Otomotif

Pajak Lamborghini Aventador Milik Raffi Ahmad yang Terbakar sampai Rp 2 Miliar

ArtisRaffi Ahmadbaru saja mendapatkan musibah, karena mobilsupercarLamborghiniAventador miliknya terbakar di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019) lalu. Mobil berkelir hitam itu pun mengalami kerusakan parah terutama dari bagian ruang mesin. Harga mobil tersebut mencapai Rp 7 hingga Rp 12 miliar (off the road). Tapi khusus Aventador Roadster milik Raffi, harganya ditaksir mencapai Rp 19 miliar. Kira kira berapa pajak mobil merek Italia tersebut?

Dari harga Rp 19 miliar kita bisa menghitung besaran pajak mobilnya. Hasil hitungan ini bersifat kasar dan enggak mengikat, tapi bisa jadi acuan menghitung pajak sebuah mobil. Ada dua pajak yang harus dibayar pemilik mobil, pertama yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan kedua Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). BBN KB besarnya 10 % dari harga kendaraan yang masih berstatus off the road. Sedangkan PKB, jumlahnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun setiap tahun karena penyusutan nilai jual.

Dasar penghitungan PKB tertulis dalam Permendagri No. 29 tahun 2012 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jika harga mobil Rp 19 miliar maka untuk BBN KB saja Raffi harus membayar Rp 1,9 miliar. Sedangkan untuk PKB, rumusnya Rp 19 miliar x 1,5 persen X 1 (koefisien mobil sedan dari Permendagri) yaitu Rp 285 juta. Lalu ada lagi biaya tambahan SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) yakni Rp 140.000.

Maka besaran pajak Aventador milik Raffi bisa dihitung dengan Rp 1,9 miliar (BBN KB) ditambah Rp 285 juta (PKB) dan SWDKLLJ Rp 140.000, menjadi total Rp 2,185 miliar. Artinya, dengan harga Rp 19 miliar ditambah pajak Rp 2,185 miliar, maka harga on the roadLamborghiniAventador milikRaffi Ahmadini menjadi Rp 21 miliar lebih. Artis satu ini memang dikenal sebagai pecinta dunia otomotif. Selain Aventador, dirinya pernah punya Roll Royce dan Maserati Granturismo.

Berita Terkait

All New Ertiga dan New Carry Pick Up Kontributor Terbesar SPK Suzuki di IIMS 2019

Nurofia Fauziah

Ini Penjelasannya Jangan hendak SIM & STNK Anda Disita Selain Petugas Saat Alami Kecelakaan

Nurofia Fauziah

Ini Tiga Modifikator Terbaik Honda Modif Contest 2019

Nurofia Fauziah

dari Cafe Racer hingga Bobber 7 Jenis Motor Custom yang Populer di Indonesia

Nurofia Fauziah

DFSK Rayakan Kemerdekaan RI Lewat Konvoi Bareng ke Sukabumi

Nurofia Fauziah

GIIAS Makassar 2019 Dibuka Besok di Celebes Convention Center

Nurofia Fauziah

Produk Lowin Siap Ramaikan Pasar Aksesoris Aftermarket Otomotif

Nurofia Fauziah

Ini Ngeceknya Pasar Mobil Bekas akan Diramaikan Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Nurofia Fauziah

Terbang Langsung ke Nagoya, Garuda Sematkan Livery Logo Mitsubishi di Badan Airbus A330

Nurofia Fauziah

All New Terra Sajikan Kenikmatan Berkendara dengan Nissan Intelligent Mobility

Nurofia Fauziah

Strategi Cepat Ubah Konsumsi Mobil Berbahan Bakar Fosil menuju Listrik

Nurofia Fauziah

Mana Yang Jokowi Pilih? BMW Seri 7 Security Vehicle F02 Atau Maybach Mercedes S600

Nurofia Fauziah

Leave a Comment