Otomotif

Pajak Lamborghini Aventador Milik Raffi Ahmad yang Terbakar sampai Rp 2 Miliar

ArtisRaffi Ahmadbaru saja mendapatkan musibah, karena mobilsupercarLamborghiniAventador miliknya terbakar di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019) lalu. Mobil berkelir hitam itu pun mengalami kerusakan parah terutama dari bagian ruang mesin. Harga mobil tersebut mencapai Rp 7 hingga Rp 12 miliar (off the road). Tapi khusus Aventador Roadster milik Raffi, harganya ditaksir mencapai Rp 19 miliar. Kira kira berapa pajak mobil merek Italia tersebut?

Dari harga Rp 19 miliar kita bisa menghitung besaran pajak mobilnya. Hasil hitungan ini bersifat kasar dan enggak mengikat, tapi bisa jadi acuan menghitung pajak sebuah mobil. Ada dua pajak yang harus dibayar pemilik mobil, pertama yaitu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan kedua Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). BBN KB besarnya 10 % dari harga kendaraan yang masih berstatus off the road. Sedangkan PKB, jumlahnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun setiap tahun karena penyusutan nilai jual.

Dasar penghitungan PKB tertulis dalam Permendagri No. 29 tahun 2012 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Jika harga mobil Rp 19 miliar maka untuk BBN KB saja Raffi harus membayar Rp 1,9 miliar. Sedangkan untuk PKB, rumusnya Rp 19 miliar x 1,5 persen X 1 (koefisien mobil sedan dari Permendagri) yaitu Rp 285 juta. Lalu ada lagi biaya tambahan SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) yakni Rp 140.000.

Maka besaran pajak Aventador milik Raffi bisa dihitung dengan Rp 1,9 miliar (BBN KB) ditambah Rp 285 juta (PKB) dan SWDKLLJ Rp 140.000, menjadi total Rp 2,185 miliar. Artinya, dengan harga Rp 19 miliar ditambah pajak Rp 2,185 miliar, maka harga on the roadLamborghiniAventador milikRaffi Ahmadini menjadi Rp 21 miliar lebih. Artis satu ini memang dikenal sebagai pecinta dunia otomotif. Selain Aventador, dirinya pernah punya Roll Royce dan Maserati Granturismo.

Berita Terkait

Mitsubishi Siapkan Lawan Sepadan Toyota Rush Dan Honda BR V

Nurofia Fauziah

Isuzu & UD Trucks Siap Unjuk Gigi di Pameran Astra Autofest 2020 di BSD

Nurofia Fauziah

Wujud Saudara Yamaha Byson Asal Filipina Dirombak Bergaya Tracker

Nurofia Fauziah

Mobil & Motor Terbaik Pilihan Jurnalis Wuling Almaz & Honda ADV150

Nurofia Fauziah

Mobil Milik Raffi Ahmad yang Tiba-tiba Terbakar di Jalan Spesifikasi Lengkap Lamborghini Aventador

Nurofia Fauziah

Akhir Tahun Ini, Mazda Agendakan akan Rilis SUV 7 Seater

Nurofia Fauziah

Aman, Daihatsu Terios Tidak Masuk Recall Penggantian ECU Airbag

Nurofia Fauziah

Hari Terakhir Pameran GIIAS 2019, Yuk Simak SUV Kona Versi Modifikasi di Booth Hyundai

Nurofia Fauziah

Banderol Suzuki Ertiga Naik Nih sampai Rp 4 Jutaan Pengumuman

Nurofia Fauziah

Pabrikan Klaim Esemka sudah Diminati Myanmar, Malaysia, dan Timor Leste

Nurofia Fauziah

Jangan Lupa Rutin Panaskan Mesin Mobil Meski Tak Digunakan

Nurofia Fauziah

Mengintip Fasilitas Pengisian Baterai Mobil Listrik di Bandara Soekarno-Hatta

Nurofia Fauziah

Leave a Comment