Otomotif

Outlander Sport & Delica Mitsubishi Recall Lancer EX

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia, mengumumkan recall terhadap model Lancer EX, Outlander Sport dan Delica. Program Field Fix Campaign tersebut dilakukan karena desain engine auto tensioner yang kurang sempurna mengakibatkan tekanan atau gaya tahanan geser (sliding resistance force) menjadi tinggi seiring umur pemakaian sehingga dapat mempengaruhi durabilitas komponen tersebut. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan dudukan engine auto tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban atau putaran tinggi secara berulang (overload driving).

Dalam kondisi terburuk, engine auto tensioner akan patah atau pecah dan drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, putaran alternator serta putaran pompa air sirkulasi cairan pendingin radiator ini terlepas. Dalam kondisi drive belt yang terlepas ini berakibat pada lampu engine check menyala, kehilangan tekanan oli power steering, performa baterai atau accu menurun dan mesin menjadi overheat. Penggantian Engine Auto Tensioner dilakukan kepada 1.217 Lancer EX produksi tahun 2008 2010.

Outlander Sport produksi 2010 2011 berjumlah dua unit dan Delica produksi tahun 2010 satu unit. Namun menurut MMKSI hingga saat ini belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada engine auto tensioner tersebut di Indonesia. Director of Aftersales Division PT MMKSI, Eiichiro Hamazaki mengatakan program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan.

"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya," tutur Eiichiro Hamazaki dalam keterangannya, Kamis (27/2/2020). Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian engine auto tensioner Lancer EX, Outlander Sport dan Delica. Kampanye ini akan dimulai tanggal 28 Februari 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia.

Berita Terkait

Harga Resmi Suzuki XL7 dengan Honda BRV Bandingkan Lebih Murah Dari Kompetitornya

Nurofia Fauziah

Ini Daftar Mobil Bekas Paling Populer di 2019

Nurofia Fauziah

Maxi Yamaha Day Sambangi Bandung Diikuti Ratusan Bikers

Nurofia Fauziah

Elvindo Siap Jual Motor Listrik dari Rp 5 Jutaan Serius Garap Motor Listrik

Nurofia Fauziah

Mitsubishi #AyoGasTerus Photo Story Competition buat Capai Petualangan Impian

Nurofia Fauziah

Pajak Lamborghini Aventador Milik Raffi Ahmad yang Terbakar sampai Rp 2 Miliar

Nurofia Fauziah

Bocoran Harga & Spesifikasi Mobil Suzuki XL 7 yang Bakal Meluncur Februari 2020

Nurofia Fauziah

Spanduk Bertuliskan Ojek Online Harus Minta Izin ke Ojek Pangkalan di Bandung Bikin Geger Netizen

Nurofia Fauziah

Bukan Avanza, Justru Fortuner Jawaranya Model yang Diekspor Toyota Indonesia

Nurofia Fauziah

Perlu Cek Bagian Kendaraan Ini sebelum Pergi Berlibur Libur Natal dan Tahun Baru 2020

Nurofia Fauziah

Harga dari 75 Jutaan Saja Mobil Keluarga Lawas Bermesin Tangguh Incaran Pembeli Toyota Kijang LGX

Nurofia Fauziah

Bupati Karanganyar Langsung Geber Jeep Rubicon menuju DPRD Tiba dari Dealer

Nurofia Fauziah

Leave a Comment