sakit, SBY dan Keluarga Bergantian Menjaga

Nurofia Fauziah

Polisi Minta Keterangan Pacar Yodi Prabowo Buru Pelaku Pembunuhan

Nurofia Fauziah

Tayang di Bioskop Spesial TransTV Pukul 19.00 WIB Aksi Paul Walker dalam Film Running Scared

Nurofia Fauziah

4 Pelaku Ditangkap Viral Balap Liar Tutup Jalan di Serpong

Nurofia Fauziah

Kemensos Dapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK

Nurofia Fauziah

Pakar Ekonomi Nilai Kenaikan BPJS di Masa Pandemi Perlu Ditinjau Kembali

Nurofia Fauziah

75 WNI di Mesir yang Dipulangkan KBRI Kairo Sebagian Besar Para Peserta Kursus Bahasa Arab

Nurofia Fauziah

Mardani Yakini Penurunan Presidential-Pilkada Threshold Akan Buat Banyak Orang Baik Masuk Politik

Nurofia Fauziah

Jika Nunggak Pembayaran BPJS Kesehatan Dendanya Juga Bertambah 5 Persen Sudah Iuran per Bulan Naik

Nurofia Fauziah

Jokowi Ajak Resapi Makna Ibadah Puasa Masyarakat Jalani Ramadan saat Pandemi Corona

Nurofia Fauziah

Leave a Comment