Internasional

Negara Bagian akan Lakukan Ini Secara Bertahap Donald Trump Rilis Tiga Fase Pembukaan Lockdown AS

Pada saat Covid 19 masih menjamur di Amerika Serikat, Presiden Donlad Trump memberikan panduan kepada para gubernur negara bagian untuk membuka perekonomiannya kembali. Menurut laporan , langkah ini untuk dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Pedoman untuk membuka Amerika kembali menguraikan tiga fase di mana negara bagian secara bertahap mengurangi lockdown nya.

Trump berjanji para gubernur akan menangani proses ini sendiri, sementara dia dan pemerintah federal akan membantu. AS memiliki 677.570 kasus yang dikonfirmasi dan 34.617 kematian akibat virus corona. Presiden AS ini juga menegaskan bahwa negara bagian bisa mulai membuka wilayahnya kembali bulan ini.

"Amerika ingin terbuka dan orang Amerika ingin terbuka," katanya. "Penguncian nasional bukan solusi jangka panjang yang berkelanjutan," imbuh Trump. Dia mengatakan bahwa penguncian yang berkepanjangan berisiko menimbulkan korban serius pada kesehatan masyarakat.

Trump juga memperingatkan masalah mental seperti penyalahgunaan narkoba, alkohol, penyakit jantung dan lainnya akan meningkat bila lockdown diperpanjang. Warga yang sehat akan dapat kembali bekerja jika kondisinya memungkinkan. Meski lockdown dicabut, warga Amerika akan terus diingatkan untuk menjaga jarak sosial dan tetap tinggal di rumah jika tidak sehat.

Trump mengatakan bahwa pembukaan kembali ekonomi AS akan dilakukan dengan hati hati, dan meminta para gubernur begerak sesuai perhitungan mereka. Namun agaknya keputusan Trump ini dirasa kurang baik oleh pemimpin Partai Demokrat, Nancy Pelosi. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS itu menilai pedoman baru tersebut tidak konsisten.

"(Pedoman itu) tidak menebus kegagalan presiden mendengarkan para ilmuwan dan memproduksi dan mendistribusikan pengujian cepat nasional," kata Pelosi. Fase satu mencakup tindakan penguncian saat ini seperti menghindari perjalanan yang tidak penting dan tidak berkerumun. Tetapi dikatakan tempat besar seperti restoran, tempat ibadah dan tempat olahraga dapat beroperasi di bawah protokol jarak fisik yang ketat.

Jika tidak ada penambahan kasus Covid 19 yang signifikan, fase dua memungkinkan perjalanan yang tidak penting untuk dilanjutkan. Pedoman tersebut mengatakan sekolah dapat dibuka kembali dan bar dapat beroperasi dengan tempat di ruang berdiri yang berkurang. Di fase tiga, negara negara bagian yang masih melihat tren gejala dan kasus yang menurun dapat memungkinkan interaksi publik dengan jarak fisik dan penempatan staf di tempat kerja yang tidak terbatas.

Kunjungan ke rumah perawatan dan rumah sakit dapat dilanjutkan dan bar dapat meningkatkan kapasitas ruang berdiri mereka. Beberapa daerah dapat mulai kembali normal setelah periode evaluasi paling awal selama sebulan, menurut dokumen itu. Sedangkan tempat tempat dengan lebih banyak infeksi atau angka kasus mulai naik, langkah ini bisa memakan waktu lebih lama.

Sementara itu, membahas tingkat kasus dan kematian AS akhir akhir ini, Trump menilai sudah melewati puncak pandemi. "Data menunjukkan bahwa secara nasional, kami telah melewati puncak kasus baru," kata Trump kepada awak pers di Rose Garden, Rabu (15/4/2020) dikutip dari . "Semoga itu akan terus berlanjut, dan kami akan terus membuat kemajuan besar," imbuh dia.

Koordinator gugus tugas koronavirus Gedung Putih, Deborah Birx, mengatakan telah terjadi penurunan nasional dalam kasus harian baru dalam beberapa hari terakhir. Saat disinggung penyebab AS memiliki jumlah kasus dan kematian yang sangat signifikan dibanding negara lain, Trump menilai sejumlah negara menutupi angka aslinya. "Apakah ada yang benar benar percaya jumlah beberapa negara ini?" katanya merujuk China.

Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi dan kematian Covid 19 terbesar di dunia. Menurut Worldometers pada Jumat (17/4/2020), AS sudah mencatat 677.570 infeksi, berbanding jauh dari urutan kedua terbanyak, Spanyol yakni 184.948. Sedangkan angka mortalitasnya mencapai 34.617 dibandingka angka tertinggi kedua, Italia yakni 22.170.

Jumlah pasien sembuh di AS adalah 57.508.

Berita Terkait

Gus Yaqut Kaget Kegiatan DTD Diikuti Antusias Ratusan Peserta Mahasiswa Universitas Al Azhar

Nurofia Fauziah

Kami Baik-baik Saja kisah WNI di Philadelphia soal Kerusuhan Akibat Kematian George Floyd

Nurofia Fauziah

si Hewan Menjerit & Lari Ketakutan VIRAL Video Pria Pukuli Anjing Pakai Helm & Bakar Bulunya

Nurofia Fauziah

Sukarelawan Banjir di Kumamoto Jepang Diprediksi Meningkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Nurofia Fauziah

7 Sr Serta Bencana Banjir Dan Longsor Jepang Juga Diguncang Gempa 5 Selain Typhoon Hagibis

Nurofia Fauziah

Pengakuan Mia Khalifa, Bintang Porno yang Namanya Banyak Dicari di Internet

Nurofia Fauziah

PM Jepang Konsultasi dengan Pakar Penyakit Menular Terkait Perpanjangan Periode Darurat Corona

Nurofia Fauziah

Karyawan di Inggris yang Bekerja dari Rumah karena Virus Corona Dibayar Pemerintah 80 Persen

Nurofia Fauziah

Suami Aniaya Istri hingga Tewas Hanya Karena Cemburu sang Istri Idolakan Aktor India

Nurofia Fauziah

Orangtua Tidak Tahu Masalah Sang Anak Bocah Berusia 10 Tahun di Malaysia Gantung Diri di Kamar

Nurofia Fauziah

Dibintangi Zac Efron hingga Amanda Seyfried Warner Bros Rilis Bocoran Tampilan Film Scooby-Doo

Nurofia Fauziah

Menyusuri Megahnya Perpustakaan Nasional Australia, Simpan Ratusan Ribu Buku Indonesia

Nurofia Fauziah

Leave a Comment