Seleb

Nora Alexandra Ungkap Sosok Lain Jerinx yang Kini Jadi Sorotan karena Aksi Demo Tolak Rapid Test

Di tengah pandemi Covid 19 yang melanda dunia, nama Jerinx drummer Superman Is Dead menyeruak ke permukaan. Pria bernama asli I Gede Ari Astina ini sering bersuara mengenai Covid 19 yang menurutnya hanya konspirasi. Jerinx juga pernah mengatakan jika tes swab dan rapid test tidak valid.

Suami Nora Alexandra ini sampai debat dengan dr. Tirta dan membuat banyak tantangan. Kontroversi terbaru Jerinx, ia menggelar demo pada Minggu, 26 Juli 2020 lalu. Segerombolan massa berkumpul di Lapangan Renon, Kota Denpasar, Bali.

Mereka menyebut diri sebagai Masyarakat Nusantara Sehat (MANUSIA). Hal ini diketahui dari unggahan video dan foto di akun Instagramnya, @jrxsid. Dari video yang diunggah, tampak Jerinx bersama massa turun ke jalan membawa serta spanduk penolakan rapid dan swab test.

"AKSI BALI TOLAK RAPID/SWAB! @vlaminora on stage jam 10 @leeyonk_sinatraofficial jam 9 Follow @menjadimanusa yang akan menjadi gerakan perlawanan NYATA rakyat terhadap pembodohan & bisnis ketakutan!" tulis Jerinx di caption video yang diunggahnya. Diketahui massa dari MANUSIA juga diikuti oleh Front Demokrasi Perjuangan Rakyat Bali (FRONTIER Bali) bersama Komunitas Bali Tolak Rapid. Sekretaris Jenderal (Sekjen) FRONTIER Bali Made Krisna Dinata mengatakan, aksi tersebut untuk melawan kebijakan Pemerintah Provinsi Bali yang menetapkan rapid dan swab test sebagai syarat administrasi dalam sertifikasi tata kehidupan baru atau new normal serta syarat perjalanan.

Ia menilai hasil rapid dan swab test tidak dapat menjamin seseorang tidak terpapar Covid 19. Krisna mengatakan, menurut para ahli, rapid test tidak berguna dan tidak tepat dijadikan pendeteksi virus, sehingga tidak tepat dijadikan syarat administrasi. Ia menduga rapid test yang digunakan sebagai syarat administrasi merupakan praktik bisnis.

Kepala Satpol PP Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi menyayangkan aksi tersebut karena banyak yang tak mengenakan masker. "Iya memprihatinkan. Kok bisa mereka tidak mengatur diri jaga jarak untuk terhindar dari terpapar virus. Artinya siapa yang tahu mereka itu sehat semua," kata Dharmadi saat dihubungi, Senin (27/7/2020). Tidak masalah massa menyampaikan aspirasi di panggung terbuka karena bagian dari demokrasi.

Namun, di saat wabah Covid 19 belum mereda, harusnya massa mengikuti protokol kesehatan yang terus disosialisasikan pemerintah. Ia khawatir aksi tersebut nantinya menjadi klaster baru penyebaran Covid 19. Satpol PP Bali belum berencana memanggil penanggung jawab aksi. Sebab memang tidak ada sanksi yang diatur di perda maupun edaran yang selama ini dikeluarkan.

"Kami serahkan ke kepolisian (pemanggilan). Protokol kesehatan belum menyebutkan sanksi yang 15 sektor yang dikeluarkan gubernur itu tidak menyebutkan sanksi. Cuma kita melakukan pembinaan pengawasan mendorong mereka untuk paruh terhadap protokol kesehatan," ujar Dharmadi. Aksi Jerinx itu juga menimbulkan kontra netizen di media sosial. Tak sedikit netizen yang mengecam hingga menyebut Jerinx sebagai provokator.

Terkait hal tersebut, istri Jerinx, Nora Alexandra Phillip memberikan pandangannya tentang aksi sang suami. Ia menyadari betul jika Jerinx kini banyak dihujat. Berikut postingan Nora di akun Instagramnya:

"Orang di luar sana pasti menyebutmu Provokator, tapi saya tahu betul kamu tidak memaksa orang untuk datang demo, Yang datang demo karena mereka satu ingin hidup seperti dulu, bisa kerja, kalau sakit mereka tidak terbebani dengan tambahan rapid test, Kamu hanya ingin Bali seperti dulu, banyak masyarakat yang hilang pekerjaannya saat pandemi ini, banyak orang susah makan, banyak orang butuh kerja, saya tahu maksudmu.

Jika benar kamu dilaporkan, kamu tidak sendiri, aku disampingmu @jrxsid," tulisnya. Nora Alexandra memilih menutup kolom komentar postingannya.

Berita Terkait

Abash Beberkan Kondisi Terkini Lucinta Luna di Rutan Pondok Bambu

Nurofia Fauziah

Ya Allah Raffi Ahmad Ingin Tukar Mobil Peninggalan Almarhum Ayah dengan Mobil Tua Nagita Usap Dada

Nurofia Fauziah

Bila Cinta Didusta Hati dari Gelisah Chord Gitar & Lirik Lagu Screen- Bila Cinta Didusta

Nurofia Fauziah

Lirik Lagu ‘Flower’ dari GFRIEND, Lengkap Terjemahan Bahasa Indonesia

Nurofia Fauziah

Raffi Ahmad Dapat Peluk Cium dari Ibunda Lala Saat Main menuju Kampung Halamannya di Lampung

Nurofia Fauziah

Film First Blood di GTV Jadwal Acara TV Minggu Mega Bollywood Chak De India di ANTV 17 Mei 2020

Nurofia Fauziah

Karma Itu Teritori Allah Gugatan Cerai buat Zumi Zola Disebut karena Karma Ayu Dewi Bijak

Nurofia Fauziah

Qory Sandioriva & Shah Rei Sukardi Mendadak Menikah Demi Tunaikan Wasiat Alamrhum Sang Mama

Nurofia Fauziah

Abash Akhirnya Ungkap Identitas Asli Dia & Lucinta Luna ‘Lihat Kenyataannya’ Lelah Hadapi Tekanan

Nurofia Fauziah

Salah Mulu Aku Baim Wong Belajar Mandikan Kiano Tiger Wong Dimarahi Paula karena Lakukan Ini

Nurofia Fauziah

Feby Febiola Usai Jalani Operasi Pengangkatan Kista Bagaimana Kondisinya

Nurofia Fauziah

Punya Suaminya Dokter Bikin Isyana Sarasvati Cemas

Nurofia Fauziah

Leave a Comment