Internasional

Pantai & Kafe di Eropa Dipadati Pengunjung Setelah Lockdown Covid-19 Dilonggarkan

Setelah mencatat angka kematian yang perlahan merendah, sebagian negara Eropa melonggarkan lockdown covid 19 dengan membuka bar, kafe, hingga pantai. Italia dan Spanyol semakin mengurangi pembatasan pada Senin (18/5/2020) lalu setelah mendapati angka kematian harian terendah selama dua bulan. Italia mencatat 145 kematian Covid 19 baru pada Minggu (17/5/2020).

Angka ini sekaligus jadi yang terendah sejak negara itu memulai lockdown pada 9 Maret silam, sebagaimana dilaporkan The Sun. Sementara itu di Spanyol, ada 87 korban jiwa harian terendah setelah dua bulan terinfeksi corona. Padahal sebelumnya, kedua negara ini memiliki lebih dari 900 kematian per hari saat puncak wabah.

Inggris mencatat 170 kematian harian terendah sejak Maret, namun penguncian nasional belum dicabut maupun dilonggarkan. Senin (19/5/2020) Italia sudah banyak membuka bisnis tidak penting termasuk toko, bar, dan salon rambut. Gereja gereja juga diizinkan mengadakan kebaktian termasuk di Basilika Santo Petrus tempat Paus Fransiskus memimpin misa merayakan ulang tahun ke 100 Yohanes Paulus II.

Salon di EropaMulai Didatangi Pelanggan Pasca Pelonggaran Lockdown Sejatinya pemerintah pusat Italia masih ingin mengunci negara hingga akhir Mei ini. Namun tekanan para gubernur daerah yang mengancam akan membuka wilayahnya kembali membuat pemerintah pusat urung diri. Pemerintah regional Sardinia, Veneto dan Calabria mengatakan mereka akan mendorong langkah langkah pelonggaran maksimum sesegera mungkin.

Namun perjalanan antar wilayah dan ke Italia masih dilarang hingga setidaknya 3 Juni 2020. Spanyol mulai membuka perdagangan meski ada kekhawatiran soal jarak sosial. Bahkan Madrid dan Barcelona telah mengizinkan toko kecil untuk beroperasi secara minimal, meski kedua wilayah ini belum memasuki fase 1 pembukaan daerah.

Masih di Spanyol, kini perkumpulan di luar ruangan dalam 10 orang diizinkan. Di kota terbesar kedua di Andalusia Spanyol, Malaga, para pemilik kafe tampak sedang mengukur jarak antar meja demi bersiap menyambut pelanggan lagi. Kafe di Eropa Disesaki Pengunjung Pulau pulau Formentera dan Cabrera di Balearic, dan La Graciosa, El Hierro dan La Gomera di Kepulauan Canary akan diizinkan memsuki fase 2 pembukaan daerah.

Hingga mungkin ke depannya pusat perbelanjaan dibuka kembali dan pertemuan 15 orang diizinkan. Kendati demikian PM Spanyol, Pedro Sanchez mengatakan dia akan meminta Parlemen untuk memperpanjang keadaan darurat sampai akhir Juni. Meski kegiatan lokal sudah dibuka, bisnis pariwisata masih akan lesu karena akses turis asing masih ditutup.

"Spanyol membutuhkan pariwisata. Tetapi pariwisata membutuhkan keamanan. Ia membutuhkan jaminan kesehatan," kata Sanchez. Sementara itu Belgia akan mulai membuka kembali sekolah dasar dan menengah hari ini di bawah kondisi yang ketat untuk memisahkan anak anak dan guru. Portugal, Yunani, Denmark, dan Irlandia juga mengurangi langkah penguncian mereka sedikit demi sedikit.

Pantai penuh sesak di Yunani dan peselancar berbondong bondong ke Lacanau yang baru dibuka kembali di Prancis setelah dua bulan ditutup. Taman taman di sekitar Paris dan Annecy ditumbuhi bunga matahari. Sementara di Jerman kafe outdoor sibuk dengan ramainya pelanggan.

Selama akhir pekan payung dan kursi berjemur mulai muncul di garis pantai di Italia menjelang pembukaan negara yang diharapkan.

Berita Terkait

Arab Saudi Tangkap Ibu Hamil Karena Dituduh Kritik Putra Mahkota

Nurofia Fauziah

Pasca Digugat Cerai, Song Hye Kyo Tampil Perdana di Depan Publik

Nurofia Fauziah

Menteri Kesehatan Chile Mundur Saat Kasus Kematian Akibat Covid-19 Mencetak Rekor Terburuk

Nurofia Fauziah

Pemilik RS di Bangladesh Ditangkap Polisi Palsukan Ribuan Tes Covid-19 Jadi Negatif

Nurofia Fauziah

Kim Jong Un Puji Korea Utara atas Kesuksesan Gemilang Negaranya Melawan Covid-19

Nurofia Fauziah

Pemilik Butik Ini Terancam Hukuman Penjara Lakukan Pemotretan dengan Model di Lahan Pemakaman

Nurofia Fauziah

PM Jepang Konsultasi dengan Pakar Penyakit Menular Terkait Perpanjangan Periode Darurat Corona

Nurofia Fauziah

Donald Trump Dikabarkan Berupaya Memblok Dana Tes Covid-19 Di Tengah Lonjakan Jumlah Pasien

Nurofia Fauziah

Tak Akan Gunakan Akun Sussex Royal Lagi Pangeran Harry & Meghan Tutup Kolom Komentar di Instagram

Nurofia Fauziah

Jepang Perluas Larangan Masuk Pengunjung dari India & 10 Negara Lainnya

Nurofia Fauziah

Mantan Pacar Dulu Stres Ditinggal Nikah Tahu-tahu Datang Menjenguk Saat Lahiran Wanita Ini Terkejut

Nurofia Fauziah

Petani Ini Berhasil Usir Kawanan Monyet yang Rusak Lahan Pertaniannya Cat Anjingnya Mirip Macan

Nurofia Fauziah

Leave a Comment