Otomotif

Pabrikan Klaim Esemka sudah Diminati Myanmar, Malaysia, dan Timor Leste

Dengan harga terjangkau, PT Solo Manufkatur Kreasi selaku pemegang merek dari Esemka berharap mobil pikapnya bisa bersaing di segmen kendaraan niaga ringan yang ada di Indonesia. Seperti diketahui, harga off the road Esemka dari pabrikan dipasarkan sebesar Rp 95 juta. Nantinya, mobil ini akan dijual melalui mitra Esemka yang akan membangun jalinan outlet serta diler, yakni PT Unisat Oto Internasional (UOI). Menurut Direktur Utama PT UOI Hady Hartanto, saat ini sudah ada sekitar tujuh outlet 3S yang menyatakan siap menjadi bagian dari distribusi Esemka di Indonesia.

"Ada tujuh yang sudah mau start untuk outlet 3S. Ini menyebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi. Tapi untuk outlet kami targetkan 100 di seluruh Indonesia, mudah mudah bisa dikejar tahun depan," ucap Hady kepada beberapa wartawan di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Tidak hanya itu, untuk mendistribusikan lebih banyak lagi Esemka di pasaran, Hady mengatakan juga sedang menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra lainnya dari sektor desa, seperti UKM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bahkan Hady berharap produk Esemka juga akan terserap di pasar ekspor. Beberapa negara sudah menyatakan ketertarikannya dengan Esemka, seperti Myanmar dan Timor Leste. Namun saat ini yang paling menjanjikan adalah Timot Leste.

"Kami sudah melakukan pembicaraan, Timor Leste sudah ada dua yang bersedia dan memang lebih mudah. Untuk Myanmar dan Malaysia ini dalam bentuk kerja sama nanti akan ada penjajakan lebih lanjut. Intinya kita buka dengan rekanan yang ada," ujar Hady. Sebelumnya, Ketua Umum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya HS mengatakan bahwa dengan memiliki beberapa varian pilihan, Esemka cukup berpeluang untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha. Diprediksi dari hasil survei yang dilakukan UKM sendiri Esemka bisa terserap hingga 13.000 unit, apalagi secara harga sangat kompetitif. "Kalau disektor dunia usaha biasanya yang utama itu bukan merek, tapi fungsi dan harganya, apalagi merek dalam negeri dan rakitan anak bangsa," kata Irwan.

Berita Terkait

Outlander Sport & Delica Mitsubishi Recall Lancer EX

Nurofia Fauziah

Beli Mobil di Sini Bisa Dapat Potongan 50 Persen Cicilan Tiga Bulan Pertama

Nurofia Fauziah

Ajang Bergengsi Modifikator Borneo HMC 2019 Seri Pontianak

Nurofia Fauziah

Lima Pebalap AHRT Pasang Target Podium Tertinggi di ARRC Burriram

Nurofia Fauziah

Toyota Agya Club Imbau Anggota Sediakan Hand Sanitizer di Mobil Cegah Penyebaran Virus Corona

Nurofia Fauziah

Tak Ada Pengiriman Pabrik menuju Dealer Datsun Cross Stop Jualan

Nurofia Fauziah

Toyota Luncurkan All New Corolla Altis Bermesin Besin 1,8 Liter dan Hybrid

Nurofia Fauziah

Banyak yang Tanya Jadi Alasan Wuling Almaz Hadir dalam Opsi 7 Seater

Nurofia Fauziah

4 Motor Custom Karya Builder Indonesia Unjuk Gigi di ‘Mama Tried Show’ Diterbangkan menuju AS

Nurofia Fauziah

Ini Ngeceknya Pasar Mobil Bekas akan Diramaikan Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Nurofia Fauziah

Rilis Xpander Cross 2019 Harga & Spesifikasi Mobil Bekas Mitsubishi Xpander

Nurofia Fauziah

Avanza & Xenia Jadi Mobil Paling Dicari Jelang Nataru

Nurofia Fauziah

Leave a Comment