Internasional

Nike Women Unggah Foto Model Berambut Ketiak di Instagram, Kampanyekan Definisi Cantik Natural

Nike Women berniat mengampanyekan kecantikan natural lewat sebuah foto. Foto tersebut diunggah di Instagram resmi milik Nike Women pada Kamis (25/4/2019) lalu. Keterangan unggahan @nikewomen menuliskan satu kalimat singkat: 'big mood'.

Akun tersebut juga menandai sang model @annahstasia. Annahstasia terlihat sedang menatap tajam ke arah kamera dengan mengangkat satu tangannya ke arah belakang kepalanya. Tak hanya itu, Annahstasia Enuke juga berpose dengan menarik tali bra olahraga di sisi bahu sebelahnya.

Namun, ada yang mencuri perhatian dari foto tersebut. Dalam pose itu Annahstasia Enuke menampilkan rambut ketiaknya yang tipis. Sayangnya, unggahan tersebut menjadi kontroversial.

Pasalnya, adanya rambut ketiak itu menyebabkan para warganet ramai berkomentar. Banyak dari mereka yang memuji dan membela foto model berambut ketiak. Namun, tak sedikit pula yang menghina adanya rambut ketiak di iklan produk Nike Women ini.

Seorang warganet bahkan ada yang mengomentari dengan emoji muntah di unggahan tersebut. Ada dari mereka yang menyarankan untuk mencukur rambut ketiak sang model. Sementara, warganet lain justru berterima kasih kepada Nike karena telah memberikan dukungan kepada mereka menjadi cantik alami.

Komentar warganet yang kontroversial ini mengingatkan kita bahwa persoalan rambut di tubuh, khususnya pada wanita, adalah hal yang kompleks. Sebab, pandangan mengenai rambut pada tubuh wanita itu mencampurkan antara norma sosial, preferensi pribadi, bahkan pandangan politik. Sebenarnya, menghilangkan rambut di tubuh seperti di bagian ketiak, kaki, lengan, merapikan rambut alis, atau bahkan rambut di organ vital merupakan fenomena yang tergolong relatif baru.

Hal ini terjadi karena adanya pergeseran sikap dan pandangan pada akhir 1880 an yang menjadikan pencukuran rambut bermula dari teori evolusi Darwin. Teori tersebut membedakan ras, perkembangan, dan perbedaan jenis kelamin. Adanya perbedaan yang jelas antara maskulin dan feminin juga menjadikan cukur rambut sebagai sebuah tren.

Namun, ada juga sikap positif yang dikatakan oleh Maya Singer dalam sebuah artikelnya yang dimuat di Vogue tahun 2018. Dalam artikel tersebut dituliskan pula bahwa norma rambut tubuh sudah berubah. Sekarang wanita bebas memilih untuk tetap dengan rambut tubuh atau tidak memiliki rambut sama sekali.

Berita Terkait

Isinya Bikin Geleng Kepala Hanya Ditutup Terpal Viral Rumah Darurat Kawasan Kumuh Malaysia

Nurofia Fauziah

Produk Minuman Yuzu Jepang Justru Dijual ke Luar Negeri untuk Menghormati Rival Bisnis

Nurofia Fauziah

Musim Dingin di Rusia Sambut 14 Mahasiswa Indonesia asal Papua

Nurofia Fauziah

Orangtua Tidak Tahu Masalah Sang Anak Bocah Berusia 10 Tahun di Malaysia Gantung Diri di Kamar

Nurofia Fauziah

Perusahaan Pembuat Mesin Gyoza Terbaik di Dunia dari Jepang Mulai Melirik Pasar Indonesia

Nurofia Fauziah

Dubes Sebut Ada 37 WNI Terjebak & 14 Positif Corona India Kacau Pasca-Lockdown

Nurofia Fauziah

Pasutri Tewas Kecelakaan Tinggalkan 2 Anak, Status 4 Hari Lalu Viral, Seakan Tahu Ajal Sudah Dekat

Nurofia Fauziah

Lanjutan Sidang Kasus Novy Chardon, Wanita Asal Surabaya yang Dibunuh Suaminya di Australia

Nurofia Fauziah

Masjid Alih Fungsi Jadi Bank Makanan Hingga Simpan Mayat Saat Wabah Corona Diimbau Ibadah di Rumah

Nurofia Fauziah

BERITA POPULER: Bocah 10 Tahun Temukan Fossil Telur Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Nurofia Fauziah

7 Sr Serta Bencana Banjir Dan Longsor Jepang Juga Diguncang Gempa 5 Selain Typhoon Hagibis

Nurofia Fauziah

Korban Bom Atom di Kepulauan Marshall Jepang Minta Paus Fransiskus Imbau Dunia Bebas Nuklir

Nurofia Fauziah

Leave a Comment